Setiap Orangtua Baru Pasti Alami Masa Krisis Pasca Lahiran, Biar Tetap Kuat Lakukan Ini!
Sumber: Mnetal Health

Relationship / 8 September 2022

Kalangan Sendiri

Setiap Orangtua Baru Pasti Alami Masa Krisis Pasca Lahiran, Biar Tetap Kuat Lakukan Ini!

Lori Official Writer
4035

Pasca lahiran dan harus mengurus anak bayi mungil kalian, pasti adalah masa-masa paling melelahkan. Waktu tidurpun tak lagi senyenyak biasanya karena harus berjaga saat si kecil mulai terbangun.

Banyak orangtua akan mulai merasakan level kelelahan yang beragam, khususnya para ibu, di tiga sampai delapan bulan pertama si kecil. Selain lelah, rasa stress juga muncul karena beberapa masalah ini.

1. Anak Menangis Tanpa Henti

Wajar sih orangtua diserang panik karena anak menangis tak henti. Tapi respon ini sedikit besarnya gak tepat loh. Kenapa? Karena waktu panik justru bisa bikin mom dan dad cenderung makin stress. Akibatnya, stress orangtua malah hanya bikin anak makin rewel.

Seorang dokter anak bernama Jennifer Shu, MD mengatakan bahwa saat anak menangis tanpa henti. Ada baiknya untuk meninggalkan anak di satu tempat yang nyaman (misalnya kasur atau lesehan empuk). Sementara orangtua berusaha untuk menenangkan diri lebih dulu ke satu ruangan.

Menakjubkannya, teknik ini bisa meredakan tangis bayi dan orangtua pun bisa kembali tenang.

 

Baca Juga: 15+ Ayat Alkitab Bagi Para Ibu yang Sedang Hamil dan Akan Bersalin

 

2. Kurang Tidur

Ada banyak ibu yang berpikir kalau bayinya sudah tidur maka dia punya kesempatan untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Sayangnya, pemikiran ini salah! Untuk mencegah kelelahan karena orangtua baru kurang tidur, akan lebih baik untuk memanfaatkan waktu tidur saat bayi juga sedang tidur.

Tapi kalau masalahnya adalah ibu atau ayah punya masalah tidur siang, maka solusinya bisa dilakukan dengan menjauhi semua suara dan membuat kamar benar-benar gelap. Ambillah waktu tidur siang sekitar 30-45 menit. Karena hal itu sangat membantu untuk mengembalikan tenaga.

 

3. Mulai Lelah Menyusui

Menyusui anak bisa jadi pekerjaan yang melelahkan para ibu. Tapi bukan berarti para ibu yang merasakan hal ini gak bisa beristirahat.

Saat ibu mulai stress, produksi ASI pun akan berpengaruh. Karena itu, diperlukan bantuan dari suami atau bahkan keluarga lain untuk mengambilalih pengurusan anak. Hal ini bisa membantu ibu untuk berelaksasi sejenak.

 

Baca Juga: Buat Moms yang Akan Lahiran Bulan Ini, Jangan Takut! Siapkan Diri Dengan Cara Ini…

 

4. Bayi Susah Makan

Mulai merasa cemas dan kuatir saat bayi menolak makan? Gak perlu panic berlebihan. Untuk memastikan anak dalam kondisi sehat, orangtua bisa coba mengecel panas bayi. Atau dari bentuk kotoran yang dikeluarkan. Kalau semuanya masih dalam keadaan normal, bayi mungkin hanya merasa terlalu ngantuk untuk makan.

 

5. Gak Punya Waktu Untuk Urusan Rumah

Bagi orangtua baru yang tinggal sendiri tanpa pembantu mungkin bakal kewalahan. Karena seluruh perhatian ibu akan tertuju buat anak. Di tengah kondisi ini, banyak ibu baru yang ternyata mulai merasa stress karena gak lagi punya waktu yang cukup untuk mengurus hal lain. Misalnya, membereskan rumah, memasak untuk suami dan melakukan pekerjaan lainnya.

Salah satu solusi yang paling tepat untuk membantu para ibu baru lepas dari stress ini adalah dengan meminta bantuan dari keluarga terdekat.

Jangan biarkan dirimu larut dalam stress. Karena setiap anak bayi sangat bergantung kepada ibunya. Jangan sampai anak terdampak oleh stress ibu.

 

6. Hadapi Ketakutan Ngurus Anak

Orangtua baru memang cenderung belum berpengalaman dalam hal mengurus anak. Itu sebabnya banyak ibu yang memilih untuk dibantu oleh ibunya.

Hal ini memang baik. Tapi bukan berarti ibu harus melepaskan tanggung jawab mengurus bayinya sendiri.

Hal paling baik yang bisa dilakukan ibu baru adalah mengurus anak sesuai dengan naluri keibuan sendiri. Lakukanlah dengan hati-hati dan keibuan. Kalau memang merasa kurang berhasil, hubungi dokter atau teman terdekatmu.

 

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Sindrom Baby Blues dan Depresi Pasca Melahirkan, Kenali Gejalanya!

 

7. Kuatir Tinggalkan Bayi Selama Bekerja

Cuti melahirkan udah habis. Karena itu, moms terpaksa harus menitipkan anak bayinya ke babysitter. Tapi bagaimanapun, pasti ada saja pergolakan batin saat harus meninggalkan anak sendiri ke orang lain.

Untuk mengatasi kekuatiran orangtua, ibu bisa saja memasang alat pemantau di rumah. Atau kalau rumah dan kantor gak terlalu jauh, sempatkan untuk pulang di siang hari.

Tapi kalau cara ini masih terlalu sulit dilakukan, mintalah bantuan dari keluarga terdekat.

Masa stress wajar dialami orangtua baru selama sekitar 8 bulan pertama sejak anak lahir. Tapi bukan berarti masa itu gak akan berlalu. Buktinya, banyak orangtua yang malah bersyukur bisa melewati masa-masa itu dan mengajarkan mereka pelajaran soal pengasuhan anak. Jadi nikmatilah prosesnya dan terpenting apapun masalahnya, tetaplah bersyukur atas kehadiran anak di tengah keluarga kecil kalian.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami