Naomii Simbolon

Official Writer
1159


Dianggap IMBnya (Izin Mendirikan Bangunan) sudah kedaluarsa, sebuah gereja di Semarang disegel oleh warga dan menjadi viral di sosial media.

Pada hari Kamis (1/8), Nur Azis sebagai warga setempat yakni warga Tlogosari Wetam Semarang mendatangi lokasi gereja GBI Tlogosari dan meminta agar orang-orang disana menghentikan proyek pembangunan gereja tersebut. Setelah itu, warga pun bersama-sama sepakat untuk memasang rantai dan menggembok pintu pagar proyek.

BACA JUGA :

Terungkap, Inilah Misteri Dibalik Pembunuhan Isteri Pendeta di Medan Baru-baru Ini!

Pihak polisi melakukan proses mediasi antara pihak gereja dan juga warga setempat, dan proses ini didampingi oleh institusi Kecamatan, Aparat Polisi, TNI, Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG), dan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang.

Tetapi dalam mediasi tersebut, tetap terjadi kericuhan karena pihak warga yang terus bersikukuh untuk mentiadakan gereja di tempat tinggal mereka, padahal menurut pihak gereja, pembangunan tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur dan administrasi yang ada.

Ternyata sejak tahun 1991, pihak gereja sudah mengajukan IMB dan diperharui kembali pada tahun 1994, dan IMB baru keluar di tahun 1998, setelah itu pihak gereja baru melakukan pembangunan seperti pagar dan pondasi.

Lagian, tahun 2002 lalu pihak gereja sudah melakukan polling untuk pembangunan gereja dan mayoritas warga setuju dengan itu.

"Dan itu mulai ditolak karena dianggap tidak dapat persetujuan dari warga. Kita pun lakukan polling ke warga satu per satu, hasilnya mayoritas menyatakan tidak keberatan dengan pembangunan Gereja GBI", kata Wahyudi, pihak dari gereja.

Karena tidak menemukan keputusan, proses mediasi tersebut pun di deadlock dan rencananya akan dilakukan kembali dengan melibatkan Wali Kota Semarang, Polrestabes Semarang, Kodim Semarang serta FKUB dan beberapa kelompok organisasi Agama lainnya.

Kita berdoa, semoga proses mediasi ini menghasilkan keputusan yang baik, dan memuliakan Tuhan. Biarlah kerendahan hati dan sikap toleransi antar beragama ada pada warga setempat. Sehingga ketika gereja berhasil didirikan, umat Kristen disana memiliki tempat untuk beribadah bersama dan memberkati warga setempat.

 

Sumber : CNN


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us