Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
474


Apakah setiap bulannya kamu masih mendapati kalau keuangan keluarga selalu mengalami kesulitan? Apakah hal ini karena kebanyakan uang dialokasikan untuk membayar tagihan atau untuk hal-hal lain?

Kondisi ini memaksa kita untuk mengevaluasi pengeluaran keluarga. Untuk memastikan keuangan keluarga tetap aman, ada baiknya untuk memastikan gaji setiap bulannya dialokasikan ke tempat yang tepat dan lebih prioritas.

Ada 5 prioritas keuangan keluarga yang patutnya dipenuhi setiap bulan, diantaranya:

1. Rumah

Prioritas keuangan yang pertama keluarga adalah rumah.

Rumah menjadi salah satu hal yang paling penting untuk dipenuhi dalam kehidupan berumah tangga. Kenapa? Karena rumah menentukan seberapa nyaman anggota keluarga.

Karena itu sangat disarankan bagi pasangan yang sudah menikah punya rumah sendiri, yang cukup sebagai tempat berlindung anggota keluarga.

Bagi yang sudah punya rumah sendiri, mengelola keuangan mungkin akan jauh lebih baik. Berbeda dengan yang masih menyewa atau ngontrak, dimana suami istri pasti akan terus berpikir untuk mengalokasikan biaya untuk sewa baik setiap bulan maupun per tahunnya.

Jadi, sisihkanlah uang khusus buat rumah. Jangan sampai kalian kehilangan tempat untuk berteduh karena gak mampu bayar uang sewa.

2. Makan

Kebanyakan keluarga muda yang tinggal di perkotaan mungkin jauh lebih sejahtera. Secara gaya hidup, banyak keluarga yang justru menggelontarkan banyak uang untuk makanan.

Tapi tahukah kamu, pengeluaran untuk makan juga perlu diatur loh! Karena semakin banyak biaya untuk makan, semakin berkurang pula alokasi dana untuk hal-hal lainnya.

Alih-alih menghamburkan uang untuk makanan setiap hari, lebih baik membuat perencanaan yang baik. Selain untuk pengaturan keuangan, berbelanja dan masak sendiri akan jauh lebih sehat.

Baca Juga:

Ini Kunci Biar Suami Istri Jadi Pengelola yang Baik Dalam Rumah Tangga yang Diberkati

Suami Istri, Inilah Alasan Kenapa ‘Kejujuran’ Sikap Paling Dibutuhkan Dalam Pernikahan

3. Hobi dan Kegiatan Keluarga

Dalam kehidupan rumah tangga, menikmati waktu luang bersama keluarga sangat bermanfaat untuk semakin memperkuat hubungan.

Karena itulah penting buat suami istri untuk mengalokasikan uang untuk melakukan sesuatu yang menarik bersama keluarga. Misalnya, melakukan hobi bersama seperti traveling, olahraga, atau ikut acara lainnya.

4. Pakaian

Semua orangtua pasti setuju kalau punya anak memang akan semakin menambah pengeluaran keluarga.

Orangtua gak hanya memikirkan dirinya sendiri, tapi prioritas utama justru untuk anak termasuk soal kebutuhan akan pakaian. Entah pakaian rumah, seragam sekolah, pakaian gereja atau pakaian pesta. Semua kebutuhan ini perlu jadi prioritas suami istri.

5. Perpuluhan dan Persembahan

Perpuluhan dan persembahan adalah dua hal yang berbeda. Sebelum mengalokasikan uang untuk hal-hal lain, alangkah baiknya suami istri mengalokasikan lebih dulu pendapatan setiap bulan untuk perpuluhan dan persembahan.

Kenapa hal ini penting? Karena sebagai keluarga yang taat kita perlu mengembalikan kepada Tuhan apa yang kita sudah dapatkan. Bukan soal berapa yang kita dapat atau berapa banyak utang maupun kebutuhan yang harus kita penuhi selama sebulan itu. Tapi memberi lebih dulu kepada Tuhan adalah bentuk ucapan syukur dan iman kita bahwa Tuhan sendiri akan mencukupkan kebutuhan kita dengan cara-Nya.

Saat suami istri belajar untuk memprioritaskan semua kebutuhan di atas lebih dulu, maka gak keuangan keluarga bisa lebih tertata dengan baik. Sekalipun banyak tagihan-tagihan yang harus dibayar jika pendapatan bulanan diatur dengan sangat cermat, maka masalah utang sekalipun bisa diatasi dengan baik.

Mari belajar jadi pengelola keuangan yang baik. Karena Tuhan sendiri mau kita hidup sejahtera.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7267

Banner Mitra November Week 2