4 Prinsip Ini, Dijamin Ampuh Bikin Anak Kamu Rajin Menabung Sedari Kecil!

Finance / 20 September 2019

Kalangan Sendiri

4 Prinsip Ini, Dijamin Ampuh Bikin Anak Kamu Rajin Menabung Sedari Kecil!

Naomii Simbolon Official Writer
2270

Kalau ditanya tentang kapan waktunya mengajari anak menabung maka peribahasa "Sediakan payung sebelum hujan!" adalah kata yang bisa menjawabnya.

Tentu saja, bahwa sedari kecil anak-anak harus diajar bagaimana caranya menabung dan alasan kenapa mereka harus menabung.

Selain itu, jangan lupa untuk memberitahu mereka lewat prinsip dibawah ini :

1. Ajarilah mereka rumus tentang uangnya Tuhan yaitu memberi, menyimpan dan untuk hidup

Dalam Alkitab, ada banyak kitab yang menuliskan bagaimana Tuhan mengajarkan kita perihal uang, bahkan ada lebih dari 2.000 ayat tentang uang, dan harta benda. Nggak perlu dikatakan lagi, Tuhan sudah bicara secara siginifikan tentang topik ini.

Bahkan dia nggak menyembunyikan satupun tentang hubungan kita dengan uang, Dia bicara secara blak-blakan tentang uang.

Dia mengajarkan kita tentang memberi dengan murah hati, menyisihkan uang dengan bijaksana, dan hidup dengan layak.

"Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu," (Amsal 3:9)

"Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya." (Amsal 21:20).

Jadikan memberi sebagai prioritas dalam keluarga kamu, lalu diikuti dengan menabung kemudian untuk hidup dengan apa yang tersisa,

Meskipun hal ini gampang ditiru, tapi kenyataannya sulit untuk dilakukan bahkan untuk orang dewasa. Terus, kalau untuk orang dewasa saja susah, gimana dengan anak kecil?

Nah, coba deh praktikkan dengan memberikan mereka 3 stoples bening dan ketiga stoples tersebut bagi menjadi 3 yaitu untuk memberi, menyimpan dan untuk langsung di habiskan.

Jadi, ketika kamu memberinya uang, suruhlah mereka menaruh ke salah satu yang mereka suka.

2. Bantulah mereka untuk mengindentifikasikan tujuan dari menabung

Bantulah mereka mengetahui tujuanmu dalam menabung, menyediakan dana darurat, dan lain sebagainya. Berikanlah motivasi untuk anak-anakmu, misalnya, ketika mereka ingin mendapatkan mainan, berarti mereka harus menabung. Motivasi itu penting banget untuk membuat anak-anak terdorong untuk menabung.

Selain membeli mainan, mungkin motivasinya adalah untuk kuliahnya nanti dan sekolah TK dan lain sebagainya.

BACA JUGA :

Pengalaman Kerja Bukan Penghambat, Lakukan Ini Sebelum Melamar Kerja Yuk, Biar Diterima!

3. Mengajarkan kepada mereka tentang investasi masa depan

Kalau anak kamu sudah agak gedean seperti remaja misalnya, maka berikanlah dia pemahaman tentang pentingnya menabung untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Kamu bisa memberikan kepadanya contoh dari apa yang mungkin sudah kamu lihat di luaran saja, misalnya tentang gambaran  bahwa ketika anak remaja menabung dari kecil, maka itu bisa membeli rumah dan ivestasi lain di masa depan, dimana harga properti sudah mulai lebih mahal di masa mendatang.

Selain itu, bisa juga dijelaskan bahwa pendidikan merupakan investasi masa depan yang bisa menjami kehidupan di masa dewasa. Bahwa dengan bersekolah tinggi, maka seseorang akan memiliki ilmu dan kepandaian yang bisa dijadikan bekal untuk bekerja dan menjadi seorang yang profesional di bidangnya.

4.  Berilah mereka kesempatan supaya mereka menghasilkan uang

Kalau kamu dan anakmu sudah bisa mengidentifikasikan tujuan yang diinginkan untuk menabung sekarang berilah kesempatan untuk mereka menghasilkan uang. Misalnya, suruh mereka membantu kamu kerja dirumah, seperti membereskan rumah dan lain sebagainya lalu berilah mereka uang untuk itu.

Ini berlaku sebagai bentuk pengharagaan kamu kepada anakmu sehingga mereka semakin giat dalam urusan pekerjaan rumah dan akan lebih kerja keras untuk mendapatkan uang.

Nah, itulah 4 hal yang mungkin bisa kamu pahami dan lakukan untuk mengajarkan anakmu untuk menabung sedari kecil. 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami