Untuk Kebaikanmu Sendiri, Ingat Hal Ini!
Kalangan Sendiri

Untuk Kebaikanmu Sendiri, Ingat Hal Ini!

Puji Astuti Official Writer
      2476

Efesus 1:7-8

Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya kepada kita dalam segala hikmat dan pengertian.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 106; Yakobus 3; Yehezkiel 17-18

Ketika saya benar-benar perlu mendengar suara Tuhan dalam hidup saya, saya menemukan diri saya membaca kata-kata dalam kitab Yesaya. Saya tertarik dengan firman Tuhan, Dia berbicara secara aktif melalui dialog, yang selalu mengejutkan saya.

Suatu pagi, ketika saya membaca Alkitab saya sebelum kelas, saya menemukan apa yang sekarang menjadi ayat favorit saya, Yesaya 43:25,

"Aku, Akulah Dia yang menghapus dosa pemberontakanmu oleh karena Aku sendiri, dan Aku tidak mengingat-ingat dosamu.

Saya menatap ayat ini ketika hati saya tenggelam dalam kata-kata ini, lebih dalam dan lebih dalam, dan tidak bisa membendung curahan yang sangat besar dari cinta yang disengaja yang saya temukan di sana.

Saya cenderung masuk dalam kategori orang-orang yang tahu bahwa mereka telah diampuni dan menerimanya tetapi masih tidak bisa membuang sikap "orang berdosa seperti saya". Ketika saya menatap ayat ini, Tuhan mengambil sikap itu, memutarnya, dan mengguncangnya sampai pemahaman itu terajut dalam hati saya.

Saya membayangkan Tuhan mengatakan kata-kata ini kepada saya. Seolah Dia tiba-tiba duduk di kamar kecilku bersamaku, membungkuk sambil melihat Alkitabku dan berkata, “Demi aku. Memaafkanmu adalah tentang Aku, bukan kamu. Karena Aku ingin kamu berada dekat-Ku. Aku ingin bersamamu."

Ayat ini muncul tepat setelah Allah memberi tahu orang Israel bagaimana mereka tidak membawa persembahan dan tidak berseru kepada-Nya. Sebaliknya mereka telah “membebani” Dia dengan dosa dan “melemahkan” Dia. (Yesaya 43:25)

Berapa kali saya melakukan hal yang sama? Berapa kali saya mengatakan kepada Tuhan dengan mulut saya bahwa saya mencintainya, tetapi melakukan sesuatu yang bertentangan dengan perwujudan dari mencintai Tuhan? Saya berhenti menghitung, dan saya ingin membuktikan cinta yang saya pikir telah dibayangi oleh dosa-dosa saya. Saya ingin mendekat kepada Tuhan yang saya cintai.

Itu tidak pernah tentang saya. Ini tentang cinta Tuhan kepada saya. Ini adalah kisah luar biasa dari ... semuanya. Itu tidak pernah tentang kita.

Saya membawa Alkitab saya ke mana-mana di hari-hari berikutnya. Saya tidak bisa berpisah dari cinta yang terus bergema di hati saya, "untuk kebaikan saya sendiri."

Kita melihat asas yang sama ini menggema di mana-mana - Tuhan mengampuni dosa-dosa kita demi Dia karena Dia menciptakan kita dan menginginkan kita. Hampir satu bab kemudian, dalam Yesaya 44:23, Yesaya menulis,

Bersorak-sorailah, hai langit, sebab TUHAN telah bertindak, bertempiksoraklah, hai rahim bumi! Bergembiralah dengan sorak-sorai, hai gunung-gunung, hai hutan serta segala pohon di dalamnya! Sebab TUHAN telah menebus Yakub, dan Ia telah memperlihatkan keagungan-Nya dalam hal Israel."

Buanglah sikap "orang berdosa seperti saya” ini, karena Allah telah melupakan dosa-dosamu, menebusmu, dan mengasihimu! Dia membebaskan kita untuk bernyanyi, untuk sukacita dan meneriakkannya - kita diperintahkan untuk merangkul sikap sukacita ini karena kita memiliki fondasi yang kuat untuk itu. Jika kamu telah meminta pengampunan, Dia memberikannya kepadamu. Jadi mengapa tidak memegangnya?

Penebusan kita adalah sesuatu yang harus dirayakan dan dinikmati. Cintai hadiah yang Dia berikan padamu!

Hak Cipta © 2017 Sarah Limardo. Digunakan dengan izin.

Ikuti Kami