Naomii Simbolon

Official Writer
596


Menanti kelahiran si buah hati adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh keluarga, dan sebagai ibu tentu ada rasa yang begitu camput aduk antara bahagia dan juga takut.

Bahkan ada loh ibu yang kuatir melahirkan apalagi setelah mendengar cerita dari teman-teman mengenai rasa sakitnya.

Padahal sebenarnya, rasa nyeri persalinan itu pasti dialmi oleh semua ibu. Tapi toleransi tiap orang terhadap rasa sakit kan berbeda-beda. Jadi, ada ibu yang sangat kesakitan dan ada juga yang masih bisa menahan nyerinya.

Nah, teruntuk kamu ibu-ibu yang mengalami rasa sakit saat persalinan, pelajari dan lakukanlah ini sejak awal kehamilan. Berguna banget loh mengurangi rasa sakit pas melahirkan nanti.

1. Tetaplah tenang ketika proses menjalani persalinan, jangan langsung panik.

Belum apa-apa, udah panik banget. Baru buka-an pertama, sudah panik dan kuatir.

Nah, dari pada gitu, mending tenangin diri dulu yuk, Ma. Karena tenang adalah kunci utama biar rasa sakit ketika bersalin menjadi berkurang. Sulit sih memang, apalagi ketika rasa sakit menyerang begitu dasyat, pasti ibu langsung panik banget. Untuk tips, cobalah tenangkan dan fokuskan pikiran kamu untuk bernafas dengan benar. Makanya, olahraga senam selama kehamilan itu dianjurkan banget.

2. Belajarlah bernafas dengan benar

Mungkin tidak banyak orang yang 'ngeh' bagaimana itu bernafas yang benar. Itulah sebabnya kita harus belajar tehniknya.

Bernafas dengan benar bisa mengalihkan rasa sakit yang teramat sangat loh.

Jadi, cobalah menarik nafas dan menghembuskannya dengan pola yang teratur. Biasanya tehnik ini diajarkan saat senam hamil.

Selain itu, bernafas dengan benar juga bisa membantu kamu untuk menghemat engeri sampai saatnya bayi dilahirkan.

3. Minta pasanganmu mengusap air hangat ke tubuhmu

Agar rasa sakit tidak makin menjadi-jadi, ibu hamil harus dalam kondisi nyaman. Misalnya nih dengan cara mengusap badan ibu dengan air hangat. Air hangat bisa diusap ke daerah pundak, tangan, kaki, dan sebagainya oleh pendamping. Ibu rasanya jadi seperti di spa!

4. Minta pasangan kamu untuk memijat karena itu bisa merangsang hormon endorfin

Coba deh minta pendamping atau pasangan buat memijat ibu saat kesakitan. Biasanya yang dipijat adalah bagian bahu, punggung, kaki, dan tangan. Dikutip dari Hai Bunda, pijatan bisa merangsang hormon endorfin yang bikin ibu jadi lebih nyaman. Selain itu pijatan kan menambah kedekatan fisik serta membuat ibu merasa aman.

5. Ubah posisi ketika kamu merasa nyeri.

Misalnya dari duduk, cobalah berjalan-jalan dan gunakan birthing ball bila penting.

Rasa sakit dan nyeri menjelang persalinan juga bisa dikurangi dengan cara mengubah posisi tubuh. Coba deh jongkok, berdiri, duduk, dan berjalan-jalan. Kalau punya birthing ball, duduk di atasnya juga bisa meredakan rasa sakit serta membantu bayi menemukan jalan lahirnya dengan lebih cepat.

Memang buat mengurangi rasa sakit selama melahirkan perlu persiapan sejak lama. Tuh jangan bolos ikut senam hamil dan dipelajari baik-baik ya.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7245

Banner Mitra Juli 1-2