Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
358


Membuat keputusan untuk anak adalah hal yang sangat penting. Siapapun orangtua pasti mengerti akan hal ini, ketika anak kamu mengalami sesuatu yang ngak kamu inginkan.  Entah itu, sakit parah, cacat, memiliki kebutuhan khusus, atau sedang berjuang terhadap sesuatu yang sulit seperti kanker dan lain sebagainya.

Nggak cuma dia, kita pun sebagai orangtua sangatlah terluka, dan bukan hal yang mudah untuk menerima ini bukan? Mau nggak mau, kamu harus berhadapan dengan situasi ini, kamu harus mengadapi perjuangan dan konsekuensi yang sedang dialami anakmu. Sebagai orangtua, tentu tidak mudah untuk membuat keputusan, apapun itu.

Namun, bagaimana pun, apapun itu situasi dan kondisimu, nggak bisa disangkal bahwa sekarang ini, kita sedang menyaksikan perjuangan anak kita, dan meskipun kita nggak selalu bisa mengubah situasi, mau nggak mau kamu harus terus berjuang dan kuat menghadapi pertempuran ini, karena jika bukan kamu, lantas mau siapa lagi?

Ingat, ketika kamu kuat, maka anak-anakmu pun akan mengalami hal yang sama. Mereka akan semangat karena melihatmu semangat juga.

Jadi, inilah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu tetap semangat dan kuat dalam menjalani kehidupan ini :

1. Renungkanlah Firman Allah

Mungkin kamu memiliki anak yang sedang sakit kanker, sudah ke dokter tapi malah mendapatkan hasil yang buruk. Hari demi hari, minggu demi minggu anak kamu harus melewati kemoterapi. Yang tadinya rambutnya cantik dan lebat, kini berubah menjadi botak.

Jangankan kamu yang melihatnya, tapi anakmu sendiri pun sangat sulit menerima dan melihatnya.

BACA JUGA : Bantu Anak-anakmu Untuk Melarikan Dari Paparan Pornografi Yuk! Begini Caranya

Hanya bagaimana lagi, yang namanya proses kan harus kita lewati, kita tidak mungkin lagi dari kebenaran yang ada, justru kita harus kuat, dan salah satunya adalah dengan merenungkan firman Tuhan dan memperkatakan kesembuhan melalui firman itu untuk putrimu.

Tidak perlu takut karena pikiran takut hanya akan membuat kamu menjadi orang yang lemah dan iblis akan mengintimidasimu, membuatmu kuatir dan itu akan membuat putri pun berhenti untuk berharap.

Mending renungkanlah janji Tuhan, yaitu FirmanNya  dengan cara sengaja memfokuskan diri kamu kepada kebenaran dan akan memberimu harapan dan kedamaian untuk terus berjalan.

2. Ekspresikan emosi kamu

Sangat penting untuk mengekspresikan emosi. Jika kamu melulu menahan emosimu, maka itu akan menumpuk dan lama kelamaan akan meledak dan itu akan sangat parah sekali.

Tapi ingat untuk mengeluarkan emosimu di situasi yang seharusnya dan jangan sembarangan untuk mengeluarkan emosimu ya, karena itu bisa mempengaruhi orang lain juga.

Kamu bisa menemui penasihat atau konseling untuk membantumu menyadri bahwa kamu itu perlu waktu untuk menikmati emosi-emosi tersebut. Meskipun itu sulit, sedih, frustasi dan bikin otak serta tubuh kamu lesu, yang jelas itulah cara Tuhan membuat kamu terhubung dengannya.

Cobalah untuk menyerahkan semuanya kepada Tuhan, dan jangan terlalu kuatir tentang apa yang harus kamu lakukan, dan jangan menilai dirimu sendiri bereaksi berlebihan tentang emosimu, tapi berdoalah jika kamu benar-benar mengalami kesedihan.

Percayalah bahwa Tuhan sedang berusaha menyelesaikan sesuatu dalam diri kamu dan membantu kamu untuk sembuh dari peristiwa masa lalu dan mengubah pemikiran kamu saat ini menjadi pemikiranNya.

3. Berjuang dan istrahatlah

Petarungan dan masa istrahat mungkin terdengar seperti hal yang bertentangan, tapi itu benar-benar bekerja dalam harmoni yang indah secara bersamaan.

Ada saat-saat dimana kamu mungkin perlu berjuang untuk anak-anak kamu ketika dalam masa perawatan medis mereka.

Tapi di lain waktu, satu-satunya hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kekuatan kamu adalah berlutut di dalam doa, dan menunggu terobosan yang akan membutuhkan waktu.

Nggak peduli seperti apa perjuangan kalian saat ini, tapi penting untuk ingat Efesus 6:12-13 ,"Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu."

Meskipun kenyataannya kamu bergumul dalam fisik, dan dunia nyata, tapi kamu juga perlu bergumul dan berperang dalam roh, supaya kesembuhan terjadi bagi anakmu dan mukjizat Tuhan menjadi nyata.

Itulah 3 respon yang bisa kamu lakukan untuk dirimu sendiri. Tetaplah kuatkan dirimu, apapun yang terjadi, dan teruslah berdoa buat anakmu. Tuhan Yesus memberkati ya!

Sumber : ibelieve/ jawabancom

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7262

Banner Mitra Desember week 2