Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
586


Dikutip dari Tribun Lifestyle, Megan McCoy sebagai terapis keuangan menemukan sebuah fakta dari penelitiannya bahwa ada banyak orang yang stres setiap hari karena melihat tagihan dan pembayaran mereka, yakni itu adalah masalah keuangan.

"Kecemasan merupakan sumber dari stres. Kadang, itu menjadi hal yang umu sehingga kita menjadi sering seklai sakit kepala tanpa alasan yang jelas, "katanya.

Apakah kamu pernah mengalami stres karena keuangan?Atau mungkin kamu tengah mengalaminya sekarang?

Selain fakta dari penelitian di atas, sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern Mutual menemukan bahwa uang juga sebagai sumber utama mengapa seseorang stres. Bahkan, 44 persen orang deasa Amerika mengalami stres karena uang loh. Bayangkan gimana dengan Indonesia? Sementara kita tahu kan kalau keuangan masyarakat Amerika terhitung lebih sejahtera di banding Indonesia.

Bahkan dikatakan bahwa stres karena keuangan ini bisa berkembang menjadi sebuah gangguan mental bagi seseorang.

"Secara umum, gangguan mental akibat uang adalah pola kronis dari perilaku finansial yang merusak diri sendiri," ujar psikolog Brad Klontz, mengutip Huffington Post. Selama kariernya, Klontz yang fokus meneliti dan mendefinisikan gangguan mental keuangan.

Jika hari ini kamu sedang stres soal masalah keuangan, kamu sedang kuatir setiap detik dan menit memikirkan makanan yang akan kamu makan, gimana caranya melunasi hutang dan gimana harus memberi anakmu uang sekolah maka perhatikanlah, bahwa kamu sedang memberi kesempatan besar bagi kekhawatiran untuk merampas kedamaian kamu, bahkan merampas kesehatan kamu, seperti yang disebutkan di atas, yaitu mental hingga sakit lainnya.

Jadi, kalau sudah begini, hal yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu mengapa kamu memiliki masalah keuangan.

Yep, salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah menggali lebih dalam dan mencari tahu apa yang menyebabkan masalah dalam keuangan kamu.

Apakah karena kamu memang sedang kehilangan pekerjaan dan nggak punya dana darurat?

Apakah kamu asik belanja sampai lupa memperhatikan situasi dompet kamu?

Apakah kamu karena kamu terjebak dalam tagihan medis yang besar?

Apakah kamu memiliki hutang yang sangat besar?

Nggak peduli gimana pun kamu bisa sampai disana, hal pertama yang harus selalu kamu ingat bahwa Tuhan selalu lebih besar dari masalah keuangan apapun yang kamu sedang alami.

Tuhan menginginkan yang terbaik untuk kamu dalam setiap bidang kehidupan kamu, bahkan nggak terkecuali soal keuangan. Dia ingin banget kamu bangkit dan berjuang dan nggak usah kuatir berlebihan soal keuangan. Tuhan juga ingin kamu memiliki semua yang kamu inginkan dan kamu butuhkan. Dia bahkan ingin kamu berkelimpahan sehingga bisa memberkati banyak orang.

Tapi ada beberapa hal yang harus kamu lakukan supaya berkat yang dari Tuhan itu turun ke atas hidupmu. Kamu harus melakukan bagianmu.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan semoga bisa membantu kamu yakin bahwa berkat Tuhan dilepaskan atas kehidupan dan situasi keuangan kamu saat ini:

1. Tetap miliki iman yang kuat di dalam Tuhan

Kadang ketika kondisi keuangan kita sedang berantakan, kita cenderung sulit untuk tetap mempertahankan iman bahwa Allah akan memberkati kita dan memberi jalan keluar. Tapi mau nggak mau, cobalah belajar melakukan itu. Pahamilah bahwa Tuhan sangat sanggup mengubah situasi sulit kamu menjadi sesuatu hal yang baik untuk kehidupan kamu. Tapi pertama-tama kamu harus benar-benar percaya dulu dalam hatimu bahwa Ia bisa melakukannya dan akan melakukannya.

Kamu harus tetap berpegang pada keyakinan itu, nggak peduli seberapa burukpun situasi kamu. Dia selalu memegang kendali.

"...Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." (Ibrani 13:5)

2. Jagalah hatimu dan bersikaplah benar

Kalau kamu mengharapkan Tuhan untuk campur tangan dalam hidup dan keuangan kamu, maka jangan merengek, jangan mengeluh atau menghabiskan waktu bermain dengan sesuatu yang salah seperti saling menyalahkan dan lain sebagainya.

Ketika bicara soal keuangan kamu, perkatakanlah hal yang positif dan kehidupan dalam situasi tersebut.

Perkataan atau sikap negatif hanya akan menunjukkan bahwa kamu kurang iman. Apa yang dihasilkan dari lidah kamu merupakan indikasi dari apa yang ada dalam hati dan semangatmu. Jadi, buang jauh-jauh sikap dan perkataan negatif ya.

3. Ambil sebuah tindakan untuk menyelesaikan ini

Tuhan suka dan sangat menghargai apapun yang kita lakukan dalam hal ini. Ketika kamu melakukan sesuatu untuk memperbaiki situasi kamu, maka Tuhan akan mengakui hal itu dan memberkati perjalanan kamu. Menunggu uang jatuh dari langit, nggak akan berhasil. Tuhan akan membantu mereka yang mau membantu diri mereka sendiri, jadi bekerja keraslah untuk menemukan jalan keluar dari keuangan kamu, dan andalkanlah Dia agar Dia menunjukkan jalan kepadamu.

BACA JUGA :

Bisakah Orang Kristen Berhutang dan Membungakan Pinjaman? Inilah Kata Firman Allah!

4. Sabar

Kadang, ketika keadaan uang kita begitu berantakan, kita sangat mudah untuk berkecil hati dan ingin menyerah apalagi hal itu terjadi nggak secepat yang kita harapkan. Ingatlah bahwa waktu Tuhan selalu sempurna. Jadi sabarlah, jangan memaksakan semua berjalan seperti yang kamu mau.

5. Tetaplah berdoa

Berdoalah untuk masalah keuangan kamu. Tuhan ingin kamu selalu terhubung denganNya bahkan setiap saat dan dalam situasi apapun.

Dalam Yohanes 15:7 dikatakan,"Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya."

Jelas, bahwa Dia ingin sekali kamu terus berhubungan denganNya. Ketika kamu tetap dekat dengan-Nya maka Dia akan mengangkat kamu dan membuat kamu menghasilkan buah yang lebat.

Ketika kamu melakukan lima hal ini, maka percayalah bahwa Tuhan akan campur tangan atas hidup kamu,

 

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dian nugroho 20 October 2019 - 22:26:17

Selam

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3