Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
669


Ketika Karen dan Scott menikah, Karen memiliki hampir 50.000 dollar utang non-hipotek. Scott, yang adalah seorang pemadam kebakaran di Chicago waktu itu, bercanda dan mengatakan bahwa dirinya adalah mas kawin yang terbalik.

Sebelum bertemu dengan Scoot, sebenarnya Karen sudah melalui hubungan yang putus nyambung.

"Aku memutuskan bahwa jika aku nggak menikah, setidaknya aku akan punya apartemen yang bagus. Aku ingat bisa berdiri di konter furnitur tanpa memakai kartu kredit. Aku pikir, aku pantas mendapatkan sofa ini, dan aku pun langsung mendapatkannya.

Nggak sedikit pun yang menganggu saya karena saya nggak punya uang untuk itu semua," katanya.

Yang memperburuk keadaan adalah, pekerjaan lepas Karen akhirnya membuat penghasilannya nggak konsisten.

Bertemu dengan Scott, Karen akhirnya memberitahu Scott sepenuhnya masalah keuangannya, tetapi Scott malah mendukung penuh Karen, "Aku bukan orang yang bisa menyelamatkanmu, tapi aku bisa melewati ini semua bersamamu."

Akhirnya, Karen pun mengembangkan anggaran pribadinya, memotong kartu kreditnya, lalu menerima pekerjaan sampingan dari salah satu kliennya serta mulai membayar utangnya pelan-pelan.

Begitu Karen dan Scott menikah, mereka pun mulai menangani hutang bersama. Karen ingat, "Saya terus menyebutnya sebagai hutang saya," tetapi Scott akan menegur saya dan berkata,'Ini hutang kami.'

Coba lihat deh, salah satu bagian penting dari kisah mereka ini adalah bahwa mereka membagikan 10 persen pendapatan mereka selama perjalanan untuk membayar hutang.

Pengalaman  mereka ini, sangat memberikan pelajaran yang kuat bagi siapa pun yang bertanya-tanya tentang gimana mereka bisa dengan murah hati memberi untuk bayar hutang.

1. Buatlah komitmen

Dari pada membiarkan keadaanmu bergerak dan menentukan prioritas keuanganmu, ikutilah cara Karen dan Scott yang  selalu berkomitmen untuk membayar hutang mereka bersama-sama.

Ketika kamu membayar hutang, maka bergeraklah dengan pemahaman alkitab tentang "buah sulung" di Amsal 3:9. Aturlah anggaran kamu dan jadikanlah hutang sebagai prioritas lebih tinggi untuk di bayar.

2. Serius

Karen dan Scott ingin membeli rumah, tapi mereka nggak mampu melakukannya jika mereka sambil membayar hutang. Jadi akhirnya mereka pun menyewa selama 9 tahun, sambil serius untuk membayar hutang mereka dengan lunas.

"Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya. Jangalah engkau berkata kepada sesamamu, "Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi," sedangkan yang diminta ada padamu." (Amsal 3:27-28)

Jadi, jika bisa dibayar dan di cicil sekarang, kenapa tidak? Seriuslah membayar!

Jika kamu kesulitan untuk membayarnya karena gajimu tidak cukup, maka ambillah langkah radikal yang kadang-kadang memang tidak nyaman. Apakah itu menjual rumahmu? Mengambil kerja sampingan? Atau tidak pakai Internet untuk sementara waktu? Dan lain sebagainya.

BACA JUGA :

Biar Nggak Miskin Pas Menikah, Perlakukanlah Uang Kamu Dengan 4 Cara Ini!

3. Memberi hadiah pilihan kepada Tuhan!

Sebelum kamu memprioritaskan untuk membayar hutang, maka jangan lupa untuk memberikan hadiah pilihan terbaik untuk Tuhan ya.

Dalam Kejadian 4:3-5, Alkitab menceritakan kisah tentang saudara-saudara Kain dan Habel. Ketika mereka sudah dewasa, mereka memberikan hadiah kepada Tuhan. Kain membawa sebagian hasil panennya tetapi tidak bagian yang terbaik. Sebaliknya, Habel membawa bagian gemuk dari beberapa anak sulung kawanannya, dalam arti memberikan hadiah terbaik.

Alkitab berkata, bahwa Tuhan akhirnya menerima persembahan Habel dan persembahan Kain, Tuhan tidak suka.

Jadi, jika kamu sudah benar-benar serius mengatur anggaran kamu tapi tampaknya masih tidak bisa memberi pada tingkat persepuluhan, setidaknya berikanlah hadiah pilihan, kepada Tuhan.

Bagi Karen dan Scott, itu berarti memberikan persepuluhan dari penghasilan bersih mereka. Dan prinsip mereka adalah 10 persen bersih sampai hutang mereka lunas.

Nah itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk membayar hutang kamu hingga lunas. Lakukanlah dan alami kebebasan dalam hal keuangan.

Sumber : cbn/ jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kesita 6 December 2019 - 09:12:14

mengapa ester dipakai tuhan

0 Answer

Merry Novianty 6 December 2019 - 08:04:01

terlilit hutang rentenir

0 Answer

Wahyu hlw 6 December 2019 - 00:19:01

Mengapa Musa tidak memasuki tanah kanaan

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 4


7259

advertise with us