Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
499


Sudah menjelang akhir tahun nih, teman-teman sudah punya rencana liburan kemana? Bagi kamu yang suka travelling atau berwisata, pasti ngga berharap sesuatu yang buruk terjadi dalam perjalanan kan? Harapannya mau happy-happy menikmati liburan, tapi kalau penyakit tiba-tiba menyerang, semua rencana jadi rusak. Terlebih kalau sakitnya cukup parah ya.

Salah satu yang perlu diperhatikan untuk menghindari serangan penyakit, adalah mengetahui kondisi tujuan wisata kamu, contohnya standar kebersihan makanan dan minuman, kondisi udara dan tingkat polusi, dan bahkan penyakit-penyakit edemik di suatu wilayah.

Selain itu, kamu juga perlu tahu apa aja sih penyakit yang sering menyerang wisatawan saat mereka bepergian. Berikut adalah daftar penyakit yang paling sering menyerang wisatawan atau traveler:

1# Diare

Ya, sakit diare adalah hal yang paling sering dialami wisatawan. Hampir 30%-60% wisatawan yang berkunjung ke negara-negara berkembang mengalami diare. Standar kebersihan pengolahan makanan dan minuman di setiap daerah dan negara berbeda-beda, untuk itu kalau perutmu cukup sensitive, kamu harus memperhatikan sewaktu kulineran ya.

2# Flu

Penyebab sakit flu yang dialami para wisatawan bisa sangat beragam, mulai dari perubahan suhu, alergi, dan juga turunnya daya tahan tubuh karena kelelahan. Untuk itu penting menjaga fitalitas tubuh saat jalan-jalan, pastikan asupan makanan dan minuman cukup, serta jangan lupa minum vitamin jika diperlukan.

Perhatikan juga kalau kamu memang punya alergi terhadap sesuatu, seperti alergi dingin, alergi terhadap serbuk bunga, dan lain sebagainya.

3# Dehidrasi

Saking asiknya jalan-jalan, orang seringkali lupa untuk minum, terlebih cuacanya bagus ya. Nah, hal ini bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi. Untuk itu kamu harus selalu membawa persediaan air minum saat berwisata, terlebih jika kamu mengajak orangtuamu yang sudah berusia lanjut. Mereka rentan mengalami dehidrasi loh.

4# Hepatitis A dan B

Menurut Travmed, penyakit hepatitis A dan hepatitis B sangat menjadi ancama bagi para wisatawan. Walaupun jarang menyerang secara fatal, namun akibat penyakit hepatitis bisa berdampak jangka panjang. Seperti hepatitis B bisa membawa kepada gagal hati atau bahkan kanker hati.

Untuk itu disarankan untuk melakukan vaksinasi hepatitis A dan hepatitis B untuk melakukan pencegahan.

5# Malaria

Penyakit malaria sangat umum terjadi di wilayah tropis dan subtropis, selain itu dampaknya pun sangat mematikan. Saat ini dunia medis masih dalam tahap riset untuk menemukan vaksin untuk malaria ini, pada April 2019 lalu, sebuah berita yang dirilis oleh BBC, sudah pada tahap melakukan uji coba.

Untuk itu penting bagi wisatawan mengetahui wilayah-wilayah mana yang rawan dengan penyakit malaria, seperti di Indonesia ada beberapa daerah yang sangat rawan dengan penyakit malaria seperti Kalimantan dan Papua.

6# Terkilir atau keseleo

Ya, jalan-jalan ada kemungkinan untuk para wisatawan mengalami terkilir atau keseleo. Walau Cuma jalan-jalan di daerah perkotaan saja, bisa terkilir saat tersandung atau mungkin saat turun tangga. Lebih lagi kalau kamu pergi ke daerah pegunungan ya.

7# Infeksi saluran pernafasan

Salah satu penyakit yang umum terjadi saat berwisata adalah infeksi saluran pernafasan, terlebih jika kamu berkunjung di daerah-daerah yang panas dan tingkat polusinya cukup tinggi. Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah menggunakan masker.

Buat para traveler, selain melakukan antisipasi dengan menyediakan obat-obatan yang diperlukan dan juga berhati-hati saat melakukan perjalanan, pastikan kamu juga memiliki asuransi perjalanan. Sebab jika kamu memiliki asuransi perjalanan, maka jika hal-hal tidak diinginkan terjadi maka kamu ngga perlu panik.

Selamat berlibur teman. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3