Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
757


Mereka yang sudah menikah pasti tahu, bahwa kenyataan kadang tidak seindah yang dibayangkan, bahwa pernikahan yang berhasil butuh kerja keras dari sepasang suami-isteri. Alkitab menuliskan:

“Berdua lebih baik dari pada seorang diri, karena mereka menerima upah yang baik dalam jerih payah mereka. Karena kalau mereka jatuh, yang seorang mengangkat temannya, tetapi wai orang yang jatuh, yang tidak mempunyai orang lain untuk mengangkatnya!

Juga kalau orang tidur berdua, mereka menjadi panas, tetapi bagaimana seorang saja dapat menjadi panas? Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan.” (Pengkotbah 4:9-12).

Jadi sudah jelas ya, bahwa keberhasilan sebuah keluarga harus menjadi tanggung jawab bersama, ada inisiatif yang harus dikerjakan berdua, agar pernikahan yang sebelumnya sudah diimpikan dan diharapkan bisa menjadi kenyataan. 

Salah satu yang harus dilakukan oleh pasangan menikah adalah membangun mezbah keluarga dan berdoa pernikahan mereka.  Salah satu cara terbaik untuk berdoa adalah memperkatakan Firman Tuhan atau mengklaim janji-janji Tuhan bagi pernikahan kita. Yuk, kita berdoa berdasarkan .. daftar ayat di bawah ini:

1# Agar seluruh keluarga tetap kuat dan setia beribadah kepada Tuhan

“Tetapi jika kamu anggap tidak baik untuk beribadah kepada TUHAN, pilihlah pada hari ini kepada siapa kamu akan beribadah; allah yang kepadanya nenek moyangmu beribadah di seberang sungai Efrat, atau allah orang Amori yang negerinya kamu diami ini. Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” (Yosua 24:15)

Tuhan, kamu berdoa agar seluruh anggota keluarga kami tidak tergoyahkan oleh godaan ilah-ilah jaman ini. Apapun keadaannya, kami berdoa agar kami seisi rumah ini tetap beribadah kepada-Mu, setia kepada Engkau dan tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri. Ajarlah kami dengan firman-Mu agar mata kami terus tertuju kepada-Mu. Amin. 

2# Meminta hikmat untuk membangun rumah tangga yang kuat

“Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan, dan dengan pengertian kamar-kamar diisi dengan bermacam-macam harta benda yang berharga dan menarik.” (Amsal 24:3-4)

Tuhan, berikan kami hikmat untuk membangun rumah tangga ini, agar keluarga kami menjadi keluarga yang kuat dan memuliakan Engkau. Berikan kami kebijaksanaan dan kepandaian, untuk menjalani hari-hari kami dan menggunakan apa yang sudah Engkau berikan kepada kami untuk membangun Kerajaan Allah, bukan hanya untuk kesenangan kami. Amin. 

3# Tuhan berikanlah kami hati yang penuh kasih

“Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran.

Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.” (1 Korintus 13:4-8)

Tuhan berikan kami kasih seperti yang tertulis dalam ayat yang kami baca ini, baik kepadaku, suamiku dan anak-anakku. Tumbuhkan kesabaran, kemurahan hati, kerendahan hati, kesopanan, dan saling mengampuni dalam hati kami kepada satu sama lain. Kiranya kasih kami semakin  besar, dan kami belajar mengasihi seperti Engkau telah mengasihi kami. Amin

4# Ajar kami untuk menjadi cerminan bagi gereja-Mu dan juga pribadi-Mu

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman, supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.

Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.

Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat, karena kita adalah anggota tubuh-Nya. (Efesus 5:22-30)

Tuhan tuntunlah kami dan mampukan kami untuk menjalankan kebenaranmu ini, sebagai istri untuk tunduk kepada suami dan bagaimana suami mengasihi isteri seperti mengasihi dirinya sendiri, sehingga keluarga kami bisa menjadi  gambaran nyata hubungan antara Kristus dan gereja-Nya. Kiranya Tuhan dimuliakan melalui hubungan kami dan kehidupan kami. Amin.

5# Ajar kami untuk memiliki kesehatian dan menaruh kepentingan orang lain lebih utama dari diri sendiri

Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga. (Filipi 2:1-4)

Tuhan, ampuni kami jika selama ini kami egois, dan ingin diutamakan oleh orang lain. Ajarlah kami untuk memiliki kerendahan hati dan memandang bahwa kepentingan pasangan kami, lebih utama daripada kepentingan diri kami sendiri. Ajar kami juga untuk memiliki kesehatian dan tidak mencari pujian yang sia-sia, namun menjadikan Engkau selalu yang utama untuk dimuliakan. Amin. 

Kita percaya bahwa Firman Tuhan adalah pedang roh, yang tajam dan kuat, jadi sangat efektif untuk menghancurkan kuasa-kuasa kegelapan yang berusaha menyerang kehidupan keluarga kita. Sangat penting bagi kita untuk selalu waspada dan menjaga keluarga kita dalam doa-doa kita, sebab tanpa Tuhan maka sia-sialah apa yang kita lakukan. 

“Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga.” (Mazmur 127:1)

Baca juga : 

Berdoa Bisa Melunasi Hutang Miliaran!

Kata Alkitab: Doa Yang Dijawab Tuhan Seperti Apa Ya?

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Isra 20 November 2019 - 02:46:08

Laporan arus kas Nesreen Co

0 Answer

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7267

Banner Mitra November Week 3