Setelah Membaca 6 Hal Ini, Yakin Kamu Masih Takut Sama Keringat?

Health / 5 August 2019

Kalangan Sendiri

Setelah Membaca 6 Hal Ini, Yakin Kamu Masih Takut Sama Keringat?

Naomii Simbolon Official Writer
2100

Sebelum saya menyadari manfaatnya, saya terbilang orang yang nggak suka dengan keringat.

Mulai dari rambut jadi lepeklah, badan jadi lengket-lengket lah, bau dan tidak lengket juga menjadi alasan utama.

Apakah kamu salah satunya? Nah, kalau sudah begini,biasanya akan selalu menghindari kegiatan di luar ruangan, dan mencari cara praktis supaya tetap sejuk dan terpampang AC.

Misalnya, lebih memilih naik mobil daripada jalan kaki atau naik sepeda hingga motor, lebih memilih liburan ke mall daripada naik gunung, dan lain sebagainya.

So, buat kamu yang saat ini masih tetap demikian, aku mau kasih tau kamu nih beberapa manfaat jika tubuh kamu berkeringat.

Pertama, keringat itu membantu menjaga suhu tubuh

Kalau cuaca sangat panas maka tubuh cenderung bereaksi dan ngeluarin keringat. Right? Dan kebanyakan orang akan panik karena keringat akan segera merusak make up, serta membuat tubuh kamu menjadi bau.

Padahal, hal tersebut merupakan satu reaksi alamiah tubuh loh untuk selalu menjaga suhu tubuh tetap dingin. Bayangin kalau kamu nggak keringatan meski sudah panas banget, pasti ada masalah dengan tubuh kamu.

Kedua, keringat itu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Sampai hari ini, ketika saya sedang demam, maka orangtua akan menganjurkan untuk minum obat dan tidur sampai keringatan.

Mungkin tidak hanya saya, tetapi beberapa dari kamu masih percaya,  bahkan melakukannya.

Buktinya, hal ini memang cukup membantu untuk mengurangi demam yang tinggi.

Selain itu, keringat yang keluar dari pori-pori kita bisa membantu fungsi ginjal dan hati loh!

Ketiga, memperlancar peredaran darah

Jujur, hal ini pun baru aku tahu setelah usiaku 24 tahun loh. Ternyata keringat bisa memperlancar peredaran darah. Hal ini bisa kamu buktikan ketika kamu jogging pagi atau sore lalu kemudian kulit kamu terlihat memerah. Nah, itu artinya peredaran darah di kulit kamu sedang lancar.

BACA JUGA:

Siklus Menstruasi Sering Terganggu, Apakah Itu Pertanda Penyakit? Baca Dulu Nih, Biar Tahu

Keempat, keringat bisa menjaga kelembapan kulit

Kalau kamu mengalami masalah kulit seperti kulit kering, pecah-percah dan berjerawat maka cobalah sering-sering olahraga dan berkeringat. Selain membersihkan pori-pori pada kulit kamu, keringat juga akan membuang tumpukan kulit mati yang menyumbat pori-pori kamu. Jadi, hasilnya kulit kamu nggak cuma bersih tapi lembab juga.

Kelima, keringat bagus untuk megoptimalkan pembakaran kalori

Nah, tentu saja hal ini bukan lagi sebuah rahasia kan? Semua orang pasti tahu kalau berkeringat akan membantu kamu membakar kalori. Itu sebabnya banyak orang yang menjemput keringat dengan olahraga atau beberes rumah.

Keenam, keringatan mampu mengatasi gejala stres

Salah satu cara untuk menghasilkan keringat adalah olahraga, dan olahraga secara teratur akan membantu mengatasi gejala stres.

Kalau kamu banyak tekanan baik dipekerjaan dan hidupmu maka cobalah meluangkan waktu untuk olahraga sebentar, setidaknya mengeluarkan keringat. Setelah itu, tidurmu pasti akan lebih nyenyak karena stres berkurang dengan sendirinya.

Setelah membaca 6 manfaat tubuh berkeringat di atas, yakin masih takut dan kesal sama keringat?  Yuk, mulai hidup sehat!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami