Lagi Hits, Tren #BottleCapChallenge Bisa Sebabkan Risiko Kesehatan Ini Loh. Hati-hati Ya!
Sumber: Liputan6.com

Health / 5 July 2019

Kalangan Sendiri

Lagi Hits, Tren #BottleCapChallenge Bisa Sebabkan Risiko Kesehatan Ini Loh. Hati-hati Ya!

Lori Official Writer
1885

Tren olahraga #BottleCapChallenge memang lagi hangat-hangatnya di media sosial seminggu belakangan ini.

Tren ini sendiri adalah tantangan membuka tutup botpl dengan menendangnya dalam posisi terbalik sampai tutup botol terlepas. Bottle Cap Challenge ini sendiri jadi hits karena bintang ternama juga turut ikut berpartisipasi. Tantangan ini sendiri pertama kali dilakukan oleh desainer asal Kanada, Erolson Hugh. Kemudian disusul oleh penyanyi JohnMayer yang menyaksikan videonya berhasil melepaskan tutup botol dengan tendangannya.Setelah itu diikuti oleh aktor Jason Statham yang dipuji dengan tendangan #BottleCapChallenge terbaik sejauh ini.

Tantangan ini sendiri masih terus berlanjut sampai saat ini.


Meskipun terbilang sangat menantang. Namun perlombaan ini juga bisa menyebabkan risiko fatal bagi kesehatan jika dilakukan tidak tepat. Ahli gizi dan olahraga, Jasen Ongko Msc, RD menyampaikan bahwa aksi menendang terbalik ini bisa menyebabkan risiko cedera pergelangan kaki loh!

“Hati-hati dengan ankle (pergelangan kaki), bisa cedera kalau tidak benar caranya,” kata Jansen, seperti dikutup Detik Health, Kamis (4/7).

Baca Juga:

Blokir Iklan Rokok di Internet Undang Kontroversi, Begini Alasan Kominfo…

Kenali Hepatitis A yang Jangkit 900-an Warga Pacitan dan Penyebabnya…

Gerakan ini memang bisa dilakukan oleh siapapun. Tapi untuk bisa melakukannya, seseorang butuh kekuatan, kelenturan, koordinasi dan kecepatan yang baik. Dia menyarankan untuk mempelajari lebih dulu tendangan tanpa memutar lebih dulu. Setelah itu baru gerakan pivot atau memutar dengan berporos pada satu kaki.

“Kuncinya adalah harus mampu melakukan tendangan memutar dengan baik. Gerakan ini terlihat mudah tapi sebenarnya cukup sulit karena membutuhkan kekuatan otot kaki dan otot perut samping serta fleksibilitas perut yang baik,” terangnya.

Nah, buat kamu yang pengen coba tantangan ini. Yuk, mulai latihan dulu. Jangan sampai karena terburu-buru pergelangan kaki kamu malah cedera ya!

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami