Buat Kamu Yang Menyimpan Amarah dan Kesedihan Mendalam Dibalik Senyummu, Ketahuilah Ini!

Kata Alkitab / 21 September 2019

Kalangan Sendiri

Buat Kamu Yang Menyimpan Amarah dan Kesedihan Mendalam Dibalik Senyummu, Ketahuilah Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
3190

Apakah kamu pernah denger tentang istilah gaslighting?  Buat yang belum tahu,  gaslighting itu adalah bentuk kekerasan mental yang dilakukan oleh orang lain untuk memengaruhi rasa percaya dirimu atau mungkin membuatmu mempertanyakan kemampuanmu sendiri.

Gaslighting ini bisa disebut sebagai pelecehan secara emosional juga, yang dimana satu orang secara bertahap memanipulasi orang lain dengan tujuan supaya bisa mengontrolnya.

Nah, hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pasangan, teman hingga atasan di kantor. Seseorang yang mengalami gaslighting ini, biasanya akan mengalami kecemasan, depresi, mengalami gangguan saraf, bahkan hingga mempertahankan kewarasannya sendiri.

Sementara pelakunya, dia akan terlihat sempurna dan terlihat peduli, padahal secara perlahan dia akan memanipulasi korban mereka.

Sekarang, apakah kamu pernah mengalami korban seperti ini? Apakah kamu pernah dimanipulasi oleh orang lain sehingga membuatmu menyalahkan dirimu sendiri, kamu menjadi begitu sensitif, kamu mulai mencaci dirimu sendiri dan mencakar dirimu sendiri.

Nah, kalau kamu pernah mengalami hal ini, inilah caranya untuk kamu menanggapinya :

1. Mintalah bantuan dari Tuhan supaya menunjukkan kebenaranNya

Mintalah bantuan dari Tuhan supaya kamu bisa membedakan mana yang baik dan mana yang nggak. Kamu tidak bisa berjuang sendiri, memikirkan apa yang orang katakan dan terus menerus menahan diri dari amarah dan berpura-pura.

2. Bersikap lembutlah terhadap dirimu sendiri

Mungkin sudah bertahun-tahun lamanya kamu menyalahkan dirimu sendiri, karena merasa bodoh, dan kamu menjadi begitu bingung dengan kekacauan emosimu.

Ketahuilah bahwa kamu nggak akan bisa sembuh jika kamu melulu menilai dan menyalahkan dirimu sendiri. Tuhan itu memang baik, dia ramah, penyayang, rendah hati, lembut dan jujur, Dia duduk di atas takhta kasih karunia kita.  Jika ada orang yang mengucapkan intimidasi dan kebohongan atau kutukan serta memutarbalikkan kata-kata tentangmu, maka mohonlah supaya Tuhan membantu kamu mempercayai kebenaranNya dan berjalan dalam terangnya. Kamu nggak bodoh atau naif, kamu itu berharga. Bersikap lemah dan lembutlah kepada dirimu sendiri, kasihilah dirimu dan jangan terlalu mengurai pelecehan emosional yang mungkin kamu hadapi.

BACA JUGA :

Jangan Kendor Imanmu, Tapi Biarlah Kesakitanmu Memuliakan Tuhan Sampai Akhirnya!

3. Tetaplah melatih dirimu untuk lebih percaya diri

Jika kamu pernah menonton film Runaway Bride, kamu akan melihat adegan karakter Julia Robert dimana dia akhirnya memutuskan untuk mencari tahu telur seperti apa yang sebenarnya dia sukai. Selama ini, dia cuma menyukai apapun yang disukai oleh pasangannya, akhirnya dia pun memutuskan untuk pergi ke restoran an memesan berbagai jenis telur dan meluangkan waktu untuk mencari tahu jenis apa yang sebenarnya dia sukai. Sehingga dia menemukan telur yang benar-benar dia sukai.

4. Ampunilah mereka yang menyakiti kamu

Entah itu pasangan, orangtua, saudara kandung, atau seseorang yang kamu percaya, siapapun mereka yang menyakiti dan memanipulasi kamu, dan kamu baru menyadarinya sekarang, maka ampunilah mereka.

Mungkin awalnya sakit , dan kamu akan sedih sekali, that ok, take your time. Tapi belajarlah untuk tetap mengampuninya, belajarlah untuk memaafkan ibu yang mungkin tidak menjadi ibu. Mintalah bimbingan Tuhan dan bantuan beberapa konselor atau kakak rohani untuk membantu kamu gimana caranya menghadapi kenyataan dan kepedihan ini.

Menjadi gaslighting seperti ini memang kadang sangat menyakitkan, tapi kamu bukanlah satu-satunya orang yang pernah melewati ini, kamu pasti bisa menghadapinya, kamu akan sembuh dan mampu menghadapi semuanya. Teruslah berfokus kepada kebenaran firman Allah dan kebenarannya. Saya yakin bahwa kamu bisa!

 

 

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami