Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
403


Beberapa hari ini, beberapa wilayah di Jabodetabek mulai diguyur hujan, banyak orang yang mengungkapkan rasa syukurnya karena akhirnya kemarau panjang berlalu.

Hujan, adalah berkat yang baru terasa sekali kita butuhkan ketika kemarau terjadi. Namun, jika kita tidak waspada, musim penghujan juga bisa membawa petaka loh.  Selain rawan terjadi bencana seperti banjir dan longsor, musim penghujan juga membuat banyak orang rawan mengalami penyakit.

Nah, apa saja sih ancaman paling sering muncul di musim hujan? Yuk kita lihat daftar ini, supaya kita lebih waspada dan mengantisipasinya.

1# Influenza

Ya, penyakit flu yang ditandai dengan mengalami batuk, pilek dan sakit kepala sering muncul saat musim hujan. Selain karena cuaca dingin membuat daya tahan tubuh manusia menjadi lemah, kelembaban yang tinggi juga menyebabkan virus influenza semakin kuat.

Apa lagi buat kamu yang kerja di kantoran, kalau kamu berada di ruangan yang ber-AC dan ada rekanmu yang sakit flu, bisa dipastikan kalau virusnya akan cepat tersebar.

Untuk itu penting bagi kita menjaga daya tahan tubuh kita di saat musim penghujan, seperti makan makanan yang bergizi, berolahraga, dan jika perlu minum vitamin.  Selain itu pastikan kamu membawa payung atau jas hujan kalau ke luar rumah, sehingga bisa menghindari basah kuyup karena kehujanan.

2# Diare

Sakit diare adalah salah satu penyakit yang sering di alami di wilayah tropis seperti Indonesia. Terlebih saat musim hujan loh, karena pada musim hujan kualitas kebersihan biasanya menurun, akhirnya virus, bakteri, dan parasit dengan mudah tersebar baik melalui air minum ataupun makanan.

Untuk itu, jangan jajan sembarangan ya, apa lagi di musim hujan ini. Pastikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi higienis. Jika tidak, maka diare akan menyerang.

Jangan anggap enteng penyakit ini ya, diare jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan dehidrasi akut yang bisa mengancam nyawa. Nah, kalau kamu mengalaminya, segera minum cairan oralit atau kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan gula dan garam pada air putih yang akan kamu minum.   

3# Leptospirosis

Penyakit apa nih? Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans ini sering disebut juga sebagai penyakit kencing tikus. Penyakit ini banyak muncul ketika banjir, sebab penularannya terjadi melalui kontak kulit dengan tanah, air, atau tanaman yang terkena urin atau kencing dari hewan-hewan yang menularkan Leptospirosis seperti tikus, sapi, babi, anjing, reptile dan hewan amfibi.

Orang yang terkena penyakit kencing tikus ini biasanya mengalami gejala demam tinggi, sakit kepala, muntal, menggigil, nyeri otot, penyakit kuning pada kulit dan mata, diare dan mengalami ruam.

Untuk mencegah penyakit ini, terutama ketika banjir hindari air yang terkontaminasi dan pastikan kebersihan air sebelum meminumnya. Jauhi binatang yang rentan terinfeksi bakteri, terutama tikus liar. Bersihkan diri sesegera mungkin setelah kena air banjir, gunakan desinfektan jika perlu. Jaga kebersihan dan cuci tangan setelah kontak langsung dengan hewan peliharaan. Selain itu pastikan melakukan vaksinasi hewan peliharaan sehingga tidak terkena bakteri leptospirosis.

4# Demam berdarah

Nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue bertambah banyak di musim penghujan. Namun hal ini seringkali terjadi karena masyarakat sendiri tidak waspada dan membersihkan lingkungannya.

Untuk itu, mumpung curah hujan belum terlalu tinggi nih, pastikan untuk membersihkan lingkungan rumahmu ya. Ajak juga para tetangga, lakukan pengurasan bak mandi. Buang ban-ban bekas, atau sampah yang memungkinkan adanya genangan air dimana nyamuk bisa berkembang biak. Kalau lingkungan bersih, bukan hanya enak dipandang, namun kita yang hidup disitu juga pasti sehat.

5# Hepatitis A

Penyakit hepatitis A menyebabkan peradangan pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Penyebaran virus hepatitis mirip seperti diare, yaitu karena lingkungan yang kotor dan makanan serta minuman yang tidak higienis atau terkontaminasi virus.

Penyebab penyakit hepatitis A banyak terjadi saat musim hujan adalah karena saat seperti ini daya tahan tubuh menurun.  Namun jika daya tahan tubuh kuat, maka tubuh akan dengan sendirinya melawan virus tersebut.

Beberapa gejala orang yang terkena hepatitis A adalah demam, lemas, mual dan muntah. Selain itu warna urine penderita menjadi gelap dan tinjanya menjadi berwarna pucat.

Untuk pencegahan, selain membersihkan lingkungan dan mengkonsumsi makanan yang higienis, lakukan juga vaksinasi hepatitis A.

Nah, itulah 5 penyakit yang sering terjadi di musim hujan ya. Pastikan kamu menjaga daya tahan tubuhmu dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur dan juga istirahat yang cukup. Karena kalau kamu sehat, maka kamu bisa lebih mensyukuri nikmatnya musim hujan di akhir tahun ini. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3