Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
485


Buat para perantau yang masih single dan tinggal sendiri pasti punya pengalaman sendiri soal dilema waktu sakit dan gak ada yang ngurusin kan?

Ya. Gak ada yang lebih buruk daripada tinggal sendirian dan jatuh sakit. Jauh dari keluarga, saudara dan teman dekat memaksamu buat ngurus diri sendiri. Parahnya waktu sakitpun, gak ada yang bantu buatin sup, atau membawamu pergi berobat. Pastinya itu adalah momen paling sengsara buat para perantau yang masih single.

Kita bisa sangat beruntung kalau punya teman serumah atau tetangga yang baik hati dan perhatian. Mereka bisa saja menanyakan kondisi kita, membelikan kita makan atau obat. Tapi tetap saja, mereka juga punya urusan sendiri dan gak bisa menjagai kita sepanjang hari.

Bagi yang sakit parah, bisa saja dia di rawat di rumah sakit dalam waktu yang cukup lama. Sedihnya, di tengah-tengah kondisi itu gak seorang pun yang bisa mendampingi sepanjang hari. Dan dalam kondisi sakit yang gak terlalu parah dan butuh istirahat di rumah, kamu harus mengurus dirimu sendiri.

Walaupun begitu, di tengah kondisi sakit para single tetap bisa survive kok melewati masa-masa mengerikan itu. Lakukanlah beberapa hal ini:

1. Sediakan stok obat-obatan dan makanan

Kita pastinya gak tahu kapan sakit akan menyerang. Karena itulah jadi bijak kalau para single menyediakan stok seperti obat-obatan atau makanan di lemarai es.

Dengan cara ini, kamu bisa lebih mudah untuk mengurus dirimu sendiri tanpa harus membuang lebih banyak energi untuk pergi ke luar dan membelinya.

2. Lakukan hal-hal yang menyenangkan di rumah

Waktu aku sakit, satu-satunya hal yang bisa mengalihkan rasa sakit yang aku alami adalah dengan mencari hal-hal menarik. Bisa dengan menonton komedi atau menyetel film-film menghibur. Tentunya hal ini bisa kamu lakukan waktu rasa sakit yang kamu alami sedikit lebih membaik.


3. Paksa dirimu untuk makan

Salah satu cara untuk mengatasi rasa sakit yang semakin besar adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa meredakan rasa sakit. Misalnya, waktu kamu lagi sakit flu atau demam, ada baiknya memasak sup ayam sederhana, bubur, atau minuman rempah dan menikmatinya selagi hangat.

4. Dapatkan kesegaran dengan mandi

Pastinya sangat tidak disarankan untuk mandi air dingin selagi sakit. Jadi, buatkanlah air hangat dicampurkan dengan beberapa aroma therapy untuk pereda rasa sakit seperti lavender, garam atau olive oil. Dengan mandi air hangat rasa sakit yang kamu alami bisa sedikit lebih mereda.

Namun, jika ternyata kondisimu sama sekali gak sanggup untuk melakukan hal-hal di atas, ada baiknya mencari bantuan dari orang-orang terdekat.

Baca Juga:

Suka Tapi Gak Berani Mulai Percakapan, 9 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Kok!

Para Pria, Masihkah Berjuang Sama Dosa Seksualmu? Bertobatlah Dengan 3 Langkah Iniā€¦

Jika kamu adalah anggota gereja tertentu, mintalah bantuan dari anggota gereja yang kamu kenal. Mungkin pemimpin rohani atau rekan satu kelompok kecilmu. Karena itulah penting bagi setiap single untuk bergabung di dalam satu komunitas gereja. Sebab ada waktunya kita akan membutuhkan bantuan mereka saat kita sedang kesulitan, seperti dalam keadaan sakit.

Aku adalah seorang single Kristen yang bergabung dalam satu kelompok kecil. Pemimpin kelompok kecilmu adalah seorang yang sangat perhatian. Karena itulah setiap kali dari anggotanya jatuh sakit, dia akan segera menjenguk dan melakukan yang terbaik untuk memastikan dia baik-baik saja.

Hal serupa harusnya dilakukan semua komunitas gereja, secara khusus bagi para single yang belum menikah dan tinggal sendirian tanpa keluarga. Dan tentunya dibutuhkan keterbukaan dari diri kita sendiri untuk mau meminta bantuan. Tidak segan untuk menyampaikan kabar dan meminta bantuan.

Walaupun mungkin momennya kurang tepat bagi pemimpin rohani untuk datang dan membantu, setidaknya mereka tahu kondisimu, mendukungmu dalam doa dan akan segera menemuimu setelah urusannya selesai.  

Akan jauh lebih baik jika masih ada orang yang peduli denganmu bukan?

Jadi buat semua single yang tinggal sendiri, kita harus sadar kalau hidup sendiri itu memang gak enak. Sebagai makhluk sosial, kita butuh orang lain untuk membantu kita. Jangan pikir kita bisa melakukan semuanya sendirian tanpa bantuan orang lain.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dian nugroho 20 October 2019 - 22:26:17

Selam

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3