Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
278


Hayo, siapa disini yang ngerasa kalau waktu 24 jam itu nggak cukup? Kayaknya waktu berlalu sangat cepat saking banyak hal yang dikerjain. Kita pasti sepakat dong, kalau buat menggunakan waktu itu harus penuh hikmat, nggak cuma sekedar inspirasi atau kata-kata motivasi. Nah biar kita bisa memaksimalkan hari, yuk lakuin beberapa hal di bawah ini.

Selalu mulai dengan tujuan yang tepat

Kebanyakan orang merasa waktunya berlalu sangat cepat karena nggak benar-benar tahu apa yang mau dilakukannya. Buat mencapai tujuan, kita harus menghitung indikatornya juga, dong. Tujuan ini nantinya akan mengantarkan kita pada tugas-tugas kecil yang pastinya akan sangat membantu kita untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan.

Apa tujuanmu hari ini? Apakah itu menyelesaikan sebuah pertemuan yang penting? Membuat sebuah kursi? Atau menyelesaikan satu pasal dalam Alkitab? Kalau kita mikir tujuan cuma buat orang-orang yang udah sukses aja, percaya deh, mereka juga sama kok kayak kita, memulai semuanya dari tujuan-tujuan yang kecil.

Ingatkan pada diri soal apa yang membuat kita menjadi lebih semangat

Semangat kita itu ibarat sebuah kompas. Kita pasti cenderung akan melakukan sesuatu yang menjadikan kita semangat terlebih dahulu. Coba ingat-ingat kembali masa-masa menyenangkan saat kita menyelesaikan sesuatu.

Sebagai orang percaya, tentu saja merenungkan firman Tuhan akan sangat membantu kita ingat kembali apa tujuan dalam hidup ini. Tuhan itu adalah Bapa yang siap berkarya dalam kehidupan kita. Kalau kita terus menerus membekali diri dengan firman Tuhan, kita pasti akan jadi fokus pada tujuanNya. Jadi, kita nggak punya alasan buat nggak semangat dalam menjalani hari ini, bukan?

Pergunakan waktu nanggung dengan baik

Coba deh, pas kita sedang antri makanan selama lima menit, kira-kira, apa yang dilakukan? Atau, pas kita sedang di kereta, sekitar 10-30 menit, bagaimana kita menghabiskan waktu tersebut? Biar waktu-waktu nanggung itu jadi produktif, cobain beberapa hal di bawah ini, yuk.

1. Mendengarkan podcast pendek yang bisa mengisi otak

Podcast merupakan salah satu sarana kita buat belajar. Ada banyak kok pembelajaran yang bisa kita dapatkan dari podcast yang durasinya sekitar 5-20 menit saja.

2 Baca e-book

Dalam waktu yang singkat tersebut, pastikan kita punya cadangan buku elektronik. Coba deh kalau dihitung, misal kita selesai satu bab dalam waktu 15 menit, maka dalam 20 * 15 menit saja kita bisa menyelesaikan satu buku. Selain e-book, ada pula artikel atau berita yang menyuguhkan informasi buat memperkaya pengetahuan kita.

3. Editing dan mengumpulkan stok gambar dan caption

Buat kita yang sedang membangun bisnis lewat media sosial, bisa banget nih melakukan hal ini. Punya banyak foto yang belom sempat di edit? 5-10 menit pasti cukup dong buat ngedit foto. Apalagi sekarang ini ada banyak banget aplikasi edit foto yang bikin gambar-gambar yang kita punya jadi makin kece.

4 Bikin bank inspirasi

Pas kita lagi lihat-lihat media sosial terus nemu konten yang bagus, coba deh dikumpulkan. Jadikan satu folder. Nah, jadi kalau sewaktu-waktu kita butuh suntikan semangat, kita bisa langsung cek folder di hape kita aja.

5 Meringankan beban hape kita

Kita pasti males banget kalau handphone sudah kepenuhan memori karena males ngapusin aplikasi yang sudah nggak kepakai. Nah waktu 5-10 menit ini pas banget buat kita memilih dan memilah mana yang bisa kita pakai dan mana yang harus di hapus.

Nggak cuma aplikasi, kita juga bisa mulai cek-cek foto atau video yang udah nggak lagi terpakai. Foto blur, atau lainnya.

Evaluasi hari, cari tahu apa yang tidak bekerja dengan baik dan kenapa

Tujuan yang tepat itu harus dihitung. Ada indikatornya. Buat menghitung sudah sejauh mana tujuan kita itu tercapai, diperlukan sebuah evaluasi. Pada malam hari, coba cari tahu apa hal yang tidak berjalan dengan baik dan kenapa.

Buat sedikit peta, dan coba kembali dengan cara yang berbeda. Kalau memang ada kesalahan, kita juga bisa mencoba untuk menyelesaikannya pada tahapan ini. Dengan begitu, kita akan jadi lebih siap di hari esoknya.

Nah sekarang, apa nih cara terbaikmu buat menjadikan hari ini lebih produktif? 

Sumber : jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7264

advertise with us