Ternyata Siklus Haid Pengaruhi Kondisi Kesehatan Wanita Loh! Begini Prosesnya…
Sumber: Padiahealth.com

Health / 9 October 2019

Kalangan Sendiri

Ternyata Siklus Haid Pengaruhi Kondisi Kesehatan Wanita Loh! Begini Prosesnya…

Lori Official Writer
2948

Bagi wanita, periode haid atau menstruasi adalah masa-masa paling menyakitkan setiap bulannya.

Hal ini terjadi karena biasanya haid akan disertai dengan rasa nyeri perut tak tertahan, stress, moody, sensitif dan malas.

Ya kondisi ini sangat menyebalkan dan mengganggu. Sehingga gak heran kalau berbagai cara dilakukan untuk meredakan gejala haid yang tak tertahan. Misalnya dengan meminum obat pereda nyeri maupun mengkompresnya.

Siklus Haid dan Kesehatan

Untuk diketahui, siklus haid dan kesehatan memang saling terkait dan hal ini harusnya tidak mengejutkan semua kaum perempuan.

Semua yang kita lakukan, mulai dari tidur sampai makan selama haid sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dikutip dari Boldsky.com, Dr Arya Krishnan memaparkan tentang beberapa kaitan siklus haid dengan kesehatan ditentukan oleh beberapa faktor diantaranya:

1. Kebiasaan Makan

Kebiasaan makan berdampak besar pada siklus menstruasi. Caramu makan dan apa yang kamu makan bisa mempengaruhi gejala PMS, dan bahkan mungkin mengganggu siklus haidmu.

Jenis makanan yang kamu konsumsi juga menentukan fungsi dan kinerja proses biologis vital tubuh.

Dengan mempertahankan pola makan yang sehat dan menjalankannya selama periode haid bisa jadi salah satu cara terbaik untuk mencegah gejala stress saat sedang haid.

Sementara pola makan yang gak sehat, seperti makan makanan olahan dan makanan tinggi lemak justru bisa meningkatkan nyeri haid.

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk mencegah nyeri pada siklus haid, diantaranya:

  • Makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi yang bisa menjaga kerja kelenjar tiroid dan leptin dalam tubuh.
  • Hindari makanan tinggi serat.
  • Masukkan makanan dengan lemak sehat karena bisa membantu peningkatan kadar hormon dan ovulasi. Jenis makanan ini bisa didapatkan dari ikan salmon, minyak sayur, kacang kenari dan biji wami.
  • Konsumsi makanan kaya folat seperti brokoli, telur, bit, kacang polong, asparagus, dan sebagainya.
  • Hindari cemilan tak sehat dan juga permen yang manis. Sebaliknya perbanyak makan buah.
  • Hindari makanan pedas yang dapat meningkatkan produksi gas dalam perut.

Selain itu kamu juga bisa mengkonsumsi makanan-makanan sehat selama periode haid, seperti pisang, pepaya, dan semangka.

Mengatur pola makan selama haid sangat penting karena makanan bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

2. Waktu Tidur

Waktu haid, penting sekali untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kurang tidur hanya akan menghambat fungsi tubuh, menganggu siklus haid, dan memperburuk gejalanya.

Dengan rasa nyeri yang hebat dan pendarahan yang banyak, tubuh dan pikiran akan sangat mudah lelah dan membuat aktivitas sehari-hari terganggu.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan stress, sehingga gejala haid akan semakin parah. Waktu tidur yang sehat bisa membantu menenangkan pikiran dan mampu mengelola tingkat stress.

Jadi supaya gejala stress selama haid tidak semakin parah, konsumsilah makanan seperti kiwi, almond, the chamomile, ceri dan sebagainya. Buah-buahan ini bisa membantu meningkatkan kualitas tidur yang pada gilirannya bisa membantu tubuh beristirahat.

Namun jika beberapa diantara kamu memang tipikal penderita insomnia, ada baiknya melakukan beberapa cara untuk lebih mudah tertidur, diantaranya:

  • Mengatur letak kamar tidur senyaman mungkin.
  • Mengubah posisi tidur, dengan menambah atau mengurangi bantal.
  • Hindari kafein beberapa jam sebelum tidur

3. Olahraga

Selama haid, adalah keharusan untuk memaksa tubuh bergerak aktif. Memang kondisi tubuh akan terasa lemah dan malas, tapi paksalah tubuh untuk melawan kemalasan itu.

Olahraga selama masa haid, bukan hanya berguna untuk mengurangi gejala lemas, kelelahan, mual, nyeri dan kram di sekujur tubuh, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh untuk jangka panjang.

Ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan selama masa haid:

  • Jalan santai atau aerobik
  • Latihan kekuatan
  • Peregangan dan keseimbangan  

Baca Juga:

4 Obat Ini Ampuh Redakan Nyeri Haid

Siklus Haid Pendek, Ternyata Lebih Mudah Hamil.

4. Penggunaan Produk Tertentu

Produk kebersihan kewanitaan selalu jadi bahan diskusi. Semisal penggunaan pembalut. Banyak yang kemudian mempertanyakan apakah pembalut baik bagi kesehatan kewanitaan?

Karena itu penting untuk memilih produk menstruasi yang tepat dan nyaman. Namun selain itu, para wanita juga perlu memikirkan dampak penggunaan produk kewanitaan bukan hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi lingkungan. Apakah satu produk lebih aman bagi lingkungan atau tidak? Itu tergantung pada pilihan kita.

Masalah periode haid memang cukup membuat kaum wanita kerepotan. Tapi terimalah hal ini sebagai salah satu anugerah yang Tuhan berikan bagi setiap wanita. Karena selain membentuk kita menjadi wanita yang peduli dengan kesehatan tubuh sendiri, Tuhan juga mempercayakan setiap wanita mengalaminya untuk tujuan yang Ia tetapkan bagi dunia.

Sumber : Boldsky.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami