Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
983


Sebagai orang Kristen, kita pasti nggak asing sama yang namanya pendeta alias orang yang dikenal luas sebagai pemimpin gereja. Pendeta seringkali dijadikan panutan oleh para jemaatnya untuk hidup mengikuti seperti Yesus itu sendiri.

Tapi, bagaimana kalau pendeta hidup tidak sederhana seperti Yesus? Bersama dengan JC Channel kali ini, kita akan membahas soal boleh atau tidaknya pendeta itu kaya. Kalau menurut kamu sendiri, boleh gak sih pendeta itu kaya?

Gaya hidup seseorang sering menjadi sorotan netizen yang paling kita temui, terlebih di jaman yang serba digital sekarang ini. Kalau misalnya kondisi pendeta gereja kita yang menjadi sorotan masyarakat karena gaya hidupnya yang wah, itu gimana tanggapan Alkitab ya?

Kita pasti tahu kalau pendeta itu biasanya dikenal karena isi khotbahnya. Namun, pada beberapa kasus, ada pula pendeta yang menjadi sorotan karena gaya alias stylenya, lho. Bersama dengan Ps. Thomas Endang yang merupakan Senior Pastor di Gereja GKPB MDC Lippo Cikarang, yuk kita membahas soal boleh atau tidaknya pendeta itu kaya.

Luruskan mengenai apa yang kita maksud dengan kaya

"Saya ingin jelaskan dulu, bolehkah pendeta kaya berbeda dengan memperkaya diri, ya," tekan Pastor Thomas. Ia menjelaskan kalau kaya dengan memperkaya diri merupakan dua hal yang sangat berbeda. "Memperkaya diri, ada unsur kesengajaan."

Kita harus mengerti bahwa sebagai manusia, pendeta juga pasti menginginkan satu hidup yang diberkati oleh Tuhan. Seperti yang dikatakan dalam Firman Tuhan. Jadi dalam Alkitab, kita tahu bahwa hamba Tuhan itu dibuat menjadi kaya, bukan untuk memperkaya dirinya.

Ada satu ayat yang menjelaskan mengenai hal ini, yaitu tertulis dalam Amsal 10:22, "Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya."

Kalau kita menemukan pendeta yang kaya, maka sebaiknya kita nggak perlu iri pada mereka. Karena anugerah Tuhan ada bagi orang itu.

Kenapa ada pendeta yang tidak menyumbangkan barang mewahnya untuk para jemaat?

Pendeta sebagai contoh bagi jemaatnya, kita pasti berpikir, kalau ada pendeta yang menggunakan barang-barang mewah, sementara masih ada jemaat yang masih kekurangan. Apakah hal ini kemudian membenarkan kalau pendeta itu nggak boleh kaya?

Sekali lagi, Pastor Thomas mengingatkan kita untuk tidak iri dengan orang lain, termasuk dengan pendeta kita sendiri. Kalau ada pendeta yang pakai barang branded, dengan jam yang harganya puluhan juta, mobil sport milyaran, sepatu, dengan dandanan yang mahal, ya kita nggak boleh iri dengan mereka. Sebab Alkitab mengatakan demikian.

Dalam kondisi tersebut, kalau ada orang yang mengatakan, kenapa uangnya tidak disumbangkan saja? "Kalau hal itu, saya katakan, itu berkat bagi pendeta itu sendiri dan saya bangga dengan pendeta itu. Karena pendeta itu bisa pakai barang bagus, bisa pakai baju bagus, mobil bagus, dia mendapatkan anugerah dari Tuhan," jelas Pastor Thomas.

Pesan Pastor Thomas mengenai hal ini adalah agar kita tidak iri hati atau menghakimi. Apalagi hamba Tuhan adalah biji mata Tuhan. Kita harusnya bersyukur saat melihat ada hamba-hamba Tuhan yang diberkati kehidupannya. "Saya percaya, mereka pun diberkati pasti menjadi berkat dengan cara mereka sendiri," tutup Pastor Thomas.

Nah buat kamu yang mau nonton video lengkapnya, boleh langsung klik gambar di atas yaa..

 

Sumber : JC CHANNEL


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Herdiansyah channel 26 February 2020 - 16:36:04

kecil tapi dahsyat?

0 Answer

Lindha 25 February 2020 - 23:53:55

Para gembala diundang Yesus untuk mewakili

0 Answer

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

1 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (3)