Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
1080


Apakah kamu pernah denger tentang istilah gaslighting?  Buat yang belum tahu,  gaslighting itu adalah bentuk kekerasan mental yang dilakukan oleh orang lain untuk memengaruhi rasa percaya dirimu atau mungkin membuatmu mempertanyakan kemampuanmu sendiri.

Gaslighting ini bisa disebut sebagai pelecehan secara emosional juga, yang dimana satu orang secara bertahap memanipulasi orang lain dengan tujuan supaya bisa mengontrolnya.

Nah, hal ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pasangan, teman hingga atasan di kantor. Seseorang yang mengalami gaslighting ini, biasanya akan mengalami kecemasan, depresi, mengalami gangguan saraf, bahkan hingga mempertahankan kewarasannya sendiri.

Sementara pelakunya, dia akan terlihat sempurna dan terlihat peduli, padahal secara perlahan dia akan memanipulasi korban mereka.

Sekarang, apakah kamu pernah mengalami korban seperti ini? Apakah kamu pernah dimanipulasi oleh orang lain sehingga membuatmu menyalahkan dirimu sendiri, kamu menjadi begitu sensitif, kamu mulai mencaci dirimu sendiri dan mencakar dirimu sendiri.

Nah, kalau kamu pernah mengalami hal ini, inilah caranya untuk kamu menanggapinya :

1. Mintalah bantuan dari Tuhan supaya menunjukkan kebenaranNya

Mintalah bantuan dari Tuhan supaya kamu bisa membedakan mana yang baik dan mana yang nggak. Kamu tidak bisa berjuang sendiri, memikirkan apa yang orang katakan dan terus menerus menahan diri dari amarah dan berpura-pura.

2. Bersikap lembutlah terhadap dirimu sendiri

Mungkin sudah bertahun-tahun lamanya kamu menyalahkan dirimu sendiri, karena merasa bodoh, dan kamu menjadi begitu bingung dengan kekacauan emosimu.

Ketahuilah bahwa kamu nggak akan bisa sembuh jika kamu melulu menilai dan menyalahkan dirimu sendiri. Tuhan itu memang baik, dia ramah, penyayang, rendah hati, lembut dan jujur, Dia duduk di atas takhta kasih karunia kita.  Jika ada orang yang mengucapkan intimidasi dan kebohongan atau kutukan serta memutarbalikkan kata-kata tentangmu, maka mohonlah supaya Tuhan membantu kamu mempercayai kebenaranNya dan berjalan dalam terangnya. Kamu nggak bodoh atau naif, kamu itu berharga. Bersikap lemah dan lembutlah kepada dirimu sendiri, kasihilah dirimu dan jangan terlalu mengurai pelecehan emosional yang mungkin kamu hadapi.

BACA JUGA :

Jangan Kendor Imanmu, Tapi Biarlah Kesakitanmu Memuliakan Tuhan Sampai Akhirnya!

3. Tetaplah melatih dirimu untuk lebih percaya diri

Jika kamu pernah menonton film Runaway Bride, kamu akan melihat adegan karakter Julia Robert dimana dia akhirnya memutuskan untuk mencari tahu telur seperti apa yang sebenarnya dia sukai. Selama ini, dia cuma menyukai apapun yang disukai oleh pasangannya, akhirnya dia pun memutuskan untuk pergi ke restoran an memesan berbagai jenis telur dan meluangkan waktu untuk mencari tahu jenis apa yang sebenarnya dia sukai. Sehingga dia menemukan telur yang benar-benar dia sukai.

4. Ampunilah mereka yang menyakiti kamu

Entah itu pasangan, orangtua, saudara kandung, atau seseorang yang kamu percaya, siapapun mereka yang menyakiti dan memanipulasi kamu, dan kamu baru menyadarinya sekarang, maka ampunilah mereka.

Mungkin awalnya sakit , dan kamu akan sedih sekali, that ok, take your time. Tapi belajarlah untuk tetap mengampuninya, belajarlah untuk memaafkan ibu yang mungkin tidak menjadi ibu. Mintalah bimbingan Tuhan dan bantuan beberapa konselor atau kakak rohani untuk membantu kamu gimana caranya menghadapi kenyataan dan kepedihan ini.

Menjadi gaslighting seperti ini memang kadang sangat menyakitkan, tapi kamu bukanlah satu-satunya orang yang pernah melewati ini, kamu pasti bisa menghadapinya, kamu akan sembuh dan mampu menghadapi semuanya. Teruslah berfokus kepada kebenaran firman Allah dan kebenarannya. Saya yakin bahwa kamu bisa!

 

 

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer

Evi 26 January 2020 - 06:57:18

Saya minta doa, akan operasi benjolan tiroid mingg.. more..

0 Answer

Sandry Muskitta 23 January 2020 - 23:19:37

Baru sama sekali

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Banner mitra januari 4


7268

Banner mitra januari 4