Masak Sendiri Bikin Pengeluaran Lebih Hemat Loh! Begini Triknya…
Sumber: www.viralbharat.com

Finance / 17 October 2019

Kalangan Sendiri

Masak Sendiri Bikin Pengeluaran Lebih Hemat Loh! Begini Triknya…

Lori Official Writer
4460

Dalam sistem pengelolaan keuangan, menyeimbangkan pendapatan dengan pengeluaran adalah hal yang sangat penting.

Jika ingin menyisihkan lebih banyak tabungan setiap bulannya, maka mulailah menentukan batas pengeluaran bulananmu.

Tanpa disadari, salah satu sumber pengeluaran terbesar setiap bulan adalah untuk makan. Kenapa? Karena salah satu tujuan bekerja adalah supaya kita bisa makan.

Tapi sebagai orang bijak, harusnya penghasilan bulanan kita jangan sampai dihabiskan hanya untuk makan saja dong. Supaya bisa memangkas setengah dari pengeluaran, alangkah baiknya mengikuti trik jitu menghemat uang dengan cara memasak sendiri.

Kenapa? Sebagian dari kita mungkin sedikit komplain karena dari pengalaman sendiri, mereka malah menilai kalau masak sendiri justru lebih boros. Benarkah?

Kebiasaan makan di luar memang butuh pengeluaran yang besar. Tapi memasak sendiri juga bisa jauh lebih mahal karena kita gak bikin perencanaan belanja dan juga kebiasaan membuang-buang bahan mentah maupun makanan yang sudah jadi.

Tanpa perencanaan yang baik, memasak di rumah memang akan sama mahalnya dengan makan di luar. Tapi dengan trik ini, kamu bisa memangkas setengah pengeluaran dengan masak sendiri.

1. Cari bahan makan yang lebih murah

Memasak sendiri memaksa kita untuk belanja. Nah, sebelum membeli bahan untuk dimasak ada baiknya untuk mencari penjual yang harganya jauh lebih murah.

Karena itu alangkah baiknya berbelanja di pasar dibanding di supermarket atau mall.

2. Belilah bahan-bahan yang tahan lama

Belilah bahan masak yang bisa bertahan lama. Misalnya, bahan kalengan, sereal, dan ikan kering. Lalu simpan semua bahan ini ditempat yang tepat supaya gak mudah busuk.

Tentu saja kamu harus berhati-hati dengan anggaran belanjamu.

3. Tentukan menu mingguan sesuai dengan bahan yang kamu beli.

Untuk menghemat pengeluaran, kamu hanya perlu menentukan beberapa menu makanan yang perlu kamu masak sepanjang minggu sesuai dengan bahan yang kamu sudah beli.

Dengan daftar yang jelas dan tersusun, kamu akan bisa menghemat uang lebih besar.

Seperti disarankan dari Eating Well, pastikanlah jika dapurmu sudah dilengkapi dengan bahan-bahan masak seperti minyak goreng, bumbu, biji-bijian, kacang-kacangan, maupun bahan kalengan.

Baca Juga:

Biar Gak Makan Mi Instan Melulu di Akhir Bulan, Anak Kos Perlu Atur Uang Pakai Cara Ini

9 Prinsip Buah Roh Dalam Menghadapi Kondisi Keuangan, Yuk Merdeka Finansial! (Bagian 1)

4. Masak sesuai dengan kemampuan makanmu.

Hindarilah untuk memasak makanan berlebih. Kalau memang kamu hanya sendiri, masaklah sebanyak yang kamu bisa makan. Karena hal ini bisa menghindarimu menyisakan makanan yang kemungkinan gak bakal kamu makan lagi.

Atau kalaupun misalnya kamu memasak nasi atau lauk lebih banyak, siasatilah untuk menghabiskan sisanya dengan mengolahnya kembali. Entah itu dibuat jadi nasi goreng atau campuran masakan lain.

5. Bawa uang secukupnya sesuai dengan jumlah bahan yang ingin dibeli.

Membawa uang secukupnya saat berbelanja akan menghindarimu dari tindakan impulsif.

Membuat daftar bahan yang harus dibeli sangat membantu untuk tetap fokus membelanjakan apa yang menjadi prioritas.

Buat kamu yang gak terbiasa memasak pasti akan sulit memulainya. Tapi kamu bisa memulainya pelan-pelan, cobalah membiasakan diri selama seminggu dengan menu masakan yang sederhana. Setelah kamu mulai terbiasa, akan lebih mudah untukmu menentukan menu makanan apa yang harus dihidangkan setiap hari. Apalagi kamu bisa kok mencari menu-menu masakan sederhana yang gak kalah enak dari Youtube atau website.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami