Ini Alasan Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Ampuh Cegah Flu Daripada Handsanitizer
Sumber: galamedia

Health / 28 February 2022

Kalangan Sendiri

Ini Alasan Cuci Tangan Pakai Sabun Lebih Ampuh Cegah Flu Daripada Handsanitizer

Lori Official Writer
3410

Belakangan ini musim flu sedang merajalela. Teman serumah bahkan sekantor harus berjuang menahan perihnya flu yang disertai batuk.

Dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan, para peneliti menyampaikan bahwa etanol atau bahan aktif dalam cairan pembersih tangan ternyata gak ampuh membunuh kuman penyebab flu.

Karena itu, untuk lebih menjaga keamanan tangan dari kuman penyakit sangat disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun.

Hal ini, kata Dr Ryohei Hirose, terjadi karena efektivitas etanol dalam handsanitizer bisa berkurang dan menyebabkan kuman tidak tuntas terbunuh. Tapi jika ingin manfaatnya lebih maksimal, diharapkan bisa memakai handsanitizer selama minimal empat menit mengusapnya ke telapak tangan.

 

Baca Juga: 

Jangan Remehkan Cuci Tangan

 

Sering Dianggap Praktis, Yuk Kenali Bahaya Dari Hand Sanitizer

 

Kenapa harus empat menit?

Para peneliti menyimpulkan bahwa virus influenza A tetap akan menular dalam lendir basah bahkan setelah terpapar desinfektan berbasis etanol selama 2 menit. Untuk mematikan kuman itu, dibutuhkan waktu sekitar empat menit untuk terpapar disinfektan.

Apakah cara ini efektif dalam semua kasus flu?

Belum tentu. Dr. William Schaffner, seorang profesor penyakit menular dari Universitas Vanderbitt di Tennessee, menyampaikan bahwa dalam banyak kasus, lendir flu yang mengandung virus hanya meninggalkan jejak virus di titik-titik tertentu.

“Misalkan pasangan kita atau anak kecil terkena flu.Hidung anak itu akan berlendir dan Anda juga akan terjangkit. Atau Anda akan membersihkan hidungnya dengan tisu bekas,” katanya.

Dia melanjutkan, saat seseorang bersin dan menahannya dengan tangan. Akan lebih baik untuk membersihkan tangan dengan etanol selama empat menit atau mencuci tangan dengan sabun.

“Dari sudut pandang teori transfer massa, kami sudah memperkirakan kalau virus dalam lendir akan agak resisten terhadap desinfektan alkohol. Tapi, kami menemukan bahwa efek perlindungan lendir lebih kuart dari yang diharapkan dan mungkin ada ruang untuk perbaikan dalam pedoman kebersihan tangan saat ini,” katanya.

Dan setelah dilakukan uji coba, ditemukan bahwa mencuci yangan lebih efektif dari cara apapun. Jadi mencuci tangan adalah cara yang efektif untuk mencegah menularan virus dan bakteri.

 

Baca Juga:

5 Mitos yang Dipercaya Penyebab Flu

 

10 Jurus Tangkal Flu dan Dingin di Musim Hujan

 

Meski begitu, Hirose menyarankan untuk tetap memakai handsanitizer jika memang mencuci tangan agak sulit dilakukan. “Tujuan utama menggosok yangan adalah untuk menyebarkan cairan desinfektan ke seluruh tangan atau jari. Namun, menggosok tangan bisa bermanfaat untuk mengatasi penyebaran virus. Kami sedang memverifikasi signifikansi ilmiah dari tindakan menggosok tangan, termasuk metode menggosok tangan,” kata Hirose.

Kabar baiknya adalah perkumpulan para dokter dari berbagai negara akan berkumpul di Washington D.C selama minggu terakhir bulan September 2019 ini untuk membahas cara pencegahan penyebaran flu ke depan.

Sementara itu, bagi yang sedang menghadapi serangan flu sangat disarankan untuk melakukan beberapa langkah penyembuhan ini.

1. Ambil waktu istirahat yang cukup

Saat sedang flu, yang dibutuhkan penderita adalah istirahat yang cukup. Karena gejela flu bisa beragam, mulai dari pusing, demam dan juga bersin. Jadi akan lebih efektif jika memilih untuk istirahat saja.

2. Minum banyak air hangat

Pastikan untuk minum air hangat yang banyak. Tapi Anda juga bisa minum jus buah, sup kaldu atau juga minuman berion.

3. Minum obat pereda flu

Saat flu disertai demam tinggi, akan lebih baik mengkonsumsi obat pereda demam atau flu. Misalnya acetaminophen, ibuprofen, atau naproxen.

4. Mandi uap atau air hangat

Berendam di air beruap atau air hangat akan sangat baik untuk meredakan nyeri karena flu maupun melegakan tenggorokan yang sedang diserang bakteri.

Jadi, sediakan air hangat di dalam bath mandimu, lalu berendamlah di sana.

 

Baca Juga:

Benar Gak Sih Hand Sanitizer Bisa Bikin Alergi Kulit?

 

Indonesia Positif Virus Corona, Ngga Perlu Panik. Cukup Lakukan Hal Ini!

 

5. Pakai obat tetes hidung

Saat dalam keadaan flu berat, hidung akan terasa mampet dan seolah saluran pernapasan terblokir. Tentunya kondisi ini akan membuat penderita tersiksa. Nah, untuk lebih memperingan saluran pernapasan, pakailah obat tetes hidung. Anda juga bisa mencoba inhaler kalau mau.

Buat Anda yang sekarang lagi flu batuk, semoga cepat sembuh ya. Ambil istirahat yang banyak supaya vitalitas tubuh kembali lagi normal.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami