Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
426


Apa kamu tipe orang yang suka nyanyi? Nyanyi yang dimaksud di sini bukan di atas panggung loh. Tapi nyanyi atau melantun sendiri entah di dapur sembari memasak, di kantor sembari kerja atau di kamar mandi.

Kamu yang punya kebiasaan nyanyi-nyanyi keras bisa saja gak tahu persis alasan kenapa kamu harus melakukannya. Tapi sebenarnya tanpa sadar ada banyak manfaatnya loh!

1. Nyanyi bisa meningkatkan kapasitas paru-paru.

Mary King, seorang penyanyi Gramophone mengatakan bahwa saat seseorang bernyanyi maka kapasitas paru-parunya akan mulai meningkat. Dan saat kondisi paru-paru baik, maka kekebalan tubuh akan mendukung proses oksigen masuk ke dalam tubuh dengan baik.

Karena itulah sangat dianjurkan bernyanyi bahkan saat sedang mengemudi. Karena tingkat kewaspadaan akan lebih tinggi saat kita sedang bernyanyi.

2. Bernyanyi dengan keras bisa menyehatkan otak

Manfaat lain dari bernyanyi keras adalah untuk menyehatkan otak. Bahkan terapi bernyanyi sendiri bisa mencegah seseorang dari serangan Alzheimer dan membantu penderita demensia mempertahankan ingatan mereka.

Sebuah studi di Universitas Frankfurt menemukan bahwa anggota paduan suara profesional yang menjalani tes darah sebelum dan sesudah satu jam latihan, mengalami peningkatan kekebalan tubuh. Sementara mereka yang hanya mendengarkan musik ditemukan tidak mengalami peningkatan sistem imun.

Baca Juga:

Bernyanyi, Obat Ampuh Usir Ketegangan

Bernyanyi Atau Merangkak


3. Bernyanyi mengurangi risiko asma dan masalah mendengkur

Studi yang diterbitkan di Jurnal Sleep Breath pada tahun 2008 silam menyampaikan bahwa bernyanyi bisa melatih otot-otot tenggorokan menjadi lebih kuat dan membantu mengurangi dengkuran saat tidur. Paru-paru yang sehat juga akan membuat penyakit asma lebih membaik.

Apakah bernyanyi setiap hari baik bagi kesehatan?

Saat seseorang masih muda, mereka akan cenderung lebih banyak bernyanyi. Saat bernyanyi, seseorang akan mulai merasa lebih bahagia. Kenapa? Karena kandungan endorfin yang berfungsi sebagai hormon kebahagiaan dilepaskan di dalam tubuh.

Dan tentu saja manfaat bernyanyi sangat besar bagi kesehatan. Mulailah melantunkan lagu-lagu ringan hari ini. Gak perlu punya suara merdu, yang penting kamu bisa bernyanyi untuk dirimu sendiri aja sudah sangat membantu menyehatkan tubuhmu.

Sumber : Securesingle.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7275

advertise with us