Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
658


Menjaga kesehatan tubuh bukan hanya bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan olahraga seimbang.

Cara sederhana lain yang bisa dilakukan untuk memastikan pikiran tetap sehat adalah dengan menaman tanaman hias di dalam rumah.

Tentunya gak semua tanaman dalam ruang berguna untuk meningkatkan kesehatan. Karenanya kita harus tahu pasti tanaman-tanaman apa saja yang berkontribusi mendukung kesehatan. Seperti halnya bermanfaat untuk menurunkan depresi maupun stress.

Nah, dari sejumlah tanaman dalam ruang yang kita kenal terdapat 7 jenis tanaman hias yang bermanfaat besar sebagai antidepressan dan juga bermanfaat untuk beberapa hal lainnya.

1. Lavender

Selama ribuan tahun, lavender sudah dipakai secara medis sebabai obat penenang saraf, pereda sakit kepala, nyeri persalinan, pencegah insomnia dan antidepresan.

Aroma lavender yang khaslah yang dijadikan sebagai ramuan aromaterapi. Sebuah studi di tahun 2009 menemukan bahwa aroma lavender terbukti mampu meredakan denyut nadi saat seseorang dalam kondisi tertekan.

2. Aloe Vera

Orang Mesir menyebut tanaman ini sebagai tanaman keabadian. Biasanya masyarakat akan menanam Aloa Vera di rumah dengan cara menggantungnya di pintu rumah.

Secara medis, Aloe Vera bermanfaat untuk menyerap udara dari karsinogen dan mengeluarkan oksigen di malam hari dimana hal ini mampu membantu kita tidur lebih baik.

3. English Ivy

Tanaman merambat yang indah ini berfungsi sebagai pembersih udara yang sangat efektif karena mampu menyerap karsinogen (seperti asap rokok dan debu) dan membantu udara lingkungan tetap murni.

Karena itulah English Ivy sangat baik untuk menjaga pikiran seseorang tetap segar setiap hari.

4. Peppermint

Aromanya yang kuat menjadikan salah satu anggota keluarga tanaman mint ini begitu populer. Tanaman asli Eropa sini telah diuji bisa menghilangkan stress dan mampu meningkatkan daya ingat.

Baunya mentolnya yang kuat berguna untuk merilekskan otot yang tegang. Peppermint juga bisa sangat bermanfaat bagi tubuh saat dinikmati bersama dengan teh. Karena berfungsi juga untuk melancarkan pencernaan.

Baca Juga:

Waspada! Memar Ungu di Kulit Bisa Pertanda Kamu Alami Penyakit Ini

Ini Alasan Kenapa Pakai Sabun Lebih Ampuh Cegah Flu Daripada Handsanitizer

5. Kaktus

Kaktus adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak digemari. Sangat dianjurkan untuk menaruh kaktus di meja kerja atau kamar tidurmu.

Penelitian menemukan bahwa kaktus bermanfaat untuk menurunkan tingkat stress. Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 ditemukan bahwa 37% kaktus mampu mengurangi ketegangan atau kecemasan, 58% mencegah depresi, 44% meredakan emosi dan 38% lainnya mampu membuat tubuh lebih segar.

6. Succulent

Sama seperti Kaktus, tanaman Succulent juga berfungsi untuk menghasilkan oksigen dan membersihkan udara yang kotor karena racun.

Succulent mampu meredakan ketegangan pikiran dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

7. Rosemary

Rosemary bukan hanya bisa digunakan sebagai bumbu pelengkap pada makanan. Tanaman ini juga bisa jadi pelindung kesehatan.

Taruhlah rosemary di dalam ruangan karena bisa berguna untuk meningkatkan produksi udara yang bersih. Udara yang lebih bersih akan mampu mencegah seseorang dari serangan kecemasan, stress, meningkatkan fungsi memori dan membuat pikiran menjadi lebih segar.

Semangat pengen nanam tanaman di atas? Yuk, hiasi rumahmu dengan tanaman hijau yang punya segudang manfaat ini.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Buyung Mahyuddin 27 February 2020 - 23:32:48

What did Astuti mother buy

0 Answer

Yance Salinggi 27 February 2020 - 12:26:16

Hubungan

0 Answer

Marcellinus Chandra Kurniawan 27 February 2020 - 08:55:53

Ask about GOD.. Where is True GOD?

1 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7267

Banner Mitra Februari 2020 (3)