Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
403


Dibanding menemukan sahabat, tampaknya menemukan teman adalah hal yang mudah. Tinggal berkenalan dan ikut komunitasnya simpan nomor hapenya, sudah selesai.

Kan temenan itu bukan seseorang yang selalu bersama kita awet sampai bertahun-tahun, kalau selama itu sih namanya bukan teman tapi sahabat.

Ngobrolin sahabat, kamu punya sahabat nggak? Tau nggak sih, kalau kamu itu perlu banget punya sahabat, karena sahabat itu sangat membantu kamu dalam melewati rintangan hidup dan menyelesaikan sesuatu. Punya sahabat mah nggak usah banyak, satu atau dua orang saja sudah cukup tapi pastikan mereka nggak cuma memahamimu ya, tapi membantumu untuk tumbuh bersama.

Tapi, gimana kalau kamu kesulitan menemukan sahabat? Pernah punya teman, sudah klop banget tapi setelah beberapa bulan, eh dia malah pergi menjauh dan tak mau lagi sekompak dulu sama kita.

Pernah ngalami itu nggak sih? Kalau pernah, mungkin ini nih beberapa hal yang membuatmu tak memiliki sahabat, adanya teman doang yang datangnya pas butuh. Duh,

1. Kamu super cerewet dan ngomel melulu

Jangankan orang lain deh, mama atau adik kita mengomel dan cerewet gitu, kita bisa marah dan sebel ya.

Dulu setiap aku ngerjain sesuatu, mama selalu mengomel, dan kadang dia cerita tentang sikap papa. Sekali dua kali sih nggak masalah, tapi melulu mengomel dan melampiaskan ke kita, kan sebel juga. Akhirnya aku memutuskan kabur dari rumah, entah itu bermain dengan teman atau pura-pura ngerjain tugas.

Demikian juga loh soal pertemanan.  Kalau kamu punya teman dan u mengomel kepada mereka tentang pekerjaan, keluarga, apalagi  masalah keuangan, bakalan bikin mereka lelah deh. Mereka bisa pusing bertemu dengan kamu sehingga menjauhkan diri dari kamu. Paling datangnya pas tengah butuh saja.

Itu sebabnya, sekalipun kamu punya banyak masalah cobalah menjadi positif dan nggak menyebarkan aura negatif kepada mereka terus menerus. Boring tau dengernya, memang yang punya masalah kamu doang. hehe

2. Kalau sudah ketemu dengan si kekasih hati, kamu lupa deh tuh yang namanya teman dan jadwal bareng mereka.

Weekend pengen jalan sama teman, sudah bikin jadwal sih, terus tiba-tiba pacar kamu ngajak nonton atau temenin dia untuk bertemu client. Langsung deh tuh, jadwal dengan teman dibatalkan demi si kekasih hati.

Loh, kamu bucin (budak cinta) atau apa hayo?

Sebenarnya sih, sekali dua kali tidak masalah. Mungkin teman-temanmu juga akan mengerti tentang ini, tapi kalau terus menerus sampai bikin mereka bete, kan seharusnya nggak.

Sebagai orang Kristen, kita harus tahu mana yang prioritas dan harus belajar berintegritas dalam pertemanan.

Kamu harus bisa membagikan waktumu dengan pasangan dan juga teman-temanmu.

Jangan pas lagi butuh mereka, kemudian kamu datang dan curhat, tapi setelah itu, kamu tak lagi menunjukkan diri di acara pertemuan teman. Yang ada sama pacar melulu.

Jadi, yuk cari keseimbangan antara meluangkan waktu dengan pacar dan dengan teman. Keduanya sama-sama penting lho!

BACA JUGA : Peliharalah Pertemananmu Dengan Membuang 5 Sikap Jelek Ini Dari Dirimu!

3.  Kamu nggak tertarik dengan kehidupan  teman kamu

Tau nggak sih, kalau kamu saja nggak tertarik dengan kehidupan mereka, lantas gimana mereka mau tertarik sama kamu.

Besar kemungkinan mereka nggak akan tertarik sama kamu lho!

Sebagai orang Kristen, kita kan penuh kasih dimana kita diajarkan untuk mengasihi orang lain seperti diri kita sendiri.

Jadi, sangat penting sekali untuk menunjukkan bahwa kamu sangat mengasihi keadaan temanmu.  Siapa sih yang nggak mau berteman, curhat kepada orang yang cuma mikirin dirinya sendiri?

4. Kamu suka membuat drama. Memangnya FTV?

Kamu suka banget menambahkan minyak ke dalam api, suka banget membesar-besarkan masalah. Jangan bikin onar dong dalam pertemanan. Kalau kamu melulu begitu, maka percaya deh bahwa nggak akan ada orang yang mau berteman terus menerus dengan kamu.  Jadi berhentilah membuat masalah menjadi semakin keruh melainkan carilah jalan damai di setiap situasi.

Berperanlah sebagai mana orang Kristen yang baik dan penuh kasih dan damai.

Itulah 4 hal yang harus kamu hindari biar punya teman terutama sahabat sampai bertahun-tahun. Yuk, jangan Cuma mikirin diri sendiri tapi juga orang lain. 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7268

Banner Mitra November Week 2