Wajib Tahu, Inilah 10 Alasan Mengapa Pernikahan Bisa Gagal Termasuk Pernikahan Kristen (2)

Marriage / 18 July 2019

Kalangan Sendiri

Wajib Tahu, Inilah 10 Alasan Mengapa Pernikahan Bisa Gagal Termasuk Pernikahan Kristen (2)

Naomii Simbolon Official Writer
2444

Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, bahwa tidak ada pernikahan yang sempurna, tidak ada juga pasangan yang sempurna. Jadi, semuanya bisa melakukan kesalahan.

Itulah sebabnya kita harus mengenali hal-hal yang bisa membuat pernikahan kita gagal, misalnya :

6. Cara pengasuhan yang nggak berbeda

Pernah nggak sih, kamu berantem dengan pasangan lantaran isteri atau suamimu memarahi anak-anakmu?

Hal ini pun tentu dialami oleh banyak pernikahan. Itu sebabnya, bacalah Alkitab bersama karena Alkitab adalah sumber pengasuhan anak yang terbaik. Jadi, berusahalah untuk mengikuti Kristus dan arahkanlah anak-anak kamu kepada Kristus seperti di Efesus 6:4, "Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan."

7. Keegoisan

Manusia cenderung memerhatikan dirinya sendiri dulu, apalagi ketika seseorang menantang keinginan kita. Jika orang itu adalah pasangan kamu maka sebaiknya pertimbangkanlah perspektifnya dari sekarang lebih dahulu, karena jika kalian sampai berantem, itu hanya akan merusak pernikahan kamu.

8. Duka dan rasa depresi

Setiap orang pasti memiliki masalah. Entah itu masalah yang berat atau juga masalah yang ringan. Namun, meski demikian, setiap orangpun memiliki cara sendiri dalam menghadapi masalahnya. Demikian pun dalam sebuah pernikahan, masalah bisa saja muncul yang mengakibatkan salah satu pasangan stres atau depresi.

Entah itu masalah kantor dan keuangan.

Nah, jika sudah stres begini, ada baiknya setiap pasangan harus saling mengasihi dan saling mengerti.

Kadang, dalam pernikahan, yang terjadi adalah pasangan lainnya menjadi begitu kesal dan tak bisa saling mengerti dan bersikap lemah lembut, sehingga kericuhan dalam pernikahan pun terjadi.

"Kasihanilah aku, ya Tuhan, sebab aku merasa sesak, karena sakit hati mengidaplah mataku, meranalah jiwa dan tubuhku." (Mazmur 31:9)

BACA JUGA :

Wajib Tahu, Inilah 10 Alasan Mengapa Pernikahan Bisa Gagal Termasuk Pernikahan Kristen (1)

9.  Tidak memiliki kedewasaan iman dan emosional yang seimbang

Sebuah kedewasaan membutuhkan waktu seumur hidup, jadi berikanlah ruang kepada pasangan kamu untuk tumbuh tanpa cemooh atau teguran dari kamu atas ketidakdewasaannya. Kelilingilah pernikahan kamu dengan sebuah teladan yang saleh dan dewasa.

"...dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus." (Filipi 3:14)

10. Amarah

Jika kamu memiliki sumbu yang pendek, maka kamu hanya perlu cari tahu alasannya dan berhenti untuk membuat alasan yang membuat sumbu itu semakin menyala dan semakin terang.

Carilah bantuan untuk mengatasi kebiasaan yang merusak seperti itu, jangan dituruti,karena jika dituruti, itu hanya akan membuat sumbu semakin dibakar dan seisi pernikahanmu hancur berantakan.

"Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian, dan fitnah, hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan." (Efesus 4:31)

 

Jadi, itulah 5 lainnya yang bisa membuat kamu belajar dan berhati-hati dalam bertindak sehingga pernikahan kamu tetap baik-baik saja hingga maut memisahkan

Sumber : crosswalk | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami