Ditata Indah, Kawasan Menara Salib Ini Jadi Ikon Baru Kota Wamena
Sumber: Indonesia-tourism

Nasional / 21 October 2019

Kalangan Sendiri

Ditata Indah, Kawasan Menara Salib Ini Jadi Ikon Baru Kota Wamena

Lori Official Writer
3828

Masyarakat kota Wamena, Jayawijaya, Provinsi Papua patut berbangga diri. Pasalnya, masyarakat sudah bisa menikmati kawasan ruang terbuka yang Menara Salib Wio Silimo.

Dalam bahasa Papua, Wio Silimo berarti tempat berkumpulnya orang. Dimana Menara Salib setinggi 54 meter jadi pusatnya. Menara ini sendiri jadi simbol keagamaan bagi masyarakat setempat yang kita kenal adalah mayoritas Kristen.

Kawasan yang terletak di sekitar Kantor Bupati Jayawijaya ini sendiri dibangun di atas tanah seluas 1.68 hektar. Selain menara Salib, di sana juga dibangun museum yang di dalamnya berisi benda-benda budaya khas Wamena.

Dari lokasi pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Lembah Baliem yang menyuguhkan keindahan alam yang indah.

Untuk penataan kawasan ini, pemerintah sudah menggelontorkan biaya sebesar Rp 19.1 miliar yang diambil dari dana APBN. Dana ini digunakan untuk pekerjaan jalan dan pembangunan sarana pejalan kaki (pedestrian) serta trotoar di Jalan MH Thamrin, Jalan Yos Sudarso, Jalan Bhayangkara, dan Jalan Jenderal Sudirman. Ditambah dengan fasilitas umum berupa shelter dan lampu penerangan jalan.

Baca Juga:

Menara Gereja Setinggi 35 Meter Ini Jadi Simbol Agama Jayapura

Gereja Terdalam di Dunia Rupanya Ada di Papua Loh! Begini Bentuknya…

Di bawah pengawasan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kawasan Menara Salib Wio Silimo rampung pada tahun 2018 lalu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berpesan, kehadiran kawasan ini diharapkan bisa jadi daya tarik bagi kota Wamena supaya lebih banyak lagi pendatang yang berkunjung. Dan untuk menjadikannya tetap indah, Basuki meminta masyarakat menjaga kebersihan ruangnya secara bersama-sama.

Buat kamu yang mau jalan-jalan ke Wamena, gak perlu bingung lagi ya harus jalan-jalan kemana.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami