Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
363


Ketika Tuhan mempercayakan kita sesuatu, itu merupakan sebuah ucapan syukur dan kehormatan bukan? Misalnya dipercaya untuk memimpin sebuah komunitas sel, gereja, atau mungkin sebuah program TV dan lain sebagainya.

Intinya, apapun yang kita kerjakan dan Tuhan percayakan adalah sebuah kehormatan dan biarlah segala kemuliaan hanya bagi Dia, itu sebabnya kita perlu merendahkan hati dalam menjalani kepercayaan ini, dan membuat nama-Nya dikenal melalui apapun.

Sayangnya sebagai anak muda Kristen, kerap sekali kita melupakan Tuhan dalam menjalani panggilan yang Dia percayakan, dalam menjalani kepercayaan yang Dia sedang berikan. Bukannya malah menjadikan Tuhan nomor dua, sementara kitalah yang nomor satu. Akhirnya apa yang kita kerjakan bukannya menyenangkan hati Tuhan tapi memberhalakan dan mengecewakan Tuhan.

Coba kita cek yuk, apakah kita demikian atau nggak.

1. Soal strategi, kita cenderung berpatokan kepada srategi dan menutup ruang untuk pekerjaan Tuhan

Memang sih, dalam pekerjaan, panggilan, rencana usaha dan gereja atau komunitas sekalipun, kita perlu sekali membuat sebuah perencanaan atau strategi, tapi bukan berarti kita harus menghabiskan waktu berjam-jam hanya memikirkan strategi itu dan membuat perdebatan dengan pikiranmu dan tim atau jemaatmu ya.

Itu berarti kamu hanya mengandalkan strategi dan menjadi korbannya.

Merencanakan sesuatu biar semakin excelent itu sih bagus tapi masalahnya adalah rencana seperti itu harusnya jangan sampai menghalangi iman percaya kamu kepada Tuhan. Pastikan untuk memberikan ruang bagi Allah untuk Dia bergerak dalam rencana dan strategi kamu.

2. Jangan mencari kesempurnaan atas keterampilan kamu, yang ada kamu menjadi sombong.

Ya, sering sekali sebagai anak muda Kristen, kita tidak ingin kalah dengan kepemimpinan atau hidup orang lain, sehingga akhirnya kita  pun sibuk menyempurnakan diri kita sendiri supaya diakui, lantas hal ini membuat kita sombong dan gagal menggunakan apa yang kita kerjakan untuk kemuliaan Tuhan, jadinya kita memuliakan keterampilan kita, membanggakan skill kita.

Jangan sampai jatuh ke perangkap ini ya. Tuhan sudah mengaruniakan kepada kita semua untuk menjadi pelayan-Nya dimana pun dan aspek apapun yang kita kerjakan. Itu adalah sebuah kehormatan. Itu sebabnya kita harus menahan diri supaya tidak tergoda membanggakan keterampilan dan kekuatan kita dibanding pekerjaan supernaturalnya Allah dalam hidup kita.

3. Mengejar pencapaian membuat kita hanya fokus kepadanya saja.

Saya pikir, setiap gereja atau setiap hal memiliki pencapaian sendiri. Misalnya gembala komsel yang harus mendapatkan jiwa-jiwa yang lebih banyak supaya lebih banyak yang diselamatkan serta komsel bisa multiplikasi.

Itu tidak masalah, tapi bukan berarti statistik alias pencapaian ini malah menentukan suasana hati kamu ya. Jangan sampai deh pokoknya.

Soalnya, ada banyak anak muda yang demikian. Misalnya saya.

Dulu, saya sempat sedih ketika like dan komentar di Instagram rohani saya sedikit, dan akan kembali semangat membuat design dan perenungan ketika banyak yang like apalagi respost.

Nah, inilah yang harus kita perhatikan dengan seksama, baik dalam pekerjaan dan pelayanan kita.

Pencapaian atau statistik yang banyak bukanlah ukuran dari nilai kamu. Meskipun itu bermanfaat, tapi jangan sampai berlebihan.

Jangan sampai galau hanya karena jiwa-jiwa yang kamu gembalai masih 5 orang sementara teman sebelah sudah 10 orang. Percayalah bahwa Tuhan mempercayai sesuatu sesuai dengan kapasitas kita.

4. Mendominasi suku-suku tertentu

Ini benar-benar buruk sekali. Dalam Tuhan, kita semua adalah saudara. Sangat kejam rasanya jika kita mengutamakan suku kita dalam sebuah pekerjaan, atau mengutamakan umat Kristen dalam perihal sesuatu, dan mengabaikan agama atau suku lain.

Bahkan sangat egois rasanya ketika kita hanya akan bangga ketika komunitas kita dipenuhi orang chines atau suku tertentu saja.

BACA JUGA :

Sahabat Jadi Cinta? Jangan Langsung Dipacarin Sebelum Cek Kembali Hal Ini. Penting!

Hal-hal seperti ini jangan sampai terjadi ya. Aliansi seperti ini bukan sesuatu yang patut kita tiru. Tuhan bisa memakai siapa saja untuk komunitas dan perusahaanmu jadi jangan terlalu mendominasi ya, karena itu bukanlah sifat yang Yesus ajarkan.

5. Mengharapkan lebih sampai melakukan apapun untuk mendapatkan itu.

Dalam pekerjaan, adalah normal jika kita menginginkan sesuatu yang lebih dalam pencapaian atau target kita, tapi jangan sampai itu membuat kita tidak menghargai hal kecil yang Tuhan berikan dalam pekerjaan atau hidup kita ya.

Karena jika kita melulu begitu, maka kita tak akan pernah mengalami kebahagiaan apalagi rasa cukup.

Lakukanlah segalanya untuk kemuliaan Tuhan dengan apa yang sudah diberikan kepada kamu, maksimalkan tanpa harus mengeluh dan merasa apa yang kamu kerjakan tidak berguna.

Misalnya anak-anak di komselmu. Jangan terlalu berlarut dalam kesedihan dan mundur dalam pelayanan ketika salah satu anak yang kamu didik melakukan dosa atau lari dari Allah. Teruslah melayani Tuhan dan lakukan yang terbaik buat yang lain. Tuhan akan melakukan bagiannya.

 

Itulah 5 hal yang harus kamu belajar dalam hidup ini. Jadikanlah Tuhan poros dalam segala sesuatu yang kamu lakukan. Jangan menyimpang dan menjadikan kekuatanmu berhala dan menggeser posisi Tuhan dalam hidupmu. Percayalah bahwa Dia akan menyertaimu.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

Banner Mitra Desember week 2