Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
707


Sebagian besar orangtua tentu saja melakukan pekerjaan mendidik atau mengasuh anak dengan baik, tapi kadang orangtua tidak begitu menyadarinya.

Buat kamu orangtua, perlu disadari dan dipahami bahwa nggak ada satupun keluarga yang sempurna, demikian juga bahwa tidak satupun metode pengasuhan yang sempurna.

Hanya, bagaimana pun, perlu bagi kita untuk terus belajar bagaimana untuk menjadi orangtua yang jauh lebih baik dalam mendidik anak-anak untuk terus bertumbuh menjadi anak yang takut akan Tuhan. Ini dia yang mungkin bisa kamu pelajari:

1. Teruslah berada disamping anak-anakmu

Ini adalah hal yang begitu penting orangtua sadari bahwa anak-anak sangat menantikan kehadiran kamu. Kehadiranmu adalah tanda kepedulian yang anak-anak kamu selalu nantikan dan rindukan. Kehadiranmu akan memberikan rasa aman kepada anak-anak kamu.

Jadi, pastikanlah untuk memberi waktu di samping mereka dalam sehari. Jangan terlalu sibuk sehingga mengabaikan mereka ya!

2. Tunjukkan dan nyatakanlah kasih sayang dan rasa hangat kepada anak-anakmu

Thats ok, jika sesekali mengatakan "I love you nak" atau mengatakan "Thankyou nak"

Kadang ada beberapa keluarga yang merasa malu dan jangkal untuk mengungkapkan atau menyatakan cinta atau sayang kepada anaknya sendiri. Dulu, keluargaku pun demikian. Bahkan jarang untuk memuji.

Nah, jika keluargamu masih demikian, sebaiknya berubahlah. Anakmu menunggu pujianmu, menunggu ungkapan cinta darimu dan juga menunggu dorongan darimu.

So, lakukanlah itu jika ingin menjadi orangtua yang benar-benar baik bagi mereka.

3. Bangunlah moral dan nilai - nilai yang sehat untuk anak-anak kamu

Keputusan yang diambil anak-anak kamu saat ini akan mempengaruhi mereka selama sisa hidup mereka. Dan untuk mempengaruhi keputusan mereka, diperlukan kekuatan dari kamu sebagai orangtua.

So, berikanlah pengaruh yang signifikan untuk anakmu melalui hidupmu sendiri, mengajari mereka, membawa mereka ke gereja dan memastikan meereka mendapatkan nilai-nilai dan moral yang  tepat  yang akan dibawa oleh mereka hingga mereka dewasa.

BACA JUGA : 

Biar Nggak Dikatain ‘Drama Mama’ Hindarilah Hal Ini dan Lakukan 3 Hal Ini!

4. Konsistenlah untuk mengajar mereka disiplin

Setelah kamu mengambil langkah untuk  menjadi model dan mengajar mereka dengan moral yang tepat, maka saatnya untuk konsisten dalam hal itu.

Disiplinkanlah mereka secara konsisten dengan hal-hal yang baik dan benar tentunya, karena itu akan membangkitkan kepatuhan bagi mereka.

5. Komunikasi adalah kunci utama

Komunikasi  yang positif adalah bahasa cinta untuk anak-anak kita. Sebagai orangtua, ambillah inisiatif untuk berkomunikasi dengan anak-anak dengan nada yang lembut, dan aturlah nada ketika mengobrol dengannya, serta pastikan juga untuk ngedengarin mereka pas mereka bicara ya!

6. Berikanlah energi untuk pertumbuhan spiritual keluarga kamu

Panggilan terbesar kamu sebagai orangtua bahkan sebagai manusia adalah meninggalkan warisan rohani bagi keturunan kamu. Jadi, pastikan kesehatan rohani kamu aman, dan berikanlah contoh bagi mereka. Impartasikan kebenaran Allah dalam keluarga kamu dan hidup Kristen yang benar ditengah-tengah anak-anak dan pasangan kamu. Sehingga mereka menirunya dan memperlakukan hal yang sama kepada orang lain dan menjadi bekal bagi mereka di masa muda hingga ke keturunan mereka.

Jadi, itulah 5 cara yang bisa kamu pelajari sekaligus kamu praktikkan untuk menjadi orangtua yang lebih baik, dari hari ke hari. Semangat ya Ma, bagikan ke teman-temanmu juga!

 

Sumber : cbn/ jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

16. Rayhan Gardner 28 January 2020 - 10:09:46

Tokoh dalam buah roh

0 Answer

Alexander Edwardson 27 January 2020 - 08:33:26

Paus fransiskus kecam upah

0 Answer

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Banner mitra januari 4


7268

advertise with us