Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
390


Seiring bertambahnya usia, pola pikir kita soal uang pasti juga akan mulai berubah. Pola pikir kita soal karir, teman, kehidupan dan cara menjalaninya juga akan berubah.

Saat kita masih muda, akan banyak waktu yang kita habiskan untuk bersenang-senang, liburan kemanapun kita mau dan menikmati sesuatu yang baru.

Inilah sebabnya penting sekali bagi kita untuk menempatkan waktu dan uang kita untuk mendapatkan pengalaman baru selama masih muda.

Selain itu ada 5 alasan kenapa kita harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari pengalaman daripada mengoleksi barang:

1. Pengalaman membuat kita bahagia lebih lama

Seorang Profesor psikologi di Universitas Cornell Thomas Gilovich menyampaikan bahwa uang dan pengalaman memang harus saling mendukung.

Dia menjelaskan bahwa dibandingkan pengalaman, memiliki materi hanya membahagiakan kita dalam waktu sementara. Misalnya, kita akan sangat bersemangat di awal saat kita mulai membeli mobil. Tapi setelah beberapa waktu, rasa antusias itu akan perlahan memudar. Mobil yang kita beli lambat laun mengalami penyusutan nilai, begitu juga dengan kenikmatan kita memakainya.

Sementara kebahagiaan materi mulai memudar, kita mulai mencari hal lain yang bisa membahagiakan kita. Entah itu membeli sepatu baru, sepeda baru dan sebagainya. Namun sayang, semua itu sama sekali tak membuat kita bahagia juga.

2. Pengalaman baru bisa memperkaya diri

Berbeda dengan saat kita mulai menabung untuk rencana liburan ke tempat-tempat baru. Ini adalah pengalaman baru yang bisa memperkayamu, baik secara emosional maupun pikiran. Itu sebabnya banyak anak muda mulai bertualang untuk mencari pengalaman pribadi.

Selain berlibur, melakukan hobi yang kita suka juga akan sangat memperkaya pengalaman. Misalnya, menunggang kuda, menulis, berlayar dan sebagainya. Melakukan hobi ini akan memperkaya pengalaman dan membuka mata kita terhadap dunia dan peluang baru untuk pertemanan, budaya dan juga pelajaran hidup.

3. Pengalaman baru gak perlu mahal

Mendapat sebuah pengalaman baru tak perlu harus mahal. Karena kita bisa melakukan hal-hal sederhana tanpa budget yang banyak, seperti contoh pergi hiking, mengunjungi museum atau bahkan ikut dalam sebuah trip pendek.

“Pengeluaran dalam jumlah kecil yang melibatkan interaksi sosial seperti makan di luar, pergi konser adalah cara yang baik untuk menghilangkan stress, bersenang-senang dan menciptakan kenangan abadi. Kebahagiaan akan bertambah dan hal itu bersifat kekal,” kata penulis Forbes, Ilya Pozin.

Baca Juga:

Biar Tetap Aman, Begitu 4 Tips Bawa Uang Cash Saat Liburan!

Banyak Tanggal Merah Jangan Cuma Dianggurin, Liburan Aja Dulu Yuk...

4. Pengalaman baru menambah energi baru dalam hidup

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan kebahagiaan tanpa harus menghabiskan semua pendapatan kita. Salah satu caranya dengan memperkaya pengetahuan lewat buku atau percakapan dan eksplorasi. Pengetahuan inilah yang akan melahirkan kebahagiaan dan energi baru dalam hidup.

5. Pengalaman bukan soal menghabiskan tapi memberikan

Menambah pengalaman baru juga bisa dilakukan dengan memberikan waktu dan uangmu untuk membantu orang lain mencapai impian.

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang memberi akan merasa lebih bahagia. Kenapa? Mungkin hal ini didorong oleh prinsip bahwa ‘saat kita menabur maka kita akan menuai’. Kebahagiaan kita datang dari memberi.

Dengan mengetahui hal ini, kamu lebih pilih yang mana? Memilih koleksi barang-barang atau memilih menambah pengalaman?

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Imada Cahya Septiyaningsih 22 November 2019 - 15:17:29

Anak saya merupakan generasi Alpha. Namun ironisny.. more..

0 Answer

Pransisca Ivana 22 November 2019 - 09:03:00

Mohon bantuan doanya untuk saya kiranya Tuhan berk.. more..

1 Answer

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra November Week 3


7267

Banner Mitra November Week 3