Ini Sebab Pendiri Jababeka Group Usulkan Hapus Pendidikan Agama dari Sekolah
Sumber: Industriamagz.com

Nasional / 5 July 2019

Kalangan Sendiri

Ini Sebab Pendiri Jababeka Group Usulkan Hapus Pendidikan Agama dari Sekolah

Lori Official Writer
3074

Pendiri Jababeka Group sekaligus praktisi pendidikan Setyono Djuandi Darmono mengusulkan penghapusan pendidikan agama dari sekolah. Dia menilai agama hanya cukup diajarkan orangtua atau guru agama di luar sekolah.

Pria yang akrab di sapa S.D Darmono menuturkan kalau penddiikan agama justru hanya akan membedakan anak. Belum lagi di masa ini agama seringnya dijadikan alat politik.

“Mengapa agama sering menjadi alat politik? Karena agama dimasukkan dalam kurikulum pendidikan. Di sekolah, siswa dibedakan ketika merima mata pelajaran agama. Akhirnya mereka merasa kalau mereka itu berbeda,” kata Darmono dalam peluncuran bukunya di Jakarta, Kamis (4/7).

Dia menyarankan, sebagai ganti Pendidikan Agama pemerintah bisa memperkuat budi pekerti di sekolah. Hal ini bermanfaat untuk memperkuat toleransi siswa dan rasa kebhinekaan.

“Siswa harus diajarkan kalau mereka itu hidup di tengah keanekaragaman. Namun, keanekaragaman dan nilai-nilai budaya itu yang menyatukan bangsa ini, bukan agama,” katanya.

Baca Juga:

In Memoriam Pdt Bigman Sirait, Pernah Jadi Guru Sekolah Minggu Sampai Bangun Gereja

Video Ini Sebut Siswa Kristen Bengkalis Alami Diskriminasi, Kepala Sekolah Ungkap Faktanya

Dia meminta supaya agama jangan dijadikan identitas. Karena hanya akan menimbulkan radikalisme dan memicu radikalisme.

“Kita harus jaga bangsa ini dari politik identitas. Kalau negara ini hancur, yang rugi kita sendiri. Memangnya kalau kita pindah ke negara lain yang seagama, kita bisa diterima, kan tidak. Mananya rawatlah negara ini dengan nilai-nilai budaya, bukan agama,” katanya.

Apakah kamu setuju kalau Pendidikan Agama dihapuskan dari sekolah? Sampaikan komentarmu di bawah ini.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami