5 Cara Mengetahui Bahwa Keputusan Besarmu Kini Adalah Kehendak Allah!
Sumber: Entrepreneur.com

Finance / 18 October 2019

Kalangan Sendiri

5 Cara Mengetahui Bahwa Keputusan Besarmu Kini Adalah Kehendak Allah!

Naomii Simbolon Official Writer
3375

Apakah kamu sudah berusaha untuk melakukan sesuatu yang kamu pikirkan.  Hal ini selalu memenuhi pikiran kamu, mulai dari ketika kamu mengemudi, jogging, memasak, berjalan-jalan, ngurus kebun bahkan sampai bangun di pagi hari. Tapi kamu nggak yakin, bahwa itu adalah sesuatu yang Allah kehendaki atau tidak untuk akmu lakukan. Lantas, gimana kamu bisa tahu tanpa ragu kalau Tuhan akan selalu berada dalam petualangan yang besar bersama kamu?

Sebenarnya, Tuhan ingin membantu dan membawa kamu melewati lompatan yang sangat eksponensial dan Dia ingin membimbing kamu melewati lompatan iman terbesar itu. Tapi kamu lebih dahulu mempercayainya.

Selain itu, inilah beberapa langkah yang mungkin bisa kamu lakukan untuk membantu kamu melewati lompatan iman kamu dalam kehendaknya Allah :

1. Ambillah waktu untuk kamu berdoa

"Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku." (Mazmur 25:4)

Nggak cuma itu, kalau kita membaca di dalam 1 Samuel 14:36, kita akan melihat bagaimana Saul ingin berperang dengan orang Filistin : "Lagi kata Saul: "Marilah kita pada malam ini mengejar orang Filistin dan menjarahi mereka sampai fajar menyingsing dan janganlah kita biarkan hidup seorangpun dari mereka." Jawab mereka itu: "Perbuatlah apa yang kaupandang baik." Tetapi imam berkata: "Marilah kita dahulu tampil menghadap Allah di sini."

Ketika kita membaca kisah dari beberapa orang besar dalam Alkitab seperti Abraham, Musa dan Daud, maka kita bisa melihat bagaimana mereka semuanya berdoa dan juga bertanya kepada Tuhan tentang apa yang harus mereka lakukan . Nggak cuma itu, mereka juga ingin mengikuti arahannya dan akhirnya mereka selalu berhasil.

2. Dengarkan suara Tuhan, dengarkan!

Sangat sering ketika kita meletakkan permintaan kita di hadapan Tuhan dalam doa dan kemudian kita melanjutkan perjalanan kita tanpa menunggu jawaban dari Tuhan.

Kamu harus tahu bahwa kadang Tuhan akan menjawab dengan segera tapi di lain waktu Dia juga ingin kita menunggu dengan sabar pada waktuNya. Jadi kita harus terus berdoa, mendengarkan dan bertanya, kemudian mendengarkan lebih banyak  lagi sampai kita merasakan gerakanNya juga doronganNya sehingga kita mengambil langkah berikutnya, atau tidak.

"Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan." (Amsal 1:5)

"Dan kata-Nya: "Siapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!" (Markus 4:9)

3. Pelajarilah Firman Tuhan

Tuhan akan bicara kepadamu melalui firmanNya, melalui Alkitabmu. Firman Allah yang kamu baca berulang kali akan selalu memiliki makna baru ketika kamu menerapkannya pada sesuatu yang sedang kamu pertimbangkan dalam hidupmu.

"Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mazmur 119:105)

BACA JUGA :4 Hal Ini Akan Membantu Kamu Menyalurkan Berkatmu Dengan Tepat dan Berkenan!

4. Lakukan penelitian atau membaca lebih banyak buku atau apa saja yang akan memberikanmu rhema.

Mulai dari membaca buku, blog, dan artikel mengenai topik yang kamu sedang gumulkan. Cari tahu apa yang orang lain katakan tentang itu.

Carilah nasihat yang bijak dari orang lain. Bicaralah kepada banyak orang di sekitar kamu dan pertimbangkan pendapat mereka kemudian ajukan pertanyaan yang membuatmu mengerti sesuatu.

Ngobrol sama orang yang seiman dengan kamu ya, yang memiliki hubungan dengan Allah.

Jika kamu bingung, renungkan kembali apa yang kamu baca dan seimbangkan dengan apa yang sesuai dengan karakter dan perintah Tuhan.

"Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak." (Amsal 15:22)

5. Carilah konfirmasi

Semakin kamu sering berdoa, mendengarkan, membaca Alkitab dan melakukan penelitian, maka semakin kamu mendengar apa yang Allah kehendaki mengenai loncatan iman yang kamu rindukan.

Tiba-tiba, semua orang akan membicarakan apa yang sedang kamu pertimbangkan. Jika ini adalah kehendak Tuhan untukmu, maka pintu akan mulai terbuka dan kemudian kamu akan membuat sebuah keputusan yang besar, masalahnya apakah kamu akan berjalan atau tidak.

Dalam pengalaman saya, ketika kamu melakukannya maka Dia akan membuka yang baru.

"Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engkau tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah Israel, yang memanggil engkau dengan namamu. Oleh karena hamba-Ku Yakub dan Israel, pilihan-Ku, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku." (Yesaya 45:3-4)

Tahukah, ketika Tuhan menginginkan maka Dia akan melakukan dengan caraNya. Teruslah setia dan lakukan 5 hal diatas. Saya percaya kamu akan mengalami loncatan iman yang luar biasa dan eksponensial di akhir tahun ini. Amen!

Sumber : crosswalk | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami