Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
523


Siapa bilang hubungan suami isteri adalah akhir dari kesepian ataupun kesedihan yang kita alami semasa single. Oh, tentu tidak.

Mungkin kita sudah sering mendengar, bahwa ternyata pernikahan adalah awal dari sebuah kehidupan. Maksudnya, dalam pernikahan, kita tak lagi hidup sendiri, kita harus membagi hak kepada pasangan, membagi waktu, kita harus belajar rendah hati kepada isteri, kita harus membagikan apa yang kita miliki kepada pasangan, kita tak hanya memikirkan diri kita sendiri, tapi kita pun memikirkan orang lain, yakni pasangan kita.

Serta dalam menjalani hal ini, ada banyak gesekan yang terjadi. Jangankan bersama pasangan ketika sudah menikah ya, dalam rumahpun sebagai kakak atau adik atau anak sebelum menikah, kita sering alami gesekan satu sama lain.

Intinya, semakin kita dekat dengan seseorang maka peluang gesekan itu semakin besar dan ada banyak pernikahan yang tidak kuat dalam menghadapi gesekan ini. Malah mungkin beberapa pernikahan secara terpaksa melanjutkan pernikahannya dengan perasaan luka.

Apakah kamu demikian? Apakah kamu sedang mengalami pernikahan yang penuh luka? Tidak ingin mengambil langkah bercerai, tetapi tidak kuat menahan sakit hati?

Alhasil kamu hanya menjalankan pernikahan begitu saja, hidup masing-masing dan mengalami kesepian meski tinggal serumah, berbicara dengan pasangan hanya ketika ada urusan penting, dan lain dari pada itu, kalian tidak peduli satu sama lain.

Percayalah, hal ini akan terus seperti ini sampai salah satu dari kalian merendahkan hati dan mengambil langkah untuk memperbaiki dengan cara mengampuni pasangan kalian dan meminta maaf.

'Mengampuni' memang tidak semudah mengucapkan. Benar-benar dibutuhkan kerendahan hati dan melepaskan kepemilikian atas diri sendiri, seperti kamu merasa benar, kamu adalah korban, kamu harus dihargai dan lain sebagainya, semua itu harus dilepaskan dari diri dan pikiran kamu, lalu datang ke hadapan Tuhan dan meminta kekuatan, sehingga mampu kembali ke hadapan pasangan untuk meminta maaf dan mengampuninya dengan kasih.

1. Tidak apa-apa, ekspresikanlah marahmu kepada pasangan.

Jika memang kamu sangat kesal dengan sikap pasangan, atau gesekan terjadi karena dia selingkuh atau susah dibilangin terhadap satu hal, marahlah kepadanya. Tapi perhatikan emosionalmu jangan sampai melukainya ya.

Suarakan semua yang kamu rasakan kepada pasangan, kamu jika kamu simpan di hati, itu akan membusuk dan suatu hari akan merusak seluruh pernikahanmu.

Bicarakan kepada dia kalau kamu tidak suka ini dan itu, bicara kepadanya kalau kamu terluka dengan sikapnya, bicara kepadanya kalau kamu benar-benar butuh pengertian dari dia. Ketika kamu berani mengekspresikan kemarahanmu kepada pasangan, itu artinya kamu ingin membersihkan amarahmu dari hati, dan kamu ingin memperbaiki pernikahanmu, kamu ingin pasanganmu berubah. Itulah langkah pertama untuk kamu bisa mengampuni.

BACA JUGA :

3 Kebiasaan Buruk Dalam Pernikahan Yang Merusak Masa Depan Pernikahan Anak Dan Cucu!

2. Bergantunglah kepada Roh Kudus, kepada Yesus dan putuskan dalam dirimu sendiri bahwa kamu memang harus memaafkannya.

Ada orang yang datang kepada Tuhan untuk mengadu dan mengasihani diri sendiri, dan ketika Roh Kudus menggerakkan hatinya untuk mengampuni, malah dicuekin dan terlalu besar suara kamu dalam mengasihani diri sendiri di banding mendengarkan apa kata Roh Kudus.

Berdiamlah, setelah mengadu, dengarkan apa kata Roh Kudus. Aku sangat yakin, jika Dia akan bicara agar kamu mengampuni suamimu. Jika kamu tidak terima dengan hal itu, maka tanyakan kepada-Nya, kenapa kamu harus mengampuni suamimu, kenapa kamu harus mengampuni isterimu yang tidak menghormatimu, kenapa harus harus mengampuni pasanganmu yang berselingkuh, dan kenapa kamu harus mengampuni serta meminta maaf sementara yang jadi korbannya adalah kamu.

Tanyakanlah, makan Dia akan memberimu sebuah jawaban.

Ingatlah kembali bahwa dirimu bukan manusia sempurna, bahkan pasanganmu. Semua orang memiliki kelemahannya, dan setiap orang akan selalu melakukan kesalahan dalam proses hidupnya. Kamu pun demikian. Coba ingat, berapa kali kamu melukai hati Yesus? Apakah Dia diam dan tak bicara padamu? Aku rasa tidak, Dia malah mendatangimu bukan dan Dia selalu mengampunimu.

3. Setelah yakin dan memutuskan untuk mengampuni pasanganmu, sekarang datanglah dengan kasih kepadanya,

Seperti kita yang selalu melukai hati Yesus, Dia tetap datang melalui Roh Kudus ke dalam hati kita. Melayani kita dengan kasih, memberi kita penghiburan, mengingatkan kita mengenai perjalanan yang indah denganNya, mengingatkan kita betapa Dia sangat melindungi dan memperhatikan kita dan sejak itu, kita pun mulai mau tertawa, berhenti menyalahkan diri sendiri, berhenti marah kepada Tuhan dan mulai bercakap-cakap kembali.

Jadi, datanglah kepada suamimu dengan kasih. Layani dia meskipun dia sangat menyebalkan, hargai isterimu, hormati dia meskipun dia selingkuh, berdoalah buat dia.

Datanglah kembali mengajaknya bicara, jangan berhenti meski dia cuek sama kamu, meski dia belum mau mengampuni kamu, meski dia lari karena merasa bersalah, kejar terus!

Seperti batu yang keras, jika di tetesi oleh air terus menerus, akan hancur juga. Jadi tidak ada yang tidak mungkin di dalam Tuhan ya?

“Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu”.

(Efesus 4:32)

Sumber : Jawabancom

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:18:10

Tulislah satu dalil naqli yang berkaitan dengan wa.. more..

0 Answer

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:15:17

Apakah yang dimaksud dengan hadas itu

0 Answer

Umi 16 October 2019 - 14:44:03

Larutan garam sebanyak 9072 kg dengan konsentrasi .. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3