Gak Pernah Kamu Sadari, 7 Sikap Ini Menjadikan Kamu Pribadi Yang Intelligent, Lho (Part 1)

Single / 29 June 2019

Kalangan Sendiri

Gak Pernah Kamu Sadari, 7 Sikap Ini Menjadikan Kamu Pribadi Yang Intelligent, Lho (Part 1)

Inta Official Writer
2242

Percaya atau enggak, sebenarnya kita nggak perlu punya IQ tinggi buat jadi pribadi yang intelligent alias cerdas, lho. Buat jadi orang yang intelligent, kita nggak perlu mahir matematika atau sains. Malah sebenarnya intelligent juga bisa dilihat dari bagaimana cara kita bersikap.

Kali ini, para ahli justru mengemukakan kalau orang yang intelligent alias cerdas sebenarnya nggak benar-benar menyadari kalau mereka itu cerdas.

Menurut Dr. Catherine Jackson, orang yang punya intelligent tinggi adalah mereka yang lebih fleksibel dari segi pemikiran dan dapat beradaptasi dengan perubahan, mereka juga cenderung berpikir sebelum melakukan atau berbicara, dan yang paling menonjol di atas itu semua adalah mereka bisa mengetahui cara mengendalikan emosi dengan efektif.

Nah kalau menurut Dr. Jackson tadi, ini loh sikap-sikap yang bisa membuktikan kalau sebenarnya kita ini adalah pribadi yang intelligent, meskipun kita nggak sama sekali menyadarinya,

1. Memiliki sikap empati dan belas kasih

Seorang psikoterapis, Christine Scot-Hudson mengemukakan kalau dalam penilaian psikologis, kecerdasan emosional itu ada korelasinya dengan IQ yang tinggi. Dalam penelitiannya, ia mengatakan kalau semakin tinggi skor seseorang dalam sikap empati, maka semakin tinggi pula skor orang tersebut dalam pemahaman verbalnya.

Singkatnya, empati merupakan bagian dari kecerdasan emosional atau pemahaman yang merupakan bagian dari kecerdasan kognitif. Jadi, kalau kita memimpin dengan hati, maka kita akan memiliki peluang untuk bisa memimpin dengan pemikiran kita juga.

2. Punya rasa penasaran terhadap dunia

Kita pasti mengira kalau orang yang punya tingkat kecerdasan atau intelligent tinggi pasti sangat suka membaca. Namun, menjadi pribadi yang cerdas bukan dinilai dari berapa banyak informasi yang ia resapi dari sebuah buku dalam kesehariannya. Namun, ini semua tentang rasa penasaran terhadap sesuatu, bahkan semuanya.

yang cerdas cenderung mengaitkan ketertarikannya dan bertanya seperti siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana, mengapa dan misalnya," ungkap Cott-Hudson.

Orang yang cerdas senang mempelajari orang lain, budaya, binatang, sejarah, dan apa yang sedang terjadi di dalam dunia ini. Suka membaca bukanlah sebuah tanda kalau seseorang itu cerdas atau tidak, tetapi sudah jelas kalau orang yang suka buku adalah mereka yang punya rasa penasaran dan suka belajar.

3.  Jeli terhadap sesuatu

Disaat banyak orang yang berusaha menyuarakan pendapat untuk mengemukakan siapa mereka, orang yang cerdas justru sebaliknya. Daripada gembar-gembor soal apa yang sudah dia dapat atau berusaha menyakinkan orang lain seberapa benar opininya, kebnayakan orang cerdas justru diam dan mengamati. Saat kita bisa diam dan mengamati apa yang sedang terjadi, biasanya kita jadi tahu apa yang kekurangan atau kehilangan dari sesuatu hal tersebut.

Selain tiga sikap di atas, ada sikap lainnya yang menandakan kalau seseorang itu cerdas atau tidak, lho. Simak pada artikel sebelumnya, ya..

 

Sumber : Bustle/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami