Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
885


Jujur saja, sebagai orang Kristen kita suka lupa dengan penolong yang dijanjikan Yesus bagi kita.

Kita bahkan suka lupa siap Dia dan apa fungsinya dalam diri kita.

Allah itu Tritunggal. Yang terdiri dari Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. Semua sifat ilahi Allah dan Yesus ada di dalam Roh Kudus.

Waktu kita percaya Yesus, Allah bergerak dalam diri kita dalam pribadi Roh Kudus, dimana Dialah pembimbing pikiran, hati dan kehendak kita.

Siapa itu Roh Kudus?

Roh Kudus adalah hadiah yang diberikan Allah bagi hidup orang-orang yang percaya di dalam Yesus. Dia bekerja untuk membentuk karakter Allah dalam hidup orang percaya dengan cara yang gak bisa kita lakukan sendiri.

Kita bisa merasakan pekerjaan Roh Kudus ketika kita membangun doa. Bapa dan Yesus Kristus, Anak Allah, sendiri hadir saat kita menutup mata kita dan menghubungkan hati kita ke surga. Walaupun, Yesus Imam Besar kita adalah  alasan kita masuk surga, bukan berarti Roh Kudus dianggap gak penting.

Apa Tugas Roh Kudus?

Roh Kudus membantu kita dalam kelemahan kita. Waktu kita gak tahu gimana harus berdoa, Roh Kudus lah yang jadi perantara buat melalui tangisan kita. Dia mencari hati kita (Roma 8: 26-27).

Roh Kudus bukan hanya memberi kita akses untuk terkoneksi kepada Allah melalui iman, tapi Dia juga berdoa untuk kita!

Roh Kudus berdoa syafaat untuk kita. Doa syafaat itu sendiri adalah sikap bertindak untuk orang lain. Jadi, Roh Kudus lah yang melakukannya untuk kita.

Soal fungsi Roh Kudus, Rasul Paulus juga menyampaikan hal itu dalam Roma 8. Dia menyampaikan bahwa ada 6 cara kita mengalami bagaimana Roh Kudus bekerja dalam diri kita.

1. Roh Kudus berdoa dengan kuasa yang kita gak punya.

“Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita..” (Roma 8: 26)

Roh Kudus akan membantu kita di tengah kelemahan kita. Saat kita mulai lelah, Roh Kudus akan memberi kekuatan yang kita butuhkan.

2. Roh Kudus mentransfer hikmat ilahi

“..sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.” (Roma 8: 26)

Pernah gak kamu merasa gak tahu apa yang sedang kamu lakukan?

Ada masa saat hidup kita benar-benar kacau dan bahkan gak punya kata-kata yang bisa diucapkan. Di tengah masa-masa inilah Roh Kudus membisikkan hikmat atas kita.

3. Roh Kudus berbisik lembut dengan penuh kasih

“Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.” (Roma 8: 1)

Ada saatnya pikiran kita dipenuhi dengan hal-hal negatif dan yang paling jahat sekalipun. Tapi Roh Kudus tidak akan pernah menghakimi kita. Sebaliknya Dia bertindak lembut untuk menginsafkan kita.

4. Roh Kudus menyambung koneksi kitayang terputus dengan Allah

“Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus?” (Roma 8: 35)

Sebagai bagian dari Tritunggal, Roh Kuduslah yang mengingatkan kita untuk kembali kepada Allah setiap kali kita kehilangan arah. Karena itulah gak akan ada yang bisa memisahkan kita dari Bapa karena Roh Kudus ada bersama kita.

Baca Juga: Gagal Bunuh Diri Karena Ketemu Tuhan, Begini Kisah Aktris Cantik Ini Terima Yesus

5. Roh Kudus mengingatkan soal kehendak Allah

 “Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus.” (Roma 8: 27)

Siapa yang lebih tahu isi hati Tuhan dan kehendak-Nya? Hanya Roh Kudus. Karena itulah Roh Kudus akan selalu mengingatkan kita bahwa Allah itu pengasih dan bahwa setiap rancangannya atas kita akan berujung indah.

6. Roh Kudus memeluk kita dengan kasih

“Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Roma 8: 38-39)

Roh Kudus gak sekalipun meninggalkan kita. Dia begitu mengasihi kita. Dengan kasihnya yang besar inilah Roh Kudus berkomunikasi dengan Allah Bapa atas nama kita.

Waktu kita mengalami kekeringan dan kekosongan, kita pasti gak tahu harus berbuat apa. Tapi Roh Kudus tahu apa yang kita butuhkan. Karena itu, jangan pernah melupakan-Nya karena Dia gak sekali-kali meninggalkan kita.

Sumber : Crosswalk.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7268

Banner Mitra Oktober Week 3