Buat Kamu Yang Kerja Kantoran, Gini Lho Buat Pertahanin Pola Hidup Sehat Yang Efisien

Health / 9 October 2019

Kalangan Sendiri

Buat Kamu Yang Kerja Kantoran, Gini Lho Buat Pertahanin Pola Hidup Sehat Yang Efisien

Inta Official Writer
1689

Seperti yang kita tahu, pekerjaan kita ini memang menuntut lebih banyak waktu yang dihabiskan di tempat duduk. Kadang, saking sibuknya, kita sampai lupa kapan terakhir beranjak dari tempat duduk. Padahal, duduk di depan komputer dalam kurun waktu yang lama itu nggak baik buat kesehatan.

Ada banyak penyakit yang bisa timbul karena kebiasaan kebanyakan duduk. Sebut aja diabetes, jantung, hipertensi, atau yang lainnya. Terlalu banyak duduk juga mengakibatkan metabolisme tubuh kita melambat selama 90 persen setiap kali duduk lebih dari 30 menit. Nah kalau duduknya lebih dari dua jam, kolesterol baik dalam tubuh akan berkurang selama 20 persen.

Sehatnya, kita ambil jeda untuk berdiri setelah minimal satu jam duduk. Ada banyak hal kok yang bisa bikin kita beranjak dari tempat duduk. Misalnya untuk mengambil air, menyapa rekan kerja, atau pergi ke toilet.

Kalau saya sendiri, sangat suka mengingatkan diri agar rajin minum. Alasannya, selain bisa sekalian jalan-jalan ke pantry, banyak minum juga sering bikin kita pergi ke kamar mandi secara berkala. Bukankah cara ini merupakan cara alami untuk meminta tubuh kita beranjak dari kursi?

Nah, biar kesehatan kita lebih terjaga, yuk lakukan beberapa hal sehat dan murah berikut.

1.  Jaga pola makan kita

Nah sekali lagi nih, kesibukan sering bikin kita absen dari makan siang. Padahal, ada sebuah kutipan yang mengatakan kalau kita adalah apa yang kita makan. Jadi, apa yang masuk ke dalam tubuh kita itu punya pengaruh yang besar buat kondisi fisik kita.

Makanan yang bergizi itu nggak mesti empat sehat lima sempurna, kok. Cukup bawa bekal dari rumah. Sebab, bekal dari rumah lebih terjaga kebersihan dan bahan-bahan yang digunakannya. Kadang, saking pengin praktisnya, kita jadi sering banget makan yang banyak kolesterol kayak nasi padang dan kawan-kawannya. Sesekali sih mungkin gapapa, tapi kalau keseringan, bisa bahaya juga buat tubuh, kan?

2.  Rutin minum air putih

Saat berada dalam sebuah wawancara, saya bertanya pada narasumber soal bagaimana membuatnya tetap punya inspirasi, padahal kerjanya terus berada dalam ruangan selama lebih dari 8 jam. Menurut narasumber ini, air putih merupakan salah satu caranya.

Selain sehat, air putih juga memberikan jeda pada diri kita untuk melihat ke arah lain. Dibandingkan dengan minuman yang punya kadar gula, air putih jauh lebih hemat. Kita boleh kok sesekali minum-minuman manis, tapi, ingat kalau air putih juga wajib ada di meja kerja, yaa.

Selain itu, catatan juga buat kita yang hobi banget ngopi. Coba batasi jumlah kafein kita, sehingga setelah pulang kerja nanti, kita nggak punya masalah terhadap pola tidur karena kebiasaan ini.

3.  Melakukan lebih banyak gerak

Udah lupa minum, pola makan nggak terjaga, kita juga betah banget berlama-lama di kursi. Nah ini nih yang bikin penyakit. Ada banyak banget lho penyakit yang berbahaya kalau kita kurang gerak. Sesekali, coba deh berdiri, melakukan peregangan dan menggerak-gerakkan badan secukupnya.

Selain tubuh jadi lebih rileks, cara ini juga bikin mata kita beristirahat dari layar komputer. Di internet juga banyak kok yang menyuguhkan soal bagaimana cara berolahraga dengan mudah di ruang kerja. Jadi, jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan kita buat nggak berolahraga, ya.

4. Gunakan teknologi untuk mendapatkan pola hidup yang waras

Enaknya jaman sekarang ini, ada banyak banget hal yang bisa menunjang pola hidup sehat. Salah satunya adalah aplikasi yang mengingatkan kita untuk beristirahat, mengukur jumlah kalori yang masuk ke tubuh, atau hal lainnya.

Bahkan, ada juga jam tangan yang bisa menghitung berapa banyak langkah kaki yang kita lakukan sepanjang hari ini. Beberapa aplikasi juga memberikan kemudahan buat kita untuk berolahraga dengan mudah. Nah tinggal kitanya aja nih, mau pakai teknologi ini dengan cara yang seperti apa.

Kira-kira, apa lagi ya yang harus ditambahkan, ya? Intinya, kita nggak boleh lupa kalau selain bekerja, kita juga harus bisa menikmati hasil pekerjaan tersebut.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami