Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
427


Di dunia yang tidak sempurna ini, keluarga akan menjadi tempat empuk ketika kita terjatuh. Tempat berpaling ketika kita berada di keadaan yang sulit, tempat untuk menghibur diri sendiri dan bercerita ketika semua keadaan tampaknya buruk.

Ketika saya dicemooh oleh orang lain di kantor saya, maka orang pertama sekali yang saya ajak bicara adalah mama saya. Namun suatu ketika, mama saya malah menjadi musuh saya untuk perihal memilih pasangan hidup. Dia sempat mengeluarkan sebuah kata-kata yang membuat hati saya terluka.

Mungkin diantara kamu, ada pula yang mengalami hal ini.

Keluarga yang kamu anggap sesuatu yang terbaik, malah menyakiti kamu baik secara emosional,fisik atau mental.

Jangan dibiarkan terus ya, karena itu bisa merusak pertumbuhanmu di dalam Tuhan, kamu akan kecewa dan sakit hati, atau kamu mungkin akan menjadi anak muda yang sangat berantakan.

Nah, ketika kamu disakiti keluargamu, maka hal yang harus kamu lakukan adalah melindungi dirimu.

Inilah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil kendali dan melindungi dirimu.

1. Akuilah tentang apa yang kamu rasakan

Perasaan kamu itu sangat penting. Jadi jujurlah tentang apa yang kamu rasakan mengenai situasi atau cara keluargamu memperlakukan kamu, dan carilah solusi untuk itu.

Luangkan waktu untuk memikirkan perasaan dan emosi yang muncul ketika kamu berada dalam situasi tersebut. Pikirkan reaksi dan tindakanmu ketika orang ini ada di sekitar kamu. Pertimbangkan gimana perasaan kamu sesudah atau setiap kali bersama orang ini. Biasakan perasaanmu dan hadapilah dengan kasih, dan buatlah keputusan untuk gimana caranya kamu terus bertumbuh dalam kasih.

2. Tetapkan batasan yang sehat

Jika ada orang yang berulang kali menyakiti kamu itu artinya dia tidak peduli sama kamu, dan hanya mementingkan diri mereka sendiri. Lalu kamu sudah mencoba untuk terus berbuat kasih kepadanya, namun tampaknya dia tidak mengerti dan tidak berubah, maka sebaiknya ada kalanya kamu menetapkan batasan tetapi bukan bermusuhan, meski itu sulit dipertimbangkan karena mereka adalah saudara kita.

Mempertahankan diri kadang perlu bagi kesehatan emosi, ketenangan pikiran dan keamanan kamu sendiri. Jadi, tetapkanlah batasan yang sesuai dengan situasi yang kamu hadapi.

Jaga hati kamu dari mereka yang ingin melakukan kerusakan dalam dirimu yang sulit diperbaiki, bahkan sekalipun itu keluargamu sendiri.

BACA JUGA :

4 Cara Melawan Rasa Kesepian Yang Sedang Melanda Para Single Jaman Sekarang!

3. Tetap menunjukkan kasih kepadanya

Jika kamu merasa tidak seharusnya menetapkan batasan, maka boleh loh kamu menunjukkan kasih kepadanya, dan membuka peluang untuk rekonsiliasi di masa depan.

Meski mama saya sudah berusaha untuk menunjukkan kasih kepada tante dan ingin berdamai, tampaknya tante saya tetap tidak mau dan belum berani.

Thats ok, jika hal yang sama kamu alami.

Yang kamu perlu lakukan adalah tetap kuat dan bersabar, dan tetap menunjukkan kasih kepada mereka melalui upaya yang tulus dan mencoba memperbaiki  hubungan.

Jika kamu disakiti oleh seseorang dalam keluarga kamu, maka kamu berhak memiliki parameter di area hubungan kamu. Kamu nggak boleh berada dalam hubungan yang membahayakan.

Kamu harus melindungi dirimu lewat 3 cara di atas dan teruslah berdoa.

 

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dian nugroho 20 October 2019 - 22:26:17

Selam

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3