Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
756


Liburan adalah hal yang sangat menyenangkan. Banyak orang yang menyediakan waktu mereka untuk menikmati hari libur.

Jika kamu belum punya daftar tempat yang harus dikunjungi, catat saja provinsi Jawa Timur dalam daftar liburanmu. Jawa Timur kaya akan destinasi wisatanya. Mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner hingga wisata edukasi.

Berbicara mengenai tempat wisata di Jawa Timur, Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu wilayah yang layak menjadi salah satu tempat untuk berlibur. Kondisi topografi Bojonegoro didominasi oleh perbukitan di bagian selatan dan utara, serta dataran rendah di sepanjang aliran sungai Bengawan Solo.

Kondisi geografis yang sedemikian rupa menyebabkan Kabupaten Bojonegoro memiliki panorama alam yang indah. Tak hanya itu, di Bojonegoro terdapat beebrapa wisata edukasi yang bisa kamu kunjungi dan pastinya sangat menyenangkan. Berikut 5 wisata edukasi di Bojonegoro yang bisa kamu coba.

1. Teksas Wonocolo

Wisata edukasi Teksas Wonocolo terletak di Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Destinasi wisata ini bertema minyak bumi. Berada di antara sumur-sumur minyak yang dikelola secara tradisional dan melihat langsung penambangan minyak secara eksotis.

Di wisata edukasi ini terdapat rumah singgah yang menjadi learning center tentang minyak dan cara eksploitasi di Wonocolo. Dengan dilengkapi miniatur lokasi Wonocolo dan gambaran proses penambangan, dokumentasi sejarah hingga fosil-fosil hewan di masa lampau.

Selain itu juga terdapat wisata adventure menggunakan Jeep di seputar kawasan ini.

2. Rendeng, Pusat Kerajinan Gerabah Malo

Rendeng, salah satu desa yang terletak di sebelah selatan Kecamatan Malo. Desa ini merupakan tempat yang cocok sebagai salah satu destinasi wisata edukasi pembuatan gerabah yang sudah di jalankan oleh masyarakatnya secara turun temurun.

Saat kamu mengunjungi tempat ini, pertama kali masuk kamu akan disambut oleh macam-macam aneka binantang yang terbuat dari gerbah. Mulai dai singa, harimau, sapi, zebra, monyet dan binatang lainnya.

Jadi tak heran jika banyak orang yang menyebut Desa Rendeng sebagai kebun binatangnya Bojonegoro. Ada banyak yang bisa dilakukan di wisata ini. Selain berlibur atau menikmati suasana desa, rombongan diajak bermain dan belajar pembuatan gerabah.

3. Agroguna Bojonegoro

Ingin memetik aneka ragam sayuran dan buah-buahan segar? Tak usah bingung, kamu bisa datang langsung ke Agrowisata Agroguna. Wisata edukasi ini menawarkan petik sayur dan buah.

Berbagai varietas sayur baru ada di Agroguna seperti butternut squash, okra merah, okra hijau, kacang panjang merah, kailan, dan selada. Sayur mayur di kebun Agroguna berbasis non pestisida kimia, sehingga aman dan sehat untuk dikonsumsi. Agroguna banyak dikunjungi anak sekolah untuk belajar mengenal dan budidaya sayur dan buah.

Para pengunjung akan dimanjakan dengan suasana alam yang sejuk dan nyaman. Pengunjung juga dapat menikmati dan berkeliling kebun sayur dengan dipandu pemandu.

4. Wisata Edukasi Mojodeso

Wisata Edukasi Mojodeso terletak di Desa Mojodeso, Kecamatan, Kapas, Bojonegoro. Wisata ini menwarkan sejumlah edukasi dan kuliner yang tentunya akan menambah wawasan pengunjung.

Di obyek wisata yang terletak di timur kota Bojonegoro ini, pengunjung akan diajak berkeliling desa dengan bersepeda di pagi hari menikmati udara segar sambil belajar tentang pengelolaan lingkungan.

Mulai dari melihat pengrajin daur ulang sampah, pembuatan biopori, belajar menanam padi, dan melukis topeng. Selain itu, pada siang harinya pengunjung akan dimanjakan dengan kuliner ala dasa dan pulang mendapat topeng sebagai souvenir.

5. Wisata Edukasi Batik Bojonegoro

Wisata edukasi batik Bojonegoro ini sangat sederhana sekali. Wisata edukasi tersebut mengajak warga sekitar dan pengunjung yang datang untuk mengenal lebih dekat proses pembuatan batik yang dikemas melalu aktivitas 3B (Bermain, Belajar, dan Berekreasi).

Jadi pengunjung akan merasa lebih seru, senang dan ceria saat diajari proses membuat batik. Cobain gih!

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer

BaiqNur Afriliani 8 December 2019 - 12:19:17

Komunikasi lebih dari sekedar kata-kata. Jelaskan .. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7261

advertise with us