Ketemu Wakil Presiden, Pendeta-pendeta Papua Ini Minta Ma’ruf Amin Satukan Umat Beragama
Sumber: Kompas.com

Nasional / 6 September 2019

Kalangan Sendiri

Ketemu Wakil Presiden, Pendeta-pendeta Papua Ini Minta Ma’ruf Amin Satukan Umat Beragama

Lori Official Writer
3087

Setelah menghadiri Sidang Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI), sejumlah pendeta Papua memutuskan untuk menemui Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin di kediamannya di Jalan Situnondo, Jakarta pada Kamis (5/9).

Para pendeta Papua ini terdiri dari Pendeta Richard Tonjau, Pendeta Julkifli, Pendeta Wimpi Ambiri, Pendeta Fransiskus Warbal, Pendeta Kaim Imbiri dan Pendeta Salmon Reba. Mereka juga ditemani oleh Gerakan Nasional Religius (Genius) seperti Bobby S Hendrawan, Euis Setiasih, Dano Jamaludin dan Pendeta Agustinus Bongga.

Setelah disambut hangat oleh Ma’ruf Amin, para pendeta inipun mulai menyampaikan tentang kondisi Papua yang belakangan ini tengah menjadi sorotan publik. Mereka menyampaikan harapan supaya Papua kembali damai dan kondusif dan untuk menciptakan hal ini dibutuhkan upaya dari pemerintah.

“Dari situasi itu kami bertemu Abah untuk menyampaikan kepada beliau dan kami telah menyampaikan semua yang harus kami sampaikan dan kami berharap apa yang kami sampaikan menjadi perhatian beliau,” kata Pendeta Richard Tonjau.

Sebagai pemimpin terpilih di lima tahun kedepan, Pendeta Richard menyampaikan bahwa Ma’ruf Amin punya kapasitas untuk menyuarakan kepada lembaga-lembaga agama Muslim, terutama NU dan MUI soal persatuan di tengah bangsa. Sebagaimana dilakukan oleh mantan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ketika menghadapi konflik di masa lalu.

“Kami berharap beliau sebagai pemimpin umat bisa menyuarakan kepada MUI dan NU di seluruh tanah air, di tanah Papua dan Papua Barat untuk bersatu dengan pemimpin-pemimpin umat untuk mewujudkan Papua dan Papua Barat damai,” katanya.

Baca Juga:

Fakta Soal Ignatius Suharyo, Kardinal yang Baru Diangkat Paus Fransiskus di Vatikan

Pasca Manokwari, Kota Jayapura Ikut Memanas. Pemimpin Agama & Presiden Jokowi Kasih Respon

Menanggapi hal itu, Ma’ruf mengatakan jika konflik Papua sebaiknya memang disikapi lewat cara dialog bersama para tokoh agama dan adat setempat.

Dia sendiri rencananya akan berkunjung ke Papua untuk melakukan dialog langsung dengan masyarakat setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden mendatang.

“Kebetulan Papua ini kan mendukung Pak Jokowi dengan saya ini besar sekali (hampir) 91 persen. Ini luar biasa. Maka itu menjadi kewajiban kamu, Pak Jokowi dengan saya untuk menjaga keutuhan di Papua dan kedamaian. Itu sudah merupakan satu tanggung jawab yang harus kita pikul,” ucap Ma’ruf.

Mari terus berdoa supaya wilayah di berbagai Indonesia tetap menjunjung tinggi persatuan dan perdamaian.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami