Vatikan Pertimbangkan Untuk Menahbiskan Lelaki Beristri di Amazon Karena Alasan Ini
Sumber: The Jerusalem Post

Internasional / 25 June 2019

Kalangan Sendiri

Vatikan Pertimbangkan Untuk Menahbiskan Lelaki Beristri di Amazon Karena Alasan Ini

Inta Official Writer
2415

Amazon merupakan sumber dari seperempat oksigen dunia dengan sepertiga cadangan hutan globalnya. Negara yang memiliki penduduk 33 juta orang tersebut sangat minim jumlah pastor.

Dikutip dari BBC, vatikan menyebut umat katolik di Amazon sedang menghadapi tantangan lingkungan dan pastoral. Hal ini mendorong vatikan sebagai otoritas tertinggi Katolik Roma mempertimbangkan untuk menahbiskan laki-laki yang sudah beristri untuk menjadi pastor di kawasan Amazon, Amerika Latin.

Dikutip dari BBC, wacana ini muncul dalam surat edaran terkait lingkungan, betajuk Laudato Si, yang ditulis Paus Fransiskus dan diterbitkan tahun 2015.

Didalamnya berisikan sejumlah daerah yang akan dibahas secara mendalam dalam sebuah pertemuan akbar keuskupan di bulan Oktober mendatang.

Tidak hanya pimpinan gereja Katolik, perwakilan masyarakat dari Brasil, Bolivia, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuele dan Guyana juga ikut diundang untuk bisa ikut menghadiri pertemuan di Roma, Italia tersebut.

Selain itu, dokumen itu juga menuliskan bahwa untuk bisa menjadi pastor, pria yang sudah beristri tadi haruslah merupakan peribadi yang dihormati di komunitasnya, merujuk pada istilah 'karakter pria tersebut telah terbukti'.

Seperti yang kita ketahui, Konsili Lateran tahun 1123 dan 1139 secara eksplisit memang melarang pastor untuk menikah. Hal ini agar nantinya istri atau anak dari sang pastor tidak dapat mengklaim aset yang dimiliki oleh pastor selama hidupnya. Jadi, semua kepunyaan pastor tersebut dapat ditanggung oleh otoritas gereja.

Adapun, kebijakan tersebut nantinya akan diputuskan di akhir konferensi gereja pada Oktober nanti, dimana para peserta akan melakukan pemungutan suara dengan sejumlah ketentuan. Dokumen regulasi itu nantinya akan diserahkan ke Paus, dan pauslah yang akan mengesahkan atau menentukan ketentuan itu menjadi nasihat apostolik.

Sumber : BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami