Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
400


Iseng-iseng, teman saya buka sebuah aplikasi pinjaman online yang sedang marak digaungkan di sosial media. Cuma berbekal KTP, nomor orang tua, dan beberapa data lain yang harus diisi. Lewat langkah yang mudah tersebut, kita langsung bisa meminjam sejumlah uang dari aplikasi pinjaman uang tersebut. Saking mudahnya, banyak orang yang kemudian terjerat hutang dari pinjaman online ini.

Mungkin satu aplikasi punya limit pinjamannya. Tapi, di Indonesia, ada banyak banget aplikasi pinjaman online yang menawarkan pinjaman dengan langkah mudah. Kalau sampai kita lupa diri, bisa-bisa kita akan melakukan gali lubang dan tutup lubang dari beberapa aplikasi pinjaman online.

Kalau boleh buka-bukaan, bahkan ada satu media menuliskan kisah seseorang yang akhirnya mengakhiri hidupnya karena terjerat hutang pinjaman online ini. Kita, tentu harus berhati-hati dengan pinjaman online ini.

Meski sudah hati-hati, ada kalanya kita butuh uang lebih dengan cara cepat. Misalnya orang tua yang sakit, butuh dana untuk renovasi rumah, atau hal lainnya. Namun, perlu kita ketahui kalau beberapa aplikasi pinjaman online itu menawarkan bunga yang tidak masuk akal.

Ada lho, yang menawarkan pinjaman dengan bunga 24% per bulan. Iya, per bulan. Bunga kartu kredit kita yang jumlahnya 24% per tahun saja rasanya sudah berat, bukan? Ternyata bunga yang besar nggak membuat peminjam online ciut, mereka tetap butuh uang secara cepat.

Apakah kita salah satu dari banyaknya orang yang terlibat hutang pinjaman online? Kalau jawabannya iya, maka beberapa cara di bawah ini bisa kita lakukan.

1.  Alihkan panggilan

Pinjaman online itu mudah, cepat, tapi beberapa ada yang bunganya selangit. Kalau kita sedang khilaf, ya bisa-bisa tunggakannya jadi menumpuk. Kalau sudah begini, kita harus rela ditelepon oleh pihak pinjol yang menagih hutang kita.

Cara agar kita bisa fokus untuk melunasinya adalah dengan memindahkan nomor yang biasa digunakan untuk mengajukan pinjaman ke handphone lain. Gunakanlah handphone yang sekiranya tidak kita gunakan. Tujuannya, agar kita bisa lebih fokus pada pekerjaan kita.

Apalagi kalau pekerjaan kita itu menuntut kita untuk menggunakan handphone. Tagihan dari pihak pinjol pasti bikin kita nggak fokus, bukan? Perlu kita ketahui kalau hutang merupakan salah satu masalah yang sukses bikin hati seseorang nggak tenang sampai stres.

Kita nggak akan bisa keluar dari masalah kalau panik dan stres. Jadi, kita bisa mengalihkan panggilan ini pada handphone lain.

2. List nama pinjol yang dan tulis pinjaman pokoknya

Saat kita terjerat hutang, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan membuat prioritas hutang dari yang jatuh temponya paling cepat. Kemudian, cari pula yang bunganya paling besar. Tulis semuanya dalam sebuah kertas.

Setelah menulis semuanya, seorang yang pernah terjerat pinjol mengaku kalau dirinya langsung menghapus aplikasi pinjaman onlinenya. Selain bertujuan untuk melindungi data diri, cara ini juga membuatnya tidak tergoda untuk kembali meminjam uangnya.

Beberapa pinjaman online memang meminta kita agar memperbolehkan mengakses foto, kontak, dan beberapa hal lainnya. Padahal, sesuai dengan peraturan yang berlaku, pinjaman online biasanya hanya boleh mengakses kamera, lokasi, dan mikrofon.

Meski demikian, masih ada banyak pinjol yang menyebarkan data kita pada orang-orang terdekat, meneror mereka, sehingga kita jadi malu. Nah, kalau kita sudah sampai di titik itu, kita bisa mencoba untuk menghapus aplikasinya dalam handphone kita.

3.  Fokus cari uang tambahan

Agar bisa lepas dari jerat hutang itu diperlukan pengorbanan. Baik itu menjual aset, atau bekerja lebih keras agar bisa mencari pemasukan tambahan. Kalau kita aja bisa mendapatkan hutang dengan mudah, maka harusnya ada banyak peluang yang ditawarkan oleh teknologi pada kita.

Manfaatkan hal tersebut. Ada banyak peluang yang bisa kita ambil di luaran sana. Terlibat hutang nggak berarti dunia kita runtuh. Pasti masih ada hal yang bisa diusahakan, bukan?

4.  Lunasi hutangnya!

Saat uang sudah mulai terkumpul, telepon ke bagian customer service aplikasi pinjaman online tersebut. Buka negosiasi bahwa kita hanya bisa membayar pokoknya saja. Banyak orang yang mengira cara ini tidak berlaku, tetapi beberapa aplikasi pinjol bisa menyetujui hal ini.

5.  Siapkan mental yang kuat

Nggak hanya mental, tapi juga fisik harus kuat. Sebab, aplikasi pinjol ada yang nekat menyebarkan data kita pada orang-orang. Kita bisa dibuat malu karenanya. Untuk itu, ingatkan pada diri kalau kita sudah mau berubah dan nggak lagi jatuh dalam hutang pinjol lagi.

Kunci buat keluar dari jeratan hutang online adalah dengan niat. Kita harus tahu kalau setiap hal yang terjadi dalam hidup kita ini, kitalah yang bertanggung jawab penuh atasnya. Jadi, putuskan kalau kita nggak mau lagi kena jerat ini.

Apakah kamu memiliki pergumulan dengan kehidupan rumah tanggamu atau masalah hidup lainnya dan rindu pertolongan Tuhan, yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI. https://goo.gl/zUmKAM

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Imada Cahya Septiyaningsih 22 November 2019 - 15:17:29

Anak saya merupakan generasi Alpha. Namun ironisny.. more..

0 Answer

Pransisca Ivana 22 November 2019 - 09:03:00

Mohon bantuan doanya untuk saya kiranya Tuhan berk.. more..

1 Answer

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 3


7267

Banner Mitra November Week 3