Naomii Simbolon

Official Writer
872


Apakah kamu sudah mempersiapkan anggaran untuk liburanmu? Sudah menyelesaikan pekerjaan kantor untuk ambil cuti biar liburan lebih panjang?

Nggak nyangka ya, bentar lagi sudah Desember saja,  itu berarti kita akan melewati libur panjang, yakni Natal bersama keluarga dan liburan Tahun Baru. 

Ini adalah hal sangat menyenangkan bukan?

Yap, memberikan jeda di tengah-tengah rutinitas harian akan sangat bermanfaat dan menyegarkan pikiran, apalagi buat kamu yang anak rantau dan tidak pulang sejak lama. Akhir tahun selalu moment yang ditunggu untuk bisa berkumpul dengan keluarga dan pulang kampung. Namun, ada kalanya, pas sudah mau liburan panjang begini, kamu nggak memiliki dana yang cukup.  Nah, masih ada waktu nih teman-teman, kamu masih bisa mempersiapkan keuangan kamu menjelang liburan nanti.

Mulai dan persiapkan dari sekarang yuk!

1.  Tentukan berapa anggaran untuk kamu bawa pas liburan atau pulang kampung

Kan, liburan sebentar lagi tuh, tentu kamu sudah punya rencana mau ke mana kan? Entah itu ke Bali, luar negeri atau pulang kampung.

Nah, ini adalah saat dimana kamu harus tahu berapa anggaran yang kamu butuhkan dan mulailah mengaturnya dengan bijak sedari sekarang.

Pikirkan, mulai dari estimasi biaya transportasi, penginapan, makan, trip, oleh-oleh, dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk menyiapkan duit untuk diberikan kepada orangtua, serta siapkan dana darurat guna menghindari hal-hal yang tak dibutuhkan. Dengan memiliki dana darurat maka kamu bisa membuat kondisi keuangan kamu menjadi lebih terkendali di hari H nanti.

2. Belajarlah untuk mengurangi pengeluaran yang nggak penting sejak sekarang

Coba deh tinjau kembali rekening bak kamu atau tagihan kartu kreditnya kamu. Kira-kira untuk keperluan apa, kok uang kamu terkuras semua?

Coba cek lagi, apakah ada hal-hal yang nggak penting yang kamu lakukan berulang kali dan menghabiskan banyak duit?

Misalnya minum kopi di cafe-cafe mahal dan lain sebagainya.  Kalau bisa disiasati dengan membuat kopi sendiri, mungkin akan lebih hemat dengan nilai yang signifikan. Daripada nognkrong di kafe mahal untuk makan malam, mending masak sendiri di kos atau di rumah dari sekarang.

Apalagi bagi kamu yang kerja di kantoran, kadang godaan bisa datang dari tetangga sebelah atau teman kantor yang lain. Kuatkan hatimu ya dan jangan ikutan belanja.

Belajar hidup minimalis dan berhemat. Mending duitnya kamu tabung untuk liburan kan?

Sekecil apapun uang yang kamu bisa sisihkan, bakalan sangat penting pengaruhnya terhadap anggaran liburan kamu.

BACA JUGA : Liburan Hampir Tiba, Tapi Bokek? 4 Kegiatan Ini Bisa Dijadikan Pilihan Biar Nggak Bosan!

3. Buatlah daftar kebutuhan kamu dan prioritaskan

Coba deh bikin daftar kebutuhan kamu dan urutkan berdasarkan kebutuhan yang paling penting menjelang liburan, kemudian prioritasin deh kebutuhan tersebut dengan mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan tersebut, lebih dulu.

Misalnya nih, kalau kamu mau pergi backpack, maka kamu harus lebih dulu membeli tas, atau kamera dan apaun yang kamu butuhkan.

Kalau kamu mau pulang kampung, maka kamu bisa mendahulukan apa saja yang kamu butuhkan disana, dan membeli oleh-oleh mungkin buat keluargamu atau kado Natal.

4. Catat pengeluaran kamu selama liburan ya

Selama kamu menjalani liburan, coba deh mencatat pengeluaran kamu selama menjalani liburan. Jangan meremehkan pengeluaran kecil karena kamu pikir efeknya nggak besar. Tapi kan, kalau rutin dilakukan maka pengeluaran ini bisa berdampak besar loh, jadi jangan pernah lewatkan pengeluaran kecil seperti ini meskipun dari catatannya kecil gitu ya.

Dengan melakukan ini, maka kamu bisa menjadikannya sebagai referensi untuk kebutuhan liburan kamu di hari mendatang. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai bahan rujukan untuk mengetahui berapa total pengeluaran kamu selama liburan dan berapa sisanya dari anggaran liburan yang sebelumnya sudah ditentukan.

Dengan melakukan 5 tips di atas, maka kamu pasti bisa mempersiapkan keuangan kamu menjelang liburan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Gimana menurutmu?

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7244

Banner Mitra Juli 1-2