Sibuk Kerja Lupa Diri. Nih, 3 Trik Ini Sangat Ampuh Bikin Kamu Berhenti Jadi Workaholic!
Sumber: A Man's Quest

Finance / 9 July 2019

Kalangan Sendiri

Sibuk Kerja Lupa Diri. Nih, 3 Trik Ini Sangat Ampuh Bikin Kamu Berhenti Jadi Workaholic!

Naomii Simbolon Official Writer
1848

Jam kerja kantoran rata-rata sama, yaitu 8 jam sehari, dan 5 hari seminggu. Tapi kadang-kadang, ada juga kantor yang masih bekerja 9 jam sehari meski jam kerjanya selesai di jam 5 sore. Dan meski Sabtu-Minggu adalah hari libur, tetap saja ada kantor yang meminta karyawannya bekerja di hari itu.

Apakah kamu mengalami hal itu?

Mau, tidak mau kamu harus taat demi sesuap nasi, dan menabung buat masa depan diri sendiri atau keluarga.

Melihat kesibukanmu yang luar biasa, ditambah side job yang begitu padat, maka temanmu atau keluargamu biasanya akan mengingatkanmu untuk 'istirahat.'

Sebelum akhirnya berubah, pasanganku adalah sosok yang super sibuk. Hampir dia tidak memiliki waktu yang cukup untuk dirinya sendiri bahkan pasangannya. Hal itu memang merusak hubungan kami, bahkan itu pun merusak hubungannya dengan orang lain.

Ketika di suruh 'istirahat' dia selalu memiliki banyak alasan, tetapi dia selalu mengeluhkan tentang apa yang dia kerjakan.

"Kamu nggak tau berapa besar tekanan yang kamu rasakan. Kalau kamu jadi aku, maka kamu nggak akan suruh aku istirahat kayak gini."

Jika kamu berada dalam posisi seperti itu hari ini, maka cobalah untuk melakukan 3 trik ini supaya kamu mampu mengatasi godaan 'kerja terus' dan kamu pun memilih 'istirahat.'

1. Sadarilah bahwa kamu harus berhenti sesibuk itu dan istirahat

Tentu saja kamu sibuk, tapi Alkitab tidak pernah menuntut kamu untuk bekerja tanpa henti. Tuhan pun tidak pernah menuntut pekerjaan dari kita, dan Dia juga bukan Firaun, jadi Dia nggak membutuhkan kita untuk bekerja terlalu keras untukNya sehingga Dia bisa hidup mewah.

Ingatlah, bahwa kamu sudah dibebaskan dari ikatan-ikatan itu, Tuhan akan memelihara kamu kok, jadi aturlah waktumu, dan ubahlah caramu untuk bekerja bahkan ketika banyak target sekalipun.

2. Bekerja untuk Tuhan bukan untuk diri diri sendiri

Bekerja memang sesuatu hadiah dan kesempatan yang luar biasa dari Allah, tapi jangan jadikan itu sebagai simbol status dalam hidupmu.

Biar dikira orang sibuk atau orang karir, eh kamu jadi bekerja se keras itu.

Ketahuilah bahwa sebagai umat Allah, kita ini memiliki status yang aman, dan kita sudah memiliki simbol sendiri yaitu Salib.

Jadi, bekerjalah untuk Tuhan bukan untuk dirimu sendiri, bukan untuk kepuasanmu atau kesenanganmu saja.

Dengan mengetahui itu, kamu tak perlu kuatir lagi, kamu akan taat, rajin dan bekerja keras kemudian mengambil waktu untuk istirahat karena menyadari bahwa tubuhmu adalah milik Tuhan dan harus dirawat untuk melakukan pekerjaan bagiNya.

BACA JUGA :

Hidup Dalam Murah Hati Dengan Memberi Ditengah Kekurangan!

3. Atur jadwal kamu dengan rapih.

Semua orang ngalamin yang namanya sibuk kok. Mulai dari ibu rumah tangga, manager, direktur atau karyawan biasa.

Tetapi jangan malah jadikan kesibukan itu sebuah kebiasaan, melainkan sebuah musim.

Jadi, cobalah untuk mengambil sebuah realisasi yang baru, misalnya atur jadwal untuk kamu istrahat, secara teratur. Misalnya di akhir pecan, dan ruang untuk kamu menikmati hidup. Seperti menonton bioskop,sepak bola dan lain sebagainya. Saya percaya, kamu bisa melakukannya.

Itulah 3 trik yang bisa kamu lakukan dan tiru. Jangan mengasihani diri sendiri, namun bangkitlah dan lakukan sesuatu agar kamu bisa menikmati hari-hari dan mengatur jadwal di dalam pekerjaan dan hidupmu secara nyata.

Sumber : crosswalk | Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami