Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
636


Kehidupan ini pastilah penuh dengan masalah, penuh dengan sesuatu yang membuat kita kering. Kerap sekali, kita nggak sadar akan hal itu, dan tak tahu kapan datangnya sesuatu yang membuat kita kering tersebut.

Tapi, hal yang kerap membuat kita demikian adalah waktu, jadwal kita yang sibuk, tekanan, tanggung jawab dan lain sebagainya. Jujur, sulit sekali untuk menjaga semuanya tetap baik-baik saja, bahkan seiring berjalannya waktu hal itu justru membuat kita lelah.

Sebagai manusia, kita juga sangat pintar dalam memberkati orang lain, dan memberi mereka masukan, tapi kita lupa gimana caranya mengisi kembali diri kita dan membuat kita enjoy menikmati hidup ini. Kita kerap tidak meluangkan waktu untuk diri sendiri dan melihat apa yang perlu di perbaiki dalam diri kita sendiri.

Tahu nggak sih, bahwa Yesus aja mengambil waktu untuk dirinya sendiri dan istrahat serta menyegarkan diri dengan tenang bersama Bapa-Nya. Dia memahami kelemahan kita sehingga dia memberi kita rahmat dan kekuatan untuk melewati setiap pertempuran dan perjuangan yang kita hadapi.

Masalahnya adalah, kita tidak pernah datang kepadaNya untuk meminta bantuan, bisa dibilang jarang. Kita malah mencoba dan berjuang sendiri dan berpikir entah gimana caranya harus bisa mengatasi semuanya. Kita berpikir bahwa kita jauh lebih baik dari pada Dia dan kita berusaha keras mempertahankan citranya kita.

Tahu nggak sih bahwa kita nggak bisa sendirian. Dengar berita yang lagi heboh sekarang? Yap, artis Korea, mantan personil f(x) yaitu Sulli yang bunuh diri lantaran depresi dan lonely?

Setelah saya telusuri akun Instagramnya, beberapa hari berturut-turut Sulli seakan memberi tanda tentang kondisi dirinya yang lonely, sebab dibeberpa foto dirinya, dia menambahkan caption 'saya sendiri.'

Jika tanpa Tuhan, kita akan merasa sendiri. Padahal Tuhan selalu ada disana menunggu kita, Dia ingin membantu kita, dan Dia tak pernah jauh. Datanglahlah kepadaNya dan segarkan jiwamu dalam pengenalan akan Dia.

Coba periksa dirimu. Di bawah ini, adalah beberapa tanda bahwa kamu tengah depresi dan terkuras secara emosi. Tanda-tanda ini akan memberi kamu kesadaran bahwa kamu membutuhkan kekuatan lagi. Sekali lagi, ketahuilah bahwa kamu nggak sendirian, ada banyak orang yang sudah berhasil dalam perjuangan ini dan bebas. Jangan menyerah ya, Tuhan dekat dan ingin membantu kamu.

1. Kamu merasa mudah lelah dan stres secara emosional

Kamu merasa lelah banget dan hal-hal yang dulu membuatmu bahagia sudah tidak lagi berhasil membuatmu bahagia. Kamu merasa bahwa moodmu naik turun dan kamu mengomel terus karena tidak berhasil menyelesaikan semuanya, padahal kamu sudah berusaha sekeras mungkin.  Rasanya ada sebuah hal yang menggantung di atas kepala kamu, bahkan kamu suka lupa terhadap hal-hal yang paling penting.

Kamu merasa banyak beban dan sulit untuk menampung semuanya itu.

2. Terus menerus merasa kesal, dan hampir tidak rasional lagi

Kamu terus menerus merasa kesal, nggak sabaran, bahkan suka marah kepada orang lain. Kamu nggak ingin merespon orang dekat cara seperti ini sebenarnya, tapi kamu merasa terus menerus terjebak dalam siklus seperti itu dan bikin kamu kewalahan. Kamu menangis, tidak seperti biasanya dan kamu benar-benar stres dan merasa harus terus berjuang untuk melewatinya hari demi hari.

BACA JUGA  : Merasa Tidak Terkoneksi Dengan Tuhan Meski Selalu Berdoa Tiap Hari? Mungkin Ini Sebabnya!

3. Sulit tidur, dan selalu insomnia

Kamu sulit tidur. Bahkan suka kebangun di malam hari dengan pikiran yang penuh dengan kekuatiran. Meskipun kamu tahu bahwa kamu perlu istrahat, kamu sulit untuk istrahat dengan tenang.

Ketika alarm membangunkan kamu, kamu bangunnya dengan kondisi nggak segar. Malah kamu ngerasa sulit banget untuk bergerak dan kehilangan damai dan sukacita.

4.  Kamu ngerasa lelah banget secara fisik

Kamu gampang lelah secara fisik, kamu nggak makan secara teratur atau kamu malah makan terlalu banyak dari hari-hari biasanya. Kamu memutuskan berhenti olahraga gegara terlalu banyak yang harus kamu lakukan. Kamu ngerasa cemas, kuatir, stres, dan takut, kamu merasa tidak bisa melepaskan semuanya.

Kamu gampang jatuh sakit,  sistem kekebalan tubuhmu lemah ketika kamu mencoba kerja lembut, kamu berjuang dengan sakit kepala, masalah perut, tekanan darah tinggi, sesak nafas bahkan ngerasa nyeri dibagian dada dan  serangan panik.

Kalau kamu sudah alami ini, coba dek periksa dirimu ke dokter.

5. Menarik diri dari Tuhan

Kamu mendapati dirimu menjauh dari Tuhan, dan  tak lagi menghabiskan waktu bersamaNya. Nggak cuma itu, kamu juga menjauhkan diri dari komunitas, teman-teman yang kamu kasihi, dari gereja dan kamu merasa sendirian dan putus asa.

Kamu mulai bergumul dengan perasaanmu yang penuh dengan tekanan dan pikiran yang gelap mulai muncul di pikiranmu. Kamu tahu bahwa kamu sedang berjuang dengan intimidasi dengan iblis, tapi kamu tidak melawannya bersama Tuhan melainkan sendirian.

Hey, jika kamu menemukan dirimu berjuang dengan 5 hal di atas, sebaiknya temuilah mentormu dan jangan sendirian. Istrahatlah, pergilah liburan dan berceritalah kepada seseorang. Jika terus menerus dibiarkan, maka depresimu bisa berakhir pada sesuatu dosa yang besar. Atau kamu juga bisa hubungi kami di SAHABAT 24 :  SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected]

 

Sumber : ibelieve/ jawabancom

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Farhan nuzul 11 November 2019 - 21:37:46

Pada percobaan tersebut digunakan 2 tanaman yang t.. more..

0 Answer

Medina Simbolon 11 November 2019 - 14:18:02

Jln keluar. Sudah 1 thn saya menderita miom sudah .. more..

0 Answer

Ronny Lie 10 November 2019 - 08:11:12

Imam

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 1


7272

Banner Mitra November Week 1