Kenali Hepatitis A yang Jangkit 900-an Warga Pacitan dan Penyebabnya…

Kenali Hepatitis A yang Jangkit 900-an Warga Pacitan dan Penyebabnya…

Lori Official Writer
854

Sampai Senin, 1 Juli 2019, tercatat jumlah penderita Hepatitis A di Pacitan sudah mencapai 975 orang. Fenomena pun ditetapkan sebagai kejadian luar biasa lantaran baru pertama kali terjadi di Indonesia.

Asal mula penyebaran Hepatitis A ini berawal dari seorang warga Kecamatan Sudimoro yang terjangkit setelah makan es cincau. Dugaan sementara, penyebaran terjadi lewat air tidak bersih yang digunakan pedagang.

Seperti diketahui, Hepatitis A adalah penyakit peradangan organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Infeksi ini sendiri bisa terjangkit melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan virus.

Penyakit ini mudah menyerang mereka yang tinggal di daerah terjangkit Hepatitis A. Bisa juga melalui hubungan intim dengan penderita atau bahkan tinggal bersama seorang penderita.

Gejala Hepatitis A

Biasanya seseorang yang terserang Hepatitis A akan mulai mengalami beberapa gejala seperti:

- Warna mata berubah pucat

- Kulit jadi kuning

- Demam

- Lemas

- Mual dan muntah

- Warna urin berubah gelap

- Tinja lebih pucat

Pengobatan dan pemulihan Hepatitis A

Kendati tergolong penyakit menular. Namun Hepatitis A sebenarnya mudah disembuhkan. Penyakit ini bahkan bisa sembuh dengan sendirinya karena sistem kekebalan tubuh bisa melawan virus yang masuk.

Penderita biasanya hanya perlu beristirahat total selama seminggu penuh sampai nafsu makan kembali meningkat.

Hepatitis A juga tidak akan menyebabkan penyakit hati kronis. Kecuali bagi penderita yang memiliki riwayat penyakit liver, yang bisa berkembang menjadi gagal hati. Untungnya, kasus semacam ini terbilang sangat jarang terjadi.

Cara pencegahan Hepatitis A

Untuk pencegahan Hepatitis A, Kementerian Kesehatan menganjurkan masyarakat untuk melakukan beberapa hal ini:

  • Memastikan sanitasi air tetap bersih
  • Menjaga kebersihan diri dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah buang air, sebelum menyusui bayi, mengolah makanan dan setelah mengganti popok bayi
  • Memastikan buang air besar dengan bersih
  • Mengkonsumsi makanan bersih dan sehat
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Melakukan vaksinasi Hepatitis A

Semoga kasus di Pacitan membuat kita lebih menyadari pentingnya kebersihan diri dan lingkungan ya. Dan jangan lupa untuk tetap memastikan makanan, minuman dan jajanan yang kita makan bebas dari virus dan bakteri.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami