Akhirnya Gua Persembunyian Daud Ditemukan Setelah Sekian Lama Tersembunyi
Sumber: CUFI-UK

Internasional / 21 July 2019

Kalangan Sendiri

Akhirnya Gua Persembunyian Daud Ditemukan Setelah Sekian Lama Tersembunyi

Lori Official Writer
4746

Tim arkeolog mengklaim telah menemukan gua persembunyian Daud saat dikejar-kejar oleh Raja Saul, seperti yang dituliskan dalam Alkitab.

Gua ini sendiri ditemukan di Khirbet a-Rai, dekat kota berkembang Israel Kiryat Gat, yang saat ini dijadikan sebagai Ziklag atau pemukiman orang Filistin yang tercatat dalam Kitab Perjanjian Lama. Letaknya lebih tepat berada di wilayah Negev di bagian barat daya dari kerajaan Yehuda.

Saat ditemukan, para arkeolog mendapati ada puluhan bejana tembikar lengkap dengan alat-alat batu dan logam ditemukan di sana.

“Kami menemukan Kitab Ziklag,” terang peneliti dari Hebrew University, Israel Anquities Authority dan Macquarie University di Sydney.

Situs berusia 3000 tahun ini ditemukan setelah mereka melakukan pengalian di lokasi tersebut sejak tahun 2015. Mereka telah menggali sekitar 1000 meter persegi lahan di sekitarnya.

Baca Juga:

Ungkap Sejarah! Para Ilmuwan Temukan Gereja Tertua di Dunia Ini Tertimbun di Bawah Tanah

Kabar Baik! Lembaran Papirus Tertua Kristen Ini Ditemukan di Mesir

Penemuan ini pada akhirnya menambah daftar situs Ziklag yang ditemukan sebelumnya seperti Tel Halif di dekat Kibbutz Lahavm Tel Sera di Negev Barat dan Tel Sheva.

Selain bukti sejarah terkait gua persembunyian Daud, lokasi tersebut diyakini sebagai pemukiman orang Filistin di abad ke-12 hingga 11 SM. Pasalnya bangunannya terdiri dari struktur batu besar dan luas khas peradaban bangsa tersebut.

Mereka juga menemukan seperangkat mangkuk, lampu dan minyak yang disimpan di bawah lantai bangunan sebagai persembahan selama proses pembangunan.

Mereka juga telah menggali hampir seratus bejana tembikar lengkap yang identik dengan jenis yang ditemukan di kota Yuda Khirbet Queyafe yang dibentengi di kaki bukit Yuda.

Temuan ini memberikan secercah harapan akan terkuaknya kehidupan masyarakat di zaman Raja Daud.

“Ini adalah pertama kalinya pemukiman dalam skala besar dari Zaman Neolitik, 9000 tahun yang lalu ditemukan di Israel. Setidaknya 2000-3000 penduduk tinggal di sini, sebuah urutan yang setara dengan kota saat ini,” ucap Dr Hamoudi Khalaily, pemimpin tim arkeolog.

Sumber : Christiantoday.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami