Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
698


Sebagian dari kita mungkin pernah berpikir gak pengen nikah. Alasannya, ‘Mungkin enakan jadi single aja kali ya?’ atau ‘Gak ah, nikah itu kan ribet dan bikin susah’ dan alasan-alasan lainnya.

Setiap orang memang gak tahu kapan jodoh akan menjemputnya atau nikah dengan siapa. Apakah dia orang yang tepat? Apakah dia baik dan berasal dari Tuhan? Tapi Tuhan mengijinkan pernikahan terjadi sekali seumur hidup kita. Tuhan bahkan merancang pernikahan itu indah.

Memilih untuk menikah, kecuali karena panggilan khusus (hidup selibat untuk melayani Tuhan), bisa jadi muncul karena kita termakan kebohongan si iblis.

Tuhan gak sekalipun menyampaikan kalau pernikahan akan mendatangan malapetaka. Sebaliknya, melalui pernikahan setiap orang akan belajar bagaimana meraih kebahagiaan dengan melibatkan Tuhan.

Ada 4 alasan kenapa Tuhan mau kita harus menikah, diantaranya:

1. Tuhan menetapkan tujuan khusus bagi pasangan yang menikah

Salah satu alasan kenapa Tuhan mau kita menikah adalah karena Dia mau melengkapi panggilan-Nya melalui kita dan pasangan kita. Tuhan bisa melakukan hal yang lebih besar ketika kita menikah dibanding saat kita masih lajang.

Bukan berarti mereka yang memilih selibat gak dipakai Tuhan luar biasa. Tapi Tuhan memanggil lebih banyak orang untuk menikah dibandingkan mereka yang tidak menikah.

Kenapa Tuhan memanggil orang yang lebih banyak menikah daripada yang selibat?

  • Karena pria dan wanita diciptakan untuk bersama. Hal ini sudah ditetapkan sejak awal penciptaan.

“Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.” (Kejadian 2: 18)

  • Pernikahan adalah cara untuk melestarikan kelangsungan hidup manusia.

“Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.” (Kejadian 1: 28)

  • Kebanyakan orang gak mampu bertahan dalam kesendirian.

“tetapi mengingat bahaya percabulan, baiklah setiap laki-laki mempunyai isterinya sendiri dan setiap perempuan mempunyai suaminya sendiri. (1 Korintus 7: 2)

Tuhan gak hanya mau kita bertahan hidup. Tapi Dia mau kita berkembang dan hidup dalam kekudusan. Kita gak punya kekuatan untuk melakukan semua hal dalam kesendirian kita.

2 Alamiahnya, orang-orang memilih untuk menikah

Kalau kamu harus bertanya ke seorang perempuan atau pria muda single, apakah mereka ingin menikah atau gak, maka rata-rata dari mereka akan memilih menikah.

Kenapa karena memiliki pasangan atau pendamping adalah kebutuhan alamiah manusia. Gak ada orang yang memilih gak menikah karena mereka gak butuh, kecuali karena kepahitan, luka masa lalu, ketakutan dan kebohongan-kebohongan lain yang dipercaya soal mengerikannya sebuah pernikahan.

Baca Juga:

Ini 5 Tanda Kamu Punya Kecerdasan Emosional di Atas Rata-rata, Patut Bangga!

Teruntuk Anak Pertama, Masihkah Kamu Tertekan Sama Tanggung Jawab Ini? Kamu Gak Sendirian…

3. Pernikahan adalah gambar hubungan Yesus dan gereja-Nya.

Sadar atau gak, banyak orang yang mulai menyalahartikan sebuah pernikahan. Dan tahukah kamu kalau ini adalah tanda-tanda dimana si iblis mulai menyerang pernikahan, mulai mengacaubalaukan rencana Tuhan melalui setiap pria dan wanita.

Hal ini bisa kita lihat dengan bermunculannya kasus LGBTQ, perceraian, perselingkuhan, poligami dan pelecehan seksual.

Saat seseorang menghadapi salah satu dari masalah-masalah di atas, dipastikan mereka akan memiliki pemikiran yang buruk soal pria atau wanita, soal pernikahan, soal keluarga, dan soal identitas diri mereka. Akibatnya, pernikahan sepetri yang Tuhan inginkan gak akan pernah terwujud.

Kaum LGBTQ merusak citra pernikahan dimana mereka melanggar ikatan hubungan yang sah dengan yang berseperangan dengan kehendak Tuhan. Pria menikah dengan pria, wanita menikah dengan wanita atau pria berubah jadi pria dan sebaliknya.

Pada dasarnya, pernikahan itu menggambarkan hubungan antara Yesus dengan gereja-Nya. Dimana seorang suami (yang adalah pria) mengasihi dan menyerahkan nyawaNya untuk istrinya (yang adalah wanita) (Efesus 5: 25).

Sudah waktunya dunia meneladani pernikahan suci yang diikat di dalam Tuhan. Dan kitalah yang terpanggil untuk menggenapinya.

4. Tuhan mau melahirkan benih-benih yang saleh.

Waktu kita memahami tujuan ketiga di atas dan menggenapinya dengan menikahi pasangan yang sepadan dan takut akan Tuhan. Maka melalui kita, Tuhan sedang membentuk benih-benih yang saleh, yaitu generasi yang takut akan Tuhan dan yang akan dipakai menjadi saksi-saksi kebenaran bagi dunia.

“Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setia terhadap isteri dari masa mudanya.” (Maleakhi 2: 15)

Jadi, kalau kamu masih punya pemikiran-pemikiran untuk gak perlu nikah karena satu dan lain alasan. Ada baiknya untuk kembali menanyakan secara personal apa yang sebenarnya Tuhan mau dalam hidupmu. Kalau pun sampai saat ini kamu masih belum menemukan pasangan yang tepat, bukan berarti kamu harus menyerah dan memilih untuk gak perlu lagi menikah. Tunggulah waktu Tuhan sembari berusaha menemukan orang yang tepat.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7264

Banner Mitra Desember week 2