Pengen Ikut Mission Trip Tapi Kendala Dana? Begini 5 Cara Cepat Galang Dana dari Sponsor
Sumber: cbn.com

Finance / 30 June 2019

Kalangan Sendiri

Pengen Ikut Mission Trip Tapi Kendala Dana? Begini 5 Cara Cepat Galang Dana dari Sponsor

Lori Official Writer
2185

Mission Trip atau perjalanan misi bisa jadi cara Tuhan untuk membawamu pada panggilanNya. Tapi saat ada kesempatan, kekurangan dana bisa jadi kendala utamanya. Mengingat bermisi memang butuh banyak dana.

Tapi jangan langsung putus asa. Kalau memang Tuhan sudah merencanakannya untukmu, Dia pasti buka jalan. Ada banyak orang yang mungkin dengan rela berinvestasi untuk perjalanan misimu.

Ada 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat galang dana lebih cepat, diantaranya:

1. Beritahu rencana mission tripmu lebih dulu di gerejamu

Langkah pertama adalah menghubungi pimpinan gerejamu. Dengan menghubungi pimpinan gerejamu lebih dulu dan memberitahukan rencana dan kondisi keuangannya, bisa jadi dia akan membantumu dengan mengarahkan semua jemaat yang rindu untuk jadi sponsor.

2. Tentukan target potensial yang bisa mendukungmu

Cara kedua adalah dengan membuat daftar target potensial yang bisa membantumu soal dana. Bila perlu, mulailah menemui mereka dan ceritakan kerinduanmu untuk ikut dalam mission tripmu. Bisa jadi beberapa dari mereka bisa membantu sesuai dengan jumlah dana yang bisa mereka berikan.

3. Buat video promo dan share di sosial media

Di jaman ini, kehadiran platform seperti sosial media sangat membantu dalam hal penggalangan dana. Gak sedikit pula dari peserta mission trip yang butuh dana memakai cara ini untuk mendapatkan sponsor.

Peserta mission trip seperti World Race sendiri melakukan cara ini. Mereka membuat video promosi pendek dan membagikannya di Youtube, Facebook, Twitter maupun Instagram.

Baca Juga:

7 Tips Rencanakan Trip Misi Jangka Pendek

Takut Ikut Mission Trip? Cari Tahu Lebih Dulu Apa Kata Alkitab Soal Pelayanan Ini

4. Buat proposal permohonan bantuan    

Biasanya proposal permohonan dana akan disetujui kalau kamu mengirimkannya kepada lembaga Kristen yang mendukung pelayanan misi. Kamu mungkin bisa mengirimkan ke yayasan misi Kristen di kotamu atau juga lembaga pelayanan yang sudah berkembang.

Dalam mengajukan proposal, pastikan menyematkan informasi yang jelas soal mission trip yang akan kamu ikuti. Dan jujurlah dengan kondisi keuanganmu.

5. Cari sponsor bisnis

Berjualan untuk mencari dana mission trip mungkin terbilang gak mudah. Karena ini bagi peserta misi yang butuh bantuan dana, kalian juga bisa loh mencari dengan sponsor bisnis terutama yang mau mengiklankan soal sesuatu yang berbau agama dalam bisnisnya. Kalian bisa saja menjalin kerja sama dimana mereka bisa mendapat keuntungan dari perjalanan misimu untuk iklan mereka.

Biasanya sponsor bisnis akan memberikan biaya penuh untuk semua kebutuhanmu.

Selain kelima ide di atas, kamu juga bisa menggalang dana dengan cara bekerja sama dengan peserta lain. Ajaklah mereka untuk membahas ide untuk mendapat dana yang dibutuhkan. Kumpulkan semua ide sampai kalian mendapatkan ide yang paling cepat, efektif dan mudah mendapatkan sponsor.

Dan yang terakhir, tentu saja jangan pernah lupa membawanya dalam doa-doamu. Karena bagaimanapun kalau memang kamu benar-benar punya kerinduan untuk ikut dalam mission trip ini, Tuhan pasti akan membuka jalan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami