Pelantikan Presiden & Wapres Tinggal Tunggu Hari, Begini Persiapan Acara Selengkapnya!
Sumber: Banten

Nasional / 16 October 2019

Kalangan Sendiri

Pelantikan Presiden & Wapres Tinggal Tunggu Hari, Begini Persiapan Acara Selengkapnya!

Lori Official Writer
2872

Tinggal empat hari lagi, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Jokowi dan Ma’ruf Amin akan digelar secara resmi.

Sejumlah persiapan pun sudah digelar oleh pemerintah pusat. Tanpa harus bertanya-tanya sudah sejauh apa persiapannya, berikut beberapa hal yang bisa dihimpun oleh Jawaban.com terkait hal ini.

1. Persiapan Istana

Dari pihak istana dilaporkan bahwa persiapakan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah rampung. Persiapan ini sendiri diserahkan kepada MPR sebagai penanggung jawab.

Adapun hal-hal yang sudah dipersiapkan diantaranya ruang pelantikan dan juga fasilitas terbaik bagi para tamu negara, termasuk kendaraan, penginapan dan pendampingan.

“Istana sudah siapkan kendaraan terbaik untuk semua tamu negara berikut rangkaiannya. Begitu juga hotel dan lain-lain,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

2. Persiapan Susunan Acara

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo menyampaikan susunan urutan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada Minggu, 20 Oktober 2019 mendatang.

Pelantikan itu sendiri akan dimulai pada pukul 14.30 WIB dengan susunan sebagai berikut:

1 Acara pelantikan akan dibuka oleh Ketua MPR.

2. Pembacaan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

3. Pembacaan hasil keputusan KPU atas kemenangan resmi Jokowi-Ma’ruf Amin dalam pemilu.

4. Pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden oleh Ketua Mahkamah Agung.

5. Presiden Jokowi menyampaikan pidato perdananya sebagai presiden terpilih.

6 Pidato penutup, doa dan penutupan pelantikan.

Seusai pelantikan, Jokowi dan Ma’ruf akan diarak dari Patung Kuda ke Istana Merdeka.

Bambang sendiri menjamin acara ini akan berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga:

Jelang Dirgahayu RI ke-74, Presiden Jokowi Doakan Indonesia Alami Ini…

Jokowi dan Tokoh Agama Adakan Pertemuan Mendadak, 5 Kondisi Genting Ini Jadi Pembahasan

3. Persiapan TNI Polri

Menyikapi pernyataan Ketua MPR, Polri, TNI dan BIN sudah memastikan pengamanan yang penuh selama pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden mendatang.

Sejumlah pasukan bersenjata sudah dikerahkan disepanjang jalan menuju Gedung MPR/DPR dan begitu pula sekembalinya Presiden dan Wakil Presiden ke Istana Negara.

Bukan hanya di ibu kota, tapi pengamanan juga sudah dikerahkan di berbagai wilayah di Indonesia sebagai upaya untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan oleh berbagai pihak.

Selain TNI, Polri dan BIN, lembaga-lembaga keagamaan di Indonesia juga turut mengajak seluruh umatnya untuk mensukseskan pelantikan ini. Salah satunya, Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP) mengajak seluruh masyarakat dan pimpinan gereja di Papua untuk bersama-sama mensukseskan jalannya pelantikan Presiden ini.

PGGP meminta masyarakat untuk menjaga keamanan bersama dan menghindari tindakan anarkis, teroris dan menolak tindakan penghasutan yang bertujuan memecah belah bangsa.

Sementara gereja-gereja di ibu kota dan sekitarnya juga terus memanjatkan doa supaya hari pelantikan ini bisa berjalan dengan aman dan tentran, tanpa ada gangguan dari pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami