Tips Jadi Orangtua dari Michael Phelps, ‘Mulai Tarik Napas dan Tetap Tenang’
Sumber: People.com

Parenting / 20 June 2019

Kalangan Sendiri

Tips Jadi Orangtua dari Michael Phelps, ‘Mulai Tarik Napas dan Tetap Tenang’

Lori Official Writer
2015

Perenang peraih piala Olympiade dan pemilik 23 medali emas, Michael Phelps dikenal bukan hanya jago di dalam air. Tapi dia juga melatih diri menjadi suami siaga dan seorang ayah yang handal bagi kedua anaknya.

Sejak menikah di tahun 2016 silam, Michael dan istrinya Nicole Johnsonn sudah dikarunia dua putra (Bloomer (3 tahun) dan Beckett (15 bulan)) dan tak lama lagi akan menyambut anak ketiganya.

Setelah mengarungi bahtera pernikahan, Michael mengaku jika hidupnya benar-benar berubah. Lewat dua anaknya, dia mengaku belajar banyak hal soal pengasuhan.


Berdasarkan pengalaman pengasuhan yang dia lakukan bersama sang istri, Michael menyampaikan bahwa kunci utama dalam pengasuhan adalah bagaimana orangtua lebih banyak menarik napas untuk menahan emosi dan tetap tenang.

Teknik ini, katanya, sama seperti saat sedang berenang di dalam air. Dengan melakukan hal ini, dia mengaku bisa mengendalikan stress dan tekanan. Itu sebabnya, dia menganjurkan kepada semua orangtua yang mengalami kesulitan dalam mengelola emosi untuk mengikuti teknik ini.

“Pengasuhan (anak) belajar tentang kesabaran dan tetap tenang. Nicole mengajari Booms untuk menarik ‘napas singa’ saat dia merasa frustrasi. Ada saat-saat dimana aku merasa frustrasi dan Booms berkata kepadaku, ‘Ayah tarik napas’” terang Michael.

Baca Juga :

Inilah Ayat-ayat Alkitab yang Perlu Para Ayah Renungkan. Selamat Hari Ayah!

Teruntuk Semua Ayah, 8 Kata-kata Ini yang Ingin Didengar Anak Perempuanmu

Dia mengaku, mengasuh anak bukanlah cara yang mudah. Karena akan ada masa saat dia harus menghadapi rasa marah dari kedua anaknya. Tapi untuk menghadapinya dia melakukan dua tindakan sederhana yaitu menenangkan diri kemudian menenangkan anak-anaknya.

Sementara terhadap pernikahannya, Michael mengaku kehadiran anak justru melatih dia dan Nicole untuk bekerja seperti sebuah tim.

“Dalam berenang, aku tahu lebih baik daripada banyak orang di dunia ini. Tapi dalam hal pengasuhan anak, aku tidak punya semua jawabannya. Pengasuhan bicara kerja sama antara Nicole dan aku. Dan kamu terus belajar. Kami selalu menyampaikan apa yang kami alami saat kami mulai stress dan memerlukan bantuan untuk meringankan beban kami,” ucapnya.

Ya, kita tentu setuju kalau mengasuh anak ini adalah pekerjaan yang gak mudah. Karena itulah dibutuhkan kerja sama yang solid antara suami dan istri. Jadi, mari mencontoh teknik pengasuhan yang diterapkan pasangan ini.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami