Pernikahan Itu Sekolah Kehidupan, 8 Pelajaran Ini yang Perlu Dipetik Suami Istri
Sumber: brandonsteiner.com

Marriage / 1 July 2019

Kalangan Sendiri

Pernikahan Itu Sekolah Kehidupan, 8 Pelajaran Ini yang Perlu Dipetik Suami Istri

Lori Official Writer
4587

Menikah dan hidup dalam pernikahan bahagia adalah dua hal yang sangat berbeda. Banyak orang yang beranggapan bahwa pernikahan yang sukses adalah pernikahan yang bahagia. Sayangnya, kebahagiaan itu gak terjadi begitu saja. Dibutuhkan usaha untuk menciptakannya. Itu sebabnya pernikahan disebut sebagai sekolah kehidupan.

Ada beberapa kunci untuk menciptakan pernikahan bahagia. Ibarat berinvestasi, suami istri harus terus menerus melakukan pertukaran dan penarikan dalam hubungan dan hal-hal tersebut terbilang sesuatu yang sederhana loh.

Berikut beberapa pelajaran yang bisa dipetik suami dan istri.

1. Lebih sering tertawa

Secara psikologis, tertawa dipercaya sebagai obat untuk mengurangi kecemasan, ketegangan, stress dan suasana hati yang kacau. Akan sulit rasanya bahagia saat suasana hati sedang marah dan stress.

Karena itulah, apapun kondisinya warnailah pernikahanmu dengan tawa. Karena cara ini bisa menyatukan semua orang.

2. Saling minta maaf

Pernikahan memang gak akan lepas dari beragam konflik, baik yang datang dari dalam maupun luar.

Bagaimanapun konflik bisa jadi hama yang menggerogoti pernikahanmu. Jangan biarkan hama itu tumbuh subur dan merambat. Selesaikan dengan kata ‘maaf’.

3. Tidak menaruh harapan terlalu tinggi

Saat kamu menaruh harapan yang terlalu tinggi kepada pasanganmu, kamu akan mengalami kekecewaan. Karena itu, belajar untuk menaruh harapan yang lebih rendah dan jalani pernikahan kalian dengan menyenangkan. Hal ini memang gak akan selalu mudah, tapi pasti akan sangat menginspirasi!

4. Lebih fleksibel

Hidup berubah, orang berubah dan dunia berubah. Perubahan gak bisa dihindari. Gak ada cara untuk menghentikannya. Bahkan dalam pernikahan, perubahan bisa terjadi kapan saja. Karena itu, jalanilah hidup secara fleksibel supaya pernikahanmu berjalan dengan lancar.

Baca Juga:

Percayailah Suamimu Saat Dia Berkata ‘Kamu Cantik!’

5 Kunci Pernikahan Bahagia Ala Barack dan Michelle Obama, Kamu Perlu Tiru!

5. Komunikasi dua arah

Komunikasi adalah kunci utama sebuah pernikahan supaya berjalan baik. Gak ada kunci lain untuk mengikat hubungan selain duduk berdua dan membicarakan banyak hal dengan terbuka. Dengan cara ini, suami istri akan semakin saling memahami satu sama lain.

6. Bekerja sebagai satu tim

Cinta adalah kemitraan dua orang yang saling bekerja sama. Baik suami dan istri punya kelemahan dan kekuatan masing-masing. Karena itulah mereka harus saling melengkapi dan mengatur rumah tangga dengan solid sebagai satu tim.

7. Lebih sering berpetualang

Waktu kita berbagi pengalaman baru dengan seseorang, hubungan kita akan semakin terikat. Karena itulah pernikahan perlu dibumbui oleh petualangan baru. Supaya suami istri gak mudah bosan dan merasa lelah sendiri dengan kebiasaan yang sama setiap hari.

8. Ubah dirimu sendiri

Dalam pernikahan kita belajar untuk melepaskan ego dan sikap mementingkan diri sendiri. Suami istri harus belajar untuk berubah dan hidup melengkapi pasangan. Perubahan itu bisa soal sikap, kebiasaan, karakter dan sebagainya.

Pernikahan adalah perjalanan untuk membangun sebuah rumah yang hangat dan bahagia. Dan untuk menciptakannya, suami istri perlu belajar setiap hari. 

Sumber : Be Your Self | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami